Terletak di Luar Bumi, ini Senjata Penghancur yang Direncanakan Amerika, Bisa Timbulkan Bencana Jika Benar-Benar Dibuat

Kamis, 17 September 2020 | 10:00
pxhere.com

Luar angkasa (ilustrasi)

Gridhype.id - Keberadaan luar angkasa membuat berbagai lembaga membayangkan untuk dimanfaatkan sebagai platform peluncuran rudal ataupun aktivitas lainnya.

Keberadaan luar angkasa yang menjadi tempat tertinggi ini dianggap sangat baik untuk mendapatkan keuntungan militer.

Buktinya, satelit mata-mata telah digunakan selama beberapa dekade.

Hal tersebut pun tak menghalangi Amerika Serikat berencana untuk menciptakan senjata perang di sana. Berikut beberapa konsep senjata luar angkasa yang pernah ada:

Baca Juga: Viral, Video Remaja Lakukan Tawuran di Laut Sambil Bawa Senjata, Teriak-teriak Sambil Bawa Parang

1. Mahem Darpa

Musuh menghadap ke bawah perangkat yang meledakkan aliran logam cair mungkin tidak akan memiliki banyak kesempatan.

Ide ini, yang dipopulerkan dalam novel fiksi ilmiah seperti "Earthlight" (1955) karya Arthur C. Clarke, dapat menjadi nyata suatu hari nanti berkat pendanaan Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan AS (DARPA).

Magneto Hydrodynamic Explosive Munition (MAHEM) diumumkan pada tahun 2008.

Meskipun tidak ada pembaruan yang terjadi selama beberapa waktu, halaman untuk MAHEM masih aktif di situs DARPA.

Program ini menjanjikan "potensi untuk efisiensi yang lebih tinggi, kontrol yang lebih besar, dan kemampuan untuk menghasilkan dan secara akurat mengatur waktu beberapa jet dan fragmen dari satu muatan," dengan apa yang ditulis oleh pejabat DARPA sebagai "ketepatan yang mematikan."

MAHEM mungkin bisa digunakan untuk roket, tambah para pejabat.

Baca Juga: Tes Kepribadian, Gambar yang Kamu Lihat Akan Ungkap Bagaimana Kamu Menghadapi Suatu Masalah

2. Proyek THEL

Program Tactical High Energy Laser (THEL) berjalan antara tahun 1996 dan 2005, menurut Northrop Grumman.

THEL dibuat sebagai proyek bersama antara Amerika Serikat dan Israel.

Selama dekade pengembangan itu, sistem berbasis darat menghancurkan 46 mortir, roket, dan artileri - semuanya di udara.

Sementara program tersebut tidak lagi aktif, Northrop Grumman mengatakan teknologi tersebut sekarang sedang direkonstruksi untuk Eksperimen Teruji Laser Solid State Angkatan Darat AS yang, seperti THEL, akan berlangsung di White Sands Missile Range di New Mexico.

Baca Juga: Tidak Lagi Putih, Seragam Satpam Diganti dengan Warna Mirip Polisi, Polri: Bisa Tumbuhkan Kebanggaan

3. Satelit Bersenjata

Dengan begitu banyak satelit yang mengorbit Bumi, seberapa sulit untuk melengkapi seseorang dengan senjata yang siap ditembakkan ke Bumi, atau satelit lain, sesuai kebutuhan?

Sementara konsep seperti itu akan bertentangan dengan kesepakatan seperti Perjanjian Luar Angkasa, yang melarang senjata pemusnah massal di orbit, beberapa organisasi militer telah membahasnya dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu proyek AS yang terkenal dari tahun 1950-an adalah Proyek Thor, yang tidak pernah melewati tahap konseptual.

Berbagai konsep untuk senjata ruang angkasa selama bertahun-tahun termasuk " Rods from God ," yang akan menjatuhkan senjata berenergi kinetik dari orbit, serta satelit kecil yang akan memiliki sistem penargetan onboard yang memungkinkan mereka membidik satelit lain atau ke tanah di bawah.

4. Stasiun Luar Angkasa Almaz Uni Soviet

Stasiun luar angkasa Almaz dibuat pada 1960-an, dirancang untuk memudahkan Uni Soviet mencari target berbasis laut, menurut pakar antariksa Rusia Anatoly Zak, yang mengelola situs web Ruang Angkasa Rusia.

Diyakini bahwa memiliki manusia di orbit akan memberikan platform yang kuat untuk pengintaian orbital dan memungkinkan perubahan target yang cepat saat pertempuran berkembang.

Uni Soviet memusatkan perhatian pada perlombaan ke bulan pada 1960-an, menunda penyebaran pertama Almaz hingga 1973.

Ia diumumkan kepada dunia sebagai Salyut-2, stasiun luar angkasa Salyut kedua, agar tidak membuat orang lain sadar bahwa Soviet telah melakukannya, dua proyek stasiun luar angkasa, apalagi militer, tulis Zak.

Kegagalan di Salyut-2 mencegah awak untuk berkunjung, tetapi stasiun luar angkasa Almaz berikutnya Salyut-3 dan Salyut-5 memang memiliki awak di dalamnya.

Baca Juga: Diduga Bunuh Diri, Artis Jepang Sei Ashina ‘Kamen Rider’ Ditemukan Tak Bernyawa di Apartemennya

5. Laboratorium Pengorbit Berawak AS

Space.com
Space.com

Angkatan udara AS

The Manned Orbiting Laboratory (MOL) adalah proyek Angkatan Udara AS yang, meskipun tidak pernah meluncurkan astronot, memiliki kehidupan penting dari tahun 1963 hingga 1969 (tahun-tahun kegiatan program).

Beberapa tonggak pencapaian proyek ini termasuk memilih 17 astronot, membuat situs peluncuran di Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg California dan memodifikasi pesawat ruang angkasa NASA Gemini untuk mengakomodasi program baru.

Salah satu tujuan utama program ini adalah pengintaian, di bawah nama kode Proyek Dorian.

Sistem kamera dimaksudkan untuk mengambil foto-foto Uni Soviet, di antara hotspot-hotspot lainnya, dengan resolusi yang lebih baik daripada yang bisa dicapai satelit mana pun pada masanya.

MOL juga bisa membawa rudal (bukan nuklir, tapi sesuatu yang menimbulkan ketakutan) dan jaring untuk menangkap pesawat ruang angkasa musuh.

Banyak detail baru yang terungkap pada akhir 2015 dengan rilis lebih dari 20.000 halaman dokumen MOL.

Program tersebut dibatalkan setelah perkiraan biaya membengkak.

Baca Juga: Ini Rahasia Tukang Nasi Goreng Bikin Kwetiau yang Enak, Terungkap Trik Memilih Kwetiau yang Benar

6. Kendaraan uji orbital X-37B

Space.com
Space.com

Angkatan udara AS

Setelah empat misi di luar angkasa, masih belum sepenuhnya jelas apa yang dilakukan pesawat luar angkasa X-37B di orbit - tetapi beberapa orang berspekulasi bahwa kendaraan itu bisa menjadi semacam senjata Angkatan Udara.

Pesawat yang dapat digunakan kembali ini tampak seperti versi lebih kecil dari pesawat ulang-alik NASA, tetapi dioperasikan secara robotik dan dapat tetap berada di orbit selama lebih dari satu tahun pada suatu waktu.

7. Memanipulasi Asteroid

Para ilmuwan tahu bahwa asteroid adalah pembunuh terakhir.

Bagaimanapun, batu luar angkasa selebar 6 mil (10 km) diyakini telah memusnahkan dinosaurus sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Penonton telah melihat potensi dampak manusia dalam film seperti "Meteor" (1979) , "Deep Impact" (1998) dan "Armageddon" (1998).

Tapi memanipulasi asteroid ada di ranah fiksi ilmiah, untuk saat ini.

NASA memang memiliki misi asteroid yang diusulkan di buku; Awalnya, badan tersebut mengusulkan untuk memindahkan asteroid kecil ke dekat Bumi untuk penyelidikan ilmiah, tetapi memilih untuk memetik batu dari asteroid sebagai gantinya.

Misi Pengalihan Asteroid ini saat ini dijadwalkan akan diluncurkan pada awal tahun 2020-an.

Meskipun beberapa ahli mengatakan asteroid adalah " senjata yang buruk ," karena mereka hanya dapat digunakan setiap beberapa ratus tahun.(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul, Berada di Luar Planet Bumi, Inilah Senjata Pembawa Kehancuran yang Direncanakan Amerika, Bisa Ciptakan Bencana Jika Benar-benar Dibuat

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya