Pasien Makin Bertambah, Kelompok Usia Produktif Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Indonesia, Mengapa?

Jumat, 18 September 2020 | 09:30
Freepik/prostooleh

Ilustrasi virus corona.

GridHype.ID - Pandemi virus corona (Covid-19) sampai saat ini masih terus mewabah di Tanah Air.

Entah sampai kapan pandemi virus corona ini akan berakhir.

Setiap harinya, angka kasus positif Covid-19 terus bertambah.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Okky Lukman Disangka Positif Covid-19, Begini Klarifikasinya

Satuan Tugas Penangan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Indonesia bertambah 3.635 dalam sehari menjadi total 232.628 kasus (17/9/2020).

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 2.585 menjadi total 166.686 orang dan jumlah pasien meninggal dunia bertambah 122 menjadi total 9.222 orang.

Dalam data tersebut, mayoritas pasien yang dinyatakan positif Covid-19 berasal dari kelompok usia produktif.

Baca Juga: Ekonom Faisal Basri Lontarkan Kritikan Pedas pada Pemerintah yang Terlalu Fokus pada Perekonomian Ketimbang Kesehatan

Dikutip dari Antara (18/9/2020), pasien positif Covid-19 dari kelompok usia produktif mencakup 55 persen dari total pasien.

Wiku Adisasmito selaku juru bicara Satgas Covid-19 menyebutkan kasus Covid-19 di Indonesia didominisi oleh usia produktif, yaitu rentang usia 19-45 tahun.

"Jumlah kasus positif di Indonesia didominasi usia 19 sampai 45 tahun atau sebesar 55 persen. Ini adalah usia produktif," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Duka Kembali Datang dari Dunia Selebritis, Ayahanda Mey Chan Meninggal Dunia

Menurut Wiku Adisasmito kelompok usia produktif mendominasi karena mereka sering beraktivitas di luar rumah.

Frekuensi interaksi sosial mereka juga cukup tinggi.

"Ini berpotensi menjadikan mereka sebagai carrier yang dapat menularkan Covid-19 kepada keluarganya, kerabatnya ataupun kelompok orang-orang yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," kata Wiku.

Baca Juga: Jauh Sebelum Hubungan Amerika dan China Memanas, Donald Trump Sempat Tawarkan Bantuan ke Xi Jinping untuk Mengendalikan Covid-19

Saat hendak beraktivitas di luar rumah, Wiku menyarankan agar masyarakat usia produktif selalu menjaga protokol kesehatan di antaranya dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, dan juga menjaga jarak.

"Bila tiba di rumah harus betul-betul membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan kelompok usia rentan," ucapnya.

Baca Juga: Virus Corona Hampir Tewaskan 200.000 Warganya, Donald Trump Klaim Vaksin Covid Bakal Tersedia Beberapa Pekan Lagi

Selain itu, dia mengingatkan agar kelompok usia produktif menjaga stamina tubuh agar tidak rentan terpapar Covid-19.

"Penting untuk menjaga stamina tubuh, tidak lengah saat menjalani kegiatan di luar rumah dan selalu menjaga anggota keluarga terutama usia rentan agar tidak tertular," kata Wiku.

Baca Juga: Dianggap Aman, Riset Buktikan Masker Jenis Scuba dan Buff Tidak Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona, Begini Penjelasannya

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : YouTube, Antara

Baca Lainnya