PBB Kian Melempem, Wabah Corona Seakan Buka Jalan Bagi China untuk Kuasai Dunia, Ahli Sebut Tahun 2049 Tiongkok Sudah Miliki Seluruh Bumi

Jumat, 18 September 2020 | 16:15
24h/tangkapan layar

China memobilisasi tentaranya ke perbatasan India.

Gridhype.id-Belakangan ini, China tengah disoroti media-media luar negeri terkait aksi-aksinya di tengah pandemi covid-19.

Selain konflik geopolitik, China masih disebut sebagai dalang dari wabah corona yang menyerang hampir diseluruh negara.

Beberapa ahli pun mulai membaca gerak-gerik negeru tirai bambu tersebut. Mereka menyebut jika China secara tidak langsung telah memanfaatkan kondisi krisis pandemi untuk meningkatkan risiko perang.

Baca Juga: Aksi Nyelonong China ke Wilayah Laut Indonesia Sampai Disorot Media Inggris, Terungkap Alasan yang Bikin Kapal China 'Santai' Berkeliaran di Perairan Natuna

Meski virus corona muncul pertama kali di Wuhan dan menyebar ke seluruh dunia hingga menewaskan ratusan ribu manusia, China tetap arogan memanfaatkan situasi tersebut.

Di saat dunia sedang porak-poranda dan segala sektor mulai anjlok, negara yang dipimpin oleh Xi Jinping ini menyebarkan pengaruhnya.

Mengutip Express.co.uk, Jumat (18/9/2020), China dinilai dapat mengambil keuntungan dari krisis yang melumpuhkan kekuatan dunia dan meningkatkan pengaruhnya atas Laut China Selatan.

Dalam beberapa bulan ke depan risiko perang akan makin kuat, seorang analis strategis terkemuka memperingatkan.

Mr Jennings berkata: “Ekonomi global mungkin berada dalam hibernasi, tetapi geopolitik berkembang pesat dan berlari menuju potensi krisis.

Baca Juga: Terletak di Luar Bumi, ini Senjata Penghancur yang Direncanakan Amerika, Bisa Timbulkan Bencana Jika Benar-Benar Dibuat

"Inti dari masalah keamanan adalah dorongan Partai Komunis China untuk keluar dari pandemi Covid-19 yang secara strategis lebih kuat di Asia-Pasifik daripada AS dan sekutunya.”

Upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelesaikan ketegangan dengan memperkenalkan sistem berbasis aturan telah memburuk.

Sebab China berfokus untuk mendapatkan pengaruh atas wilayah di Laut China Timur dan Selatan, serta Himalaya.

Mr Jennings berpendapat ini dapat dikaitkan dengan demonstrasi kekuasaan simbolis Presiden China Xi Jinping.

Dia berkata: “Xi telah membentuk jabatan perdana menteri sekitar mempersiapkan dua abad kritis.

“Peringatan 100 tahun berdirinya PKC adalah pada 21 Juli tahun depan.

“Saat ini, aspirasi Xi adalah agar China menjadi 'cukup kaya'.

China digadang-gadang ingin menguasai dunia dalam waktu dektat, pada tahun 2049.

Hal itu membuat Tiongkok gencar melayangkan klaim di sana-sini untuk memperluas pengaruhnya.

Baca Juga: Meteor Garden Versi Thailand Akan Segera Dibuat, Intip Para Pemain F4 yang Bikin Heboh Dunia Maya

"Pada Oktober 2049, yang merupakan seratus tahun pengambilalihan kekuasaan partai, China akan menjadi 'negara sosialis yang demokratis, beradab, harmonis, dan modern'.”

Di Taiwan, Tiongkok telah menunjukkan gerakan militer untuk menggunakan dominasinya.

Mr Jennings berkata: "Serangan pedang Beijing atas Taiwan bukanlah hal baru, tapi kami telah melihat peningkatan signifikan dari aktivitas militer China dan upaya propaganda yang intens untuk mengisolasi Taiwan dan menegaskan keunggulan politik di wilayah tersebut."

Ia menambahkan bahwa “upaya pencegahan untuk memaksa Taiwan akan sangat berisiko bagi Xi, tetapi para pemimpin yang berada di bawah tekanan melakukan hal-hal berisiko, dan Beijing memiliki sejarah panjang dalam mendorong batas toleransi regional.

"Seperti halnya pembangunan pulau di Selatan. Laut Cina - untuk melihat apa yang bisa lolos darinya.

"Tantangan bagi Washington, Canberra, dan sekutu serta mitra lainnya adalah memastikan bahwa Xi menghitung bahwa ini adalah risiko yang tidak layak diambil."

Baca Juga: Dikabarkan Positif Covid-19, Aktor Robert Pattinson Justru Kepergok Cium Model Cantik di Tempat Umum

Selain berkonflik dengan AS dan Australia, Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei juga memiliki klaim yang tumpang tindih atas Laut China Selatan.

Kepala Transportasi DWF, Jonathan Moss mengatakan China harus khawatir dengan keterlibatan AS dalam sengketa tersebut.

Dikutip Sosok.ID dari Express.co.uk, Moss berkata: "Saya pikir itu akan menjadi pengaruh AS, jadi jika AS memutuskan untuk berdebat, bernegosiasi, dan mengadopsi mantel untuk negara-negara tersebut.

"Jika mereka menjadi pembebasan bersyarat bagi negara-negara tertentu, saya pikir itu akan menjadi masalah bagi China karena saat ini kita telah mengadakan diskusi dan debat antara kedua pemimpin tentang kesepakatan perdagangan.

Mr Moss mengatakan keterlibatan lebih lanjut dari AS akan menarik perhatian China.

"Saya pikir pasti ada risiko konflik habis-habisan," katanya.

"Ada banyak konflik sebelumnya; sekitar 20 tahun yang lalu ada pertempuran laut di mana tiga kapal China terlibat dengan kapal perang Angkatan Laut Filipina.

“Itu terjadi di Kepulauan Spratly.

"Jelas ada risiko insiden yang terisolasi dan seperti yang kita ketahui, serangkaian insiden yang terisolasi dapat menyebabkan konflik besar.

"Seharusnya ada di radar sebagai bahaya," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Sosok.ID dengan judulBak Tak Tahu Malu, Dunia Remuk karena Virus yang Muncul dari Negaranya, China Justru Manfaatkan Krisis Corona untuk Perluas Klaimnya.

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Sosok.id

Baca Lainnya