Gagal Terpilih Idul Adha Tahun Lalu, Peternak Asal Polewali Mandar Jual Sapi 1,2 Ton Miliknya dengan Harga Fantastis ke Presiden Jokowi

Rabu, 22 Juli 2020 | 14:30
KOMPAS.COM/JUNAEDI

Sapi Berbobot 1,2 Ton milik peternak Rahman Takka dibeli Jokowi

GridHype.ID - Tinggal menghitung hari lagi, umat muslim akan memeringati Idul Adha.

Tahun ini, perayaan Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020.

Tentu saja perayaan setahun sekali ini menjadi ladang uang bagi para peternak hewan.

Salah satunya Rahman Takka, peternak sapi tradisional di Polewali Mandar yang mendapatkan tawaran fantastis dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Penuhi Janji, Presiden Jokowi Akhirnya Resmi Bubarkan 18 Lembaga Negara, Berikut Nama-namanya

Tradisi Presiden Joko Widodo menggelar kurban setiap Idul Adha di Sulawesi Barat memang melecut semangat dan kebanggaan para peternak sapi di kawasan itu.

Para peternak berlomba merawat sapinya sambil berdoa agar kelak Presiden Jokowi terpikat membeli sapi piaraannya dengan harga fantastis.

Berbagai jurus pun dilakukan peternak, mulai dari pemberian konsentrat yang lebih berkualitas untuk meningkatkan bobot badannya, memberi vitamin khusus, memijat sapinya, hingga memandikan tiga kali sehari layaknya merawat anak kandungnya sendiri.

Baca Juga: Suka Kesal karena Belanja Bulanan Kita Overbudget? Coba Simak Yuk, Tips Belanja Bulanan Lebih Irit Berikut

Sapi kurban jenis simmental berbobot 1,2 ton milik Rahman Takka di Rea Barat, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, Polewali Mandar ini, misalnya, dipilih Jokowi sebagai sapi kurban untuk dipersembahkan kepada warga Sulawesi Barat pada hari raya Idul Adha mendatang.

Rahman Takka yang mendapat kabar gembira tersebut dari petugas Dinas Peternakan setempat yang mendatangi kandangnya langsung sujud syukur.

Rahman Takka yang sudah lama bercita-cita sapinya bisa dibeli Jokowi, bangga tidak hanya karena sapi kesayangannya itu dibandrol dengan harga fantastis mencapai ratusan juta rupiah, namun lebih dari itu ia bangga dan bersyukur yang yang membeli sapi piaraannya itu bukanlah warga biasa melainkan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Tabiat Asli Ayu Ting Ting Terbongkar, Selebgram Viral Ini Malah Kena Usir Saat Datangi Rumah Biduan Dangdut Itu, Keanu: Artis Ni Kelakuannya Begini!

Sapi berwarna hitam kecoklatan itu diberi nama 'Puang Tedong'. Umurnya sudah mencapai empat tahun enam bulan.

Sapi kesayangan milik Rahman ini lahir 21 Desember 2015 lalu, dari induk jenis brangus.

Sapi "Puang Tedong" saat ini memiliki bobot badan 1,2 ton dengan lingkaran badan 2,34 meter.

Adapun tinggi 1,68 meter dan panjangnya 1,86 meter. Sapi ini diklaim pemiliknya adalah yang terbesar saat ini di Provinsi Sulbar.

Baca Juga: Kalah Telak! Nia Ramadhani Ngaku Kalah Saat Tahu Nominal Duit Arisan yang Diikuti Muzdalifah, Sampai Bikin Ciut Istri Anak Konglomerat Ini: Nggak, Terlalu Berat Buat Aku

“Senang rasanya, saya bangga bukan hanya karena sapi kesayangan saya dibeli dengan harga yang sangat menggembirakan, tapi lebih dari itu saya bangga karena yang membeli itu bukan masyarakat biasa melainkan presiden,”jelas Rahman Takka.

Menurut Rahman Takka, tahun lalu sapinya "Puang Tedong" memang masuk salah satu nominasi hewan kurban Presiden Jokowi.

Namun, sapi itu kalah bersaing dengan sapi milik peternak asal Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo.

Baca Juga: Ditanya Cantik Millen Cyrus atau Aurel Hermansyah, Arsy Beri Jawaban Polos hingga Bikin Ashanty Takjub

Meski gagal terpilih tahun lalu, Rahman mengaku tidak putus asa dan tetap semangat merawat "Puang Tedong" hingga tumbuh sehat dan bobot badannya kini mencapai lebih dari 1,2 ton.

Rahman mengaku tetap optimistis sapi kesayangan andalannya kelak bisa dipilih Presiden Jokowi seperti tahun ini.

Kepala Dinas Peternakan Polewali Mandar Hassani membenarkan jika sapi milik Rahman Takka mengungguli 3 sapi kurban pilihan yang diajukan ke Presiden Jokowi.

Selain hasil pemeriksaan sampel darahnya di laboratorium dinyatakan sehat, sapi ini juga paling berat dan usianya sangat memenuhi syarat untuk hewan kurban.

Baca Juga: Hubungan Jedar dan Richard Kyle Dikabarkan Kandas, Erick Iskandar Berikan Sindiran Usai Sebut Sosok Parasit : Kita Nggak Pernah Tahu Hati Orang

Hassani mengatakan sapi kurban Jokowi tahun lalau yang meiliki bobot badan lebih dari satu ton dibanderol Rp 80 juta lebih. Tahun ini “Puang Tedong” ditawarkan Rp 100 juta kepada Jokowi.

“Dari tiga sapi yang lolos seleksi untuk diajukan ke Presiden Jokowi, sapi milik Hasan Takka memamng paling memenuhi syarat, baik dari sisi kesehatan, bobot badan hingga usianya semaunya masuk kategori hewan paling layak untuk kurban,”jelas Hassani.

Untuk merawat "Puang Tedong", Rahman Takka harus mengeluarkan biaya Rp 50 ribu per dua hari untuk membeli ampas tahu dari pengrajin tahu tempe di Wonomulyo.

Baca Juga: Sempat Disorot Media Inggris, Mertua Ini Laporkan Mantunya ke Polisi Lantaran Punya Alat Kelamin Besar, hingga Dituduh Sebabkan Sang Putri Meninggal

Ampas tahu tersebut dicampurkan dengan batang pisang serta rumput gajah untuk jadi pakan yang digemari "Puang Tedong" sehari hari.

Tak hanya itu, ia juga rutin memberikan vitamin khusus, memijatnya setiap hari agar tidak stres.

Rahman juga memberi pakan tiga kali sehari termasuk rutin memandikannya pagi dan sore hari.

Semua itu dilakukan Rahman agar sapi kesayangannya tersebut tumbuh sehat dan kelak Presiden Jokowi menjatuhkan pilihannya pada sapi "Puang Tedong" miliknya.

Artikel ini telah tayang di GridPop.ID dengan judul Bak Ketiban Durian Runtuh, Peternak Asal Sulawesi Barat Ini Panen Uang Usai Sapi Kesayangannya Seberat 1,2 Ton Dibeli Jokowi dengan Harga Fantastis: Senang Rasanya Kalau yang Beli Presiden!

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : GridPop.ID

Baca Lainnya