Bisa Beracun, Hindari Tiga Cara Memasak Telur Berikut ini Jika Tak Ingin Terjadi Hal yang Buruk Pada Tubuh!

Selasa, 11 Agustus 2020 | 18:15
eatthis.com

Telur

Gridhype.id-Hampir semua orang bisa memasak telur. Yap, bahan makanan yang satu ini memang terbilang mudah dan parktis untuk diolah.

Telur juga bisa dijadikan beragam makanan, mengenyangkan, dan tinggi nutrisi.

Namun, perlu diingat juga kalau telur harus dimasak dengan tepat dan benar agar bagus untuk kesehatan dan kita bisa menyerap segala nutrisinya.

Dikutip dari Fit Bot, ada 3 cara masak telur yang perlu kita hindari dan dilarang demi kesehatan kita.

Baca Juga: Nia Ramadhani Dicap Istri Manja Lantaran Tak Bisa Goreng Telur Hingga Kupas Salak, Sang Kakak Justru Kuliti Tabiat Sang Artis yang Selalu Disembunyikan: Dia Paling Anti Bilang Gagal!

Masak dengan suhu tinggi

bruncher.com

Memasak telur dengan suhu tinggi

Telur sebaiknya enggak dimasak dalam suhu tinggi, tapi hanya boleh dimasak dengan api kecil atau sedang.

Ketika kita memasak telur dengan suhu tinggi, apalagi dalam waktu yang lama, kita bisa menghilangkan nutrisi di dalam telur.

Bahkan, memasak telur dalam suhu tinggi bisa menghancurkan nutrisi dalam telur dan meningkatkan kolesterol jahat yang kita konsumsi, lho!

Baca Juga: Jangan Coba-Coba Konsumsi 7 Bahan Makanan ini Tanpa Memasaknya Terlebih Dahulu, Karena Nyawa yang Jadi Taruhannya

Menggunakan minyak yang enggak tahan panas

pinterest.com

Menggoreng telur

Minyak yang kita gunakan untuk memasak telur juga perlu diperhatikan.

Sayangnya minyak sayur biasa ternyata enggak bagus untuk memasak telur, karena punya titik asap (minyak pada kondisi suhu tertentu yang bisamenguapkan asap yang jelas) yang cukup rendah.

Bahayanya memasak telur dengan minyak bertitik asap rendah adalah bisa menghancurkan nutrisi di dalam telur, memproduksi radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh dan menyebaran racun!

Akan lebih baik kalau kita bisa memaska telur dengan menggunakan minyak kanola, minyak alpukat, atau minyak kacang yang punya titik asap lebih tinggi.

Baca Juga: Jangan Lagi Dibuang, Kulit Telur Ternyata Punya Manfaat Ajaib Untuk Kesehatan

Enggak makan bersama kuning telur

dineachook.com.au

Kuning telur

Buat kita yang enggak suka kuning telur, kita rugi berat!

Fungsi kuning telur pada telur sendiri adalah untuk menyuplai makanan dan energi ke seluruh telur biar bisa berkembang biak dengan baik.

Jadi enggak heran sebenarnya kalau kuning telur penuh vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang baik untuk tubuh kita.

Kuning telur pada juga sering dijauhi karena katanya tinggi kolesterol.

Namun dikutip dari Mayoclinic, kuning telur memang punya kolesterol, tapi enggak bisa menaikkan kolesterol jahat seperti makanan lain yang punya lemak jenuh tinggi!

(*)

Artikel ini telah tayang di Cewekbanget.id dengan judul, Beracun! Ini 3 Cara Masak Telur yang Dilarang Demi Kesehatan Kita!

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : cewekbanget.grid.id

Baca Lainnya