Ternyata Begini Tips Memilih Telur Segar yang Baik dan Benar Menurut Pakar, Yuk Disimak

Senin, 07 September 2020 | 19:15
Photo by Kaboompics .com from Pexels

Cara memilih telur segar

GridHype.ID - Telur menjadi lauk praktis dan mudah dihidangkan.

Sehingga beberapa orang memilih telur sebagai stok cadangan lauk di rumah.Tapi, apakah kamu sudah tahu cara memilih telur segar yang baik?Memilih telur segar ternyata tidak bisa sembarangan, loh.

Baca Juga: Menyimpan Telur di Dalam Kulkas Ternyata Berisiko Membahayakan Kesehatan Lho, Hal ini yang Jadi Penyebabnya!Salah-salah memilih justru akan mendapatkan telur yang sudah tidak bagus lagi.Mungkin secara kasat mata telur seperti sama saja, tetapi ada 3 ciri yang sebenarnya perlu kamu perhatikan.Dan pastikan ketiga ciri tersebut tidak ada di setiap telur yang kamu beli dari pasar.Nah, inilah 3 ciri telur yang sebaiknya tidakkamu pilih:

Baca Juga: Hindari Telur dan 4 Jenis Makanan ini Kalau Nggak Mau Keputihan Berlebih1. Cangkang yang kotorSaat membeli telur penampilan cangkang dapat menentukan apakah telur tersebut baik dipilih ataupun tidak.Janganlah memilih telur yang memiliki cangkang kotor.

Baca Juga: Nggak Perlu Biaya Mahal, Masker Pisang Bisa Atasi Rambut Kering dan Kusut

Seorang profesor dari departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS menyebutkan bahwa telur yang memiliki kotoran pada cangkangnya besar kemungkinan ada kuman yang menempel.Dengan begitu besar kemungkian juga kuman tersebut akan masuk ke dalam telur.Di samping itu Niken tidak menyarankan kamu untuk mencuci telur setiba di rumah.Dengan begitu pilihlah telur yang memiliki cangkang bersih agar bisa langsung menyimpannya.

Baca Juga: Cukup 2 Bahan Ini Kamu Bisa Bikin Telur Asin di Rumah, Mudah Tanpa Bubuk Abu!2. Cangkang tidak mulusKamu juga perlu menghindari telur yang memiliki noda pada cangkang telurnya.Coba lihat pada bagian bawah telur dan pastikan tidak ada bintik-bintik menonjol.Niken menyebutkan bahwa telur yang tidak memiliki tekstur mulus artinya sang induk sempat terinfeksi kuman atau virus tertentu.Tetapi kuman atau virus tersebut tidak dapat menyerang tubuh induk dan membuatnya menempel di uterus.Sementara uterus sendiri merupakan tempat pembuatan cangkang telur sehingga gangguan akibat kuman atau virus tersebut menempel di telur.

Baca Juga: Jangan Sekali-kali Konsumsi Telur Ayam Bersamaan dengan 3 Makanan Ini Jika Tak Ingin Hal Fatal Terjadi!3. Kantung udara besarKalau kamu ingin mendapatkan telur yang paling baru, janganlah pilih telur yang memiliki kantung udara besar.Pasalnya kantung udara yang besar menandakan telur sudah lama dihasilkan oleh induknya.Pasalnya suhu panas dari lingkungan akan membuat putih telur menjadi lebih encer dan air menguap.

Baca Juga: Bisa Beracun, Hindari Tiga Cara Memasak Telur Berikut ini Jika Tak Ingin Terjadi Hal yang Buruk Pada Tubuh!Alhasil isi telur menjadi lebih sedikit.Dengan begitu selaput telur akan mengikut isinya dan rongga antara selaput dengan cangkang semakin membesar.Untuk memeriksanya kamu bisa mendekatkan area bawah telur ke bohlam atau flash dari ponsel.Artikel ini telah tayang di Nakita.ID dengan judul Jangan Sembarangan Ambil! Ahli Peternakan Sebut Telur dengan 3 Ciri Utama Ini Perlu Dihindari Saat Membelinya, Apa Saja?

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya