Resmi Diluncurkan Hari ini, Begini Cara Mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan Rp 75.000

Senin, 17 Agustus 2020 | 15:15
makassar.tribunnews.com

penampilan uang baru Rp 75 ribu edisi HUT ke-75 RI

Gridhype.id- Tepat 75 tahun kemerdakaan Republik Indonesia hari ini 17 Agustus 2020 Bank Indonesia resmi merilis Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI.

Peresmian uang rupiah edisi khusus ini diresmikan olehGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Melansir Bank Indonesia, Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ini diterbitkan wujud syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun sekaligus simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi tantangan melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju.

Baca Juga: Keluarga Kardashian-Jenner Jadikan Medsos Sebagai Ladang Uang, Bukan Kim Kardashian, Justru Sosok ini yang Miliki Penghasilan Tertinggi, Satu Posting Bisa Mencapai Rp 14,6 Juta!

Selain itu sebagai wujud memperkokoh kedaulatan negara melalui Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI.

Uang ini juga merupakan Bentuk berbagi kebahagiaan kepada Rakyat Indonesia untuk memiliki Uang Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI dalam peringatan HUT RI ke-75.

Tujuan perilisan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ini bertujuan wujud dalam mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka, simbol memperteguh kebinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Masyarakat bisa mendapatkan uang ini dengan cara melakukan penukaran di Bank Indonesia.

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Baca Juga: Lebih Enak, Coba Detoks Tubuh dengan Minuman Teh Oatmeal Berikut ini, Bikin Kulit Jadi Cerah dan Bisa Menurunkan Berat Badan loh

Sehingga PINTAR bukan berbentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui Android atau iOS.

Periode pemesanan penukaran tahap 1 (tanggal 17 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020), dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan BankIndonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapakota/kabupaten.

Periode pemesanan penukaran tahap 2 (tanggal 1 Oktober 2020 – selesai), dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

Setiap 1 (satu) KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh 1 (satu).

Proses penukaran uang bisa dilakukan di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia terhitung mulai 18 Agustus 2020 – 30 September 2020 dan Bank Umum yang ditunjuk dan Kantor Pusat Bank Indonesia serta 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indoensia terhitung mulai 2 Oktober 2020 – selesai.

Dalam melakukan penukaran untuk memperoleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penukar, yaitu:

Baca Juga: Pakai Kaus Kaki Saat Tidur Bisa Berikan 5 Manfaat Tak Terduga ini Bagi Tubuh, Coba yuk Malam ini!

a. Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR;b. Membawah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli;c. Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital;d. Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilihsesuai yang tertera pada bukti pemesanan; dan

Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

Melansir Kompas.com, sebelumnya Bank Indonesia sudah pernah merilis Uang Peringatan Kemerdekaan RI.

Pada HUT ke-25 RI, BI merilis seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

BI merilis uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda, dan gambar belakang burung cendrawasih. Uang tersebut dibuat dengan bahan logam perak kadar 1000/1000 dengan berat 8 gram serta diameter 26 milimeter.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Day Cream Lokal Murah yang Bisa Bikin Kulit Kusammu Jadi Lebih Cerah dan Bening!

Uang Rupiah Khusus Edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia(Uang Rupiah Khusus Edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ) (Bank Indonesia)

BI juga pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda serta gambar belakang arca batu Manjusyri dari Candi Tumpang, Malang.

Uang seri yang tersebut dibuat dengan bahan logam emas kadar 900/1000.

BI juga pernah merilis uang rupiah logam khusus dengan gambar belakang Presiden Soeharto.

Baca Juga: Keluarga Kardashian-Jenner Jadikan Medsos Sebagai Ladang Uang, Bukan Kim Kardashian, Justru Sosok ini yang Miliki Penghasilan Tertinggi, Satu Posting Bisa Mencapai Rp 14,6 Juta!

tribunnews

Uang Rupiah Khusus Edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia(Uang Rupiah Khusus Edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ) (Bank Indonesia)

Pada peringatan HUT ke-50 RI, BI meluncurkan seri 50 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada uang tersebut, terdapat 50 bintang yang melingkari gambar utama serta teks melingkar bertuliskan 'LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA'.

Uang tersebut dibuat dengan bahan logam emas kadar 23 karet serta memiliki berat 50 gram

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunpalu.com dengan judul Ini Cara Mendapatkan Uang Pecahan Rp 75 Ribu Edisi Khusus Kemerdekaan RI

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunPalu.com

Baca Lainnya