Cukup Makan Satu Siung Bawang Bombay Setiap Hari, Rasakan 5 Manfaat Tak Terduga Bagi Tubuh Berikut ini

Kamis, 13 Agustus 2020 | 15:15
foto : stylecaster.com

Bawang Bombay

Gridhype.id- Bawang bombay biasa digunakan sebagai bhan masakan sehari-hari.

Tak hanya untuk menambah cita rasa pada masakan, bawang bombay juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Konon, cuma makan satu siung bawang bombay, bisa datangkan beberapa khasiat yang enggak terduga ini untuk tubuh, lho! Apa saja ya kira-kira manfaatnya?

Baca Juga: Nia Ramadhani Kini Terkenal dan Hidup Mewah Bak Istri Sultan, Siapa Sangka Dulu Ia Pernah Jadi Pemeran Figuran di Serial 'Saras 008' dan Video Clip 'Trio Kwek-Kwek'

1. Mencegah kanker

Mengkonsumsi sayuran dari genus allium seperti bawang bombay, dapat dikaitkan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah, termasuk lambung dan kolorektal.

Sebuah tinjauan dari 26 studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi jumlah sayuran allium tertinggi 22% lebih kecil kemungkinannya didiagnosis menderita kanker lambung dibandingkan mereka yang mengkonsumsi dalam jumlah yang dikit.

Selain itu, tinjauan dari 16 studi pada 13.333 orang menunjukkan bahwa peserta dengan asupan bawang tertinggi memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan terendah.

Sifat melawan kanker ini telah dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam sayuran allium.

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Menghilngkan Bau Prengus Daging Kurban, Salah Satunya Dimasak dengan Jahe dan Bawang Putih

2. Kaya nutrisi

Bawang bombay merupakan sayuran padat nutrisi, artinya rendah kalori tetapi kaya vitamin dan mineral.

Satu bawang bombay sedang memiliki hanya 44 kalori tetapi memberikan dosis vitamin, mineral dan serat yang cukup besar.

Bawang bombay ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, nutrisi yang terlibat dalam mengatur kesehatan kekebalan tubuh, produksi kolagen, perbaikan jaringan dan penyerapan zat besi.

Enggak sampai di situ, bawang juga kaya akan vitamin B, termasuk folat (B9) dan piridoksin (B6), yang memainkan peran kunci dalam metabolisme, produksi sel darah merah dan fungsi saraf.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Pengobatan Alami, Coba Oleskan Bawang Merah Pada Leher Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaatnya yang Luar Biasa di Pagi Hari

3. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit mematikan lainnya yang dapat dicegah dengan bawang bombay adalah jantung.

Bawang bombay mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, mengurangi trigliserida dan mengurangi kadar kolesterol, yang semuanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Khasiat anti-inflamasi bawang bombay juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap gumpalan darah.

4. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang menghambat oksidasi, suatu proses yang mengarah pada kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Bawang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Bahkan, mereka mengandung lebih dari 25 varietas antioksidan flavonoid yang berbeda.

Baca Juga: Meski Baik Untuk Kesehatan, Namun Jika Kamu Miliki Kondisi ini Sebaiknya Jangan Konsumsi Bawang Putih, Bisa Sangat Berbahaya

5. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi bawang bombay dapat membantu mengontrol gula darah, yang khususnya penting bagi penderita diabetes atau prediabetes.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 42 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa makan 3,5 ons (100 gram) bawang merah segar mengurangi kadar gula darah sekitar 40 mg / dl setelah empat jam. (*)

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.com dengan judul:Biasanya Cuma Jadi Pelengkap Masakan, Satu Siung Bawang Bombay Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa, Salah Satunya Melawan Kanker!

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Sajian Sedap

Baca Lainnya