Jangan Takut Telat Menikah, Hamil di Usia 30 Tahun Berpotensi Lahirkan Anak yang Cerdas

Selasa, 21 Juli 2020 | 10:30
Ilustrasi/Pexels.com

Ilustrasi hamil

GridHype.ID - Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan adanya sang buah hati.

Menjadi orangtua mungkin cita-cita bagi semua pasangan suami istri.

Memiliki momongan dan menjadi keluarga yang lengkap tentu sangat membahagiakan.

Terutama bagi sang istri, memiliki keturunan adalah sebuah anugerah untuk para perempuan yang sudah berkeluarga.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Penelitian Mengungkap Perempuan yang Hamil di Usia 30-an Tahun Ternyata Berpotensi Lahirkan Anak Cerdas, Ini Penjelasannya!

Pengalaman hamil dan melahirkan pun seolah tidak bisa di lupakan dalam hidup seorang perempuan.

Namun, apakah kamu tahu kalau hamil diusia 30-an justru berpotensi melahirkan anak cerdas?

Sebuah penelitian telah menunjukkan ada usia yang bagus bagi perempuan untuk mengandung anak pertamanya.

Penelitian dari London School of Economics melihat data dari Mellenium Cohort Study menemukan bahwa ibu yang lebih tua, usia 30-an, akan lebih mungkin untuk melahirkan anak cerdas daripada mereka yang memiliki anak di usia muda.

Baca Juga: Tanpa Lakukan Hubungan Intim, Tahanan Wanita Ini Berhasil Hamil di Penjara dengan Cara Licik Demi Lolos dari Hukuman Mati

Penelitian tersebut telah mengamati dengan tes kognitif dari 18 ribu anak di Inggris dan usia ibu mereka saat melahirkan.

Penelitian itu menunjukkan anak lahir saat usia ibu 30 tahunan lebih unggul daripada mereka yang mempunyai ibu berusia 20 atau 40 tahun saat melahirkan.

Kemampuan yang diuji adalah membaca, berpikir, dan mengingat dengan anak yang masih berusia 10 hingga 11 tahun.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Hamil di Luar Nikah Saat Mendekam di Penjara, Artis Cantik ini Juga Pernah Jalani Kehidupan Malam di Klub Untuk Menyambung Hidup

Alasan mengapa mereka lebih pintar adalah, perempuan yang menunda kehamilan memilih untuk membangun karier mereka daripada perempuan dengan usia lebih muda.

"Ibu pertama kali berusia 30-an, misalnya, cenderung lebih berpendidikan, memiliki pendapatan lebih tinggi, lebih cenderung berada dalam hubungan yang stabil, memiliki gaya hidup yang lebih sehat, mencari perawatan sebelum melahirkan lebih awal dan telah merencanakan kehamilan mereka,” ujar peneliti LSE Alice Goisis, melansir Independent UK.

Sehingga ibu dengan usia 30-an mampu mencurahkan perhatian mereka lebih banyak karena dianggap sudah menyelesaikan pekerjaan mereka.

Baca Juga: Diperkosa Hingga Hamil, Gadis Belia di Nigeria ini Dieksploitasi dan Dijadikan Pabrik Bayi

Meski penelitian ini diterbitkan pada 2015, masih banyak perempuan yang percaya dengan penelitian satu ini.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bagaimana menunda kelahiran hingga usia 40 tahun atau lebih tua dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas.

Tidak hanya perempuan yang berusia 30 tahunan, perempuan yang mempunyai bokong lebih besar juga berpotensi melahirkan anak yang cerdas.

Baca Juga: Ibu Hamil wajib Tahu! Hindari Konsumsi Ikan dengan Merkuri Tinggi Berikut ini, Bisa Berbahaya Untuk Perkembangan Janin

Menurut sebuah studi 2010 dari University of Oxford, bokong besar menghasilkan anak-anak yang sehat karena tingginya jumlah asam lemak Omega 3 (asam lemak baik) yang tersimpan pada tubuh ibu.

Ini adalah asam lemak yang juga bertanggung jawab dalam perkembangan normal otak bayi, berdasarkan laman sciencetimes.com.

Bukti menunjukkan kandungan lemak dalam ASI ibu berasal dari bagian bawah tubuhnya, yang meliputi pahanya, bokong, dan lain-lain.

Baca Juga: JadI Pria Pertama di Dunia yang Hamil dan Melahirkan 4 Orang Anak, Ternyata ini Rahasia Ia Bisa Mengandung

Ini berarti bahwa jumlah tinggi Omega 3 menjadi bagian dari sarapan seimbang bayi.

Jumlah penyimpanan Omega 3 yang tinggi bisa menjadi alasan mengapa perempuan yang berpusat pada lemak tampak menarik bagi pria, karena itu menjadi cara evolusi untuk memastikan anak-anak yang sukses.

Tetapi, memiliki pantat yang gemuk bukan satu-satunya cara untuk memiliki anak yang cerdas.

Ada faktor-faktor lain yang berperan di dalamnya, seperti kebugaran keseluruhan tubuh dan diet.

Baca Juga: Ibu Hamil Jangan Lupakan Nutrisi Ideal di Era New Normal, Begini Penjelasannya

Untuk menyimpulkan, tetap aktif, tetap sehat, dan membawa lemak baik di bawah pinggang, dan tentu saja, memiliki genetika sehat juga tidak ada salahnya.

Tetapi terlepas dari penelitian ini, seorang ibu seharusnya bangga dan menerima keadaan anak mereka.

Karena anak adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga.

Artikel ini sudah tayang di Nakita.ID dengan judul Mengejutkan! Perempuan yang Hamil di Umur 30-an Justru Disebut Berpotensi Lahirkan Anak Cerdas, Ini Faktanya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya