Cuma dengan Benda Kecil Ini Israel Mampu Hentikan 2.600 Roket dari Gaza Sejak 2018

Senin, 01 Juni 2020 | 15:00
National Interest

Beginilah Cara Israel Menghentikan tembakan roket

GridHype.ID - Selama Perang Teluk meletus pada tahun 1991lebih dari empat puluh rudal Scud ditembakkan ke Israel.

Masa itu, seluruh negara berada dalam zona peringatan dini.

Hal tersebut menyebabkan jutaan orang diperingatkan tentang masuknya roket, meskipun sebagian besar dari mereka tinggal di daerah yang tidak terancam.

Saat ini ada lebih dari 1.700 zona berbeda di Israel yang memungkinkan negara itu untuk memperingatkan hanya komunitas yang berada di bawah ancaman langsung.

Baca Juga: Selama Ini Selalu Dapat Pembelaan dari Banyak Pihak, Kini Luna Maya Harus Ambil Ancang-ancang Usai Aisyahrani Bongkar Kronologi Jalinan Cinta Reino Barack dan Syahrini

Ini adalah perkembangan terbaru dalam teknologi peringatan dini Israel dan bekerja secara efektif selama putaran pertempuran terakhir dengan Gaza.

Dalam Operasi Black Belt, Israel menyerang komandan senior Jihad Islam Palestina (PIJ) pada 12 November, yang mengarah ke dua hari tembakan roket oleh PIJ terhadap Israel.

Lebih dari 400 roket ditembakkan, mencapai sejauh utara di pinggiran Tel Aviv, sekitar 80 km jauhnya.

Ini hanya beberapa dari 2.600 roket yang telah ditembakkan dari Gaza sejak Maret 2018.

Baca Juga: Anti Lemot! Simak 4 Cara Mengatasi Koneksi Internet Smartphone Agar Lebih Cepat

Meskipun lusinan warga Israel terluka ringan, sistem sirene di seluruh negeri membantu membimbing orang ke tempat penampungan sementara.

Sementara itu, waktu digunakan pertahanan udara Israel untuk mencegat proyektil.

Sirene dan peringatan sering disebut "peringatan merah" dan dikaitkan dengan Home Front Command IDF, yang merupakan teknologi cerdas.

Teknologi ini didasarkan pada kalkulus yang kompleks.

Letnan Kolonel Idan Ochman, kepala pengembangan sistem Israel untuk J6, berkaitan dengan teknologi terbaru yang dipelopori oleh Israel.

Baca Juga: Bagikan Kabar Duka dari Tantenya yang Meninggal karena Covid-19, Maia Estianty Ingatkan Bahaya dari Virus Corona: Masih Anggap Remeh?

Dia mengatakan bahwa sejak 1990-an, Israel terus membuat alarmnya lebih tepat sehingga hanya mereka yang mungkin berada di bawah tembakan roket yang secara langsung dikirim ke tempat penampungan.

Bahkan sekarang sudah ada versi onlinenya.

Israel menggunakan pengeras suara di seluruh negeri untuk membunyikan sirene, tetapi mereka juga berusaha menyebarkan informasi melalui platform media sosial baru serta radio, TV, dan Internet.

Tak hanya itu, pihak berwenang Israel mulai mengirimkan alarm melalui aplikasi Telegram.

Baca Juga: Kisah Michal Garbovitz, Jalani Hidupnya Sebagai Mata-Mata Israel Hingga Menyamar Jadi Pelacur dan Berhasil Mengacaukan Wilayah Arab

Israel unggul dalam gadget berteknologi tinggi dan "startup" teknologi, jadi wajar jika militer akan tertarik pada platform ini.

Salah satu masalah yang dihadapi orang-orang dalam konflik masa lalu adalah mendengarkan sirene ketika seseorang berada di mobil atau di daerah pedesaan.

Ini telah mengakibatkan beberapa korban.

IDF mengatakan bahwa membuat sistem lebih selektif akan menyelamatkan nyawa.

Baca Juga: Turun Langsung ke Mal Guna Tinjau New Normal Tindakan Jokowi Banjir Kritikan

Meluasnya penggunaan ponsel pintar seharusnya semakin memudahkan pendekatan ini.

Itu berarti aplikasi dari perintah Front Home dapat bermanfaat bagi publik.

Memetakan aplikasi dan GPS sekarang memungkinkan ponsel untuk mengetahui di mana pengguna berada, suatu proses yang telah membantu merutekan lalu lintas.

Seorang perwira IDF kedua yang terlibat dengan sistem peringatan dini Israel mengkonfirmasi kemajuan yang telah dibuat Israel dalam membuat sistem peringatan lebih selektif dan tepat.

Baca Juga: Kena Sindir Krisdayanti Soal Sifat Matre Gara-gara Minta Jam Tangan Mahal Saat Ulang Tahun, Aurel Hermansyah Malah Dapat Perlakuan Berbeda dari Ashanty, Dihadiahi 2 Kalung Berlian!

Ini penting bagi komunitas yang dekat dengan Jalur Gaza yang alarmnya sering berbunyi ketika roket ditembakkan.

Ketika Anda membagi sebuah negara menjadi 350 poligon dan kemudian menambah jumlahnya menjadi 1.700, seperti yang dilakukan Israel, itu berarti hampir setiap komunitas kecil dapat memiliki peringatan sendiri, dan kota-kota dapat dibagi lagi.

Misalnya, IDF mencatat bahwa kota Rishon LeZion telah dibagi menjadi beberapa sektor.

Peringatan yang terdengar di kota selama tembakan roket mempengaruhi hanya seperlima dari 250.000 penduduknya.

Baca Juga: Kedua Orangtuanya Menikah Lagi Usai Cerai, Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar: Mereka Nggak Tahu Pas Kita Ngadepin Stresnya

Sistem keseluruhan yang digunakan Israel untuk melakukan pertahanan udara menggunakan pencegat Kubah Besi, radarnya kompleks dan telah melalui konflik-konflik besar Gaza sejak 2012.

Tingkat intersepsi Iron Dome biasanya diberikan hampir sembilan puluh persen.

Namun, sirene diaktifkan terlepas dari intersepsi.Itu berarti sistem mendeteksi peluncuran dari Gaza, menghitung lintasan dan peringatan area yang berpotensi di jalur roket.

Tidak setiap roket dicegat, dengan beberapa jatuh di daerah terbuka.

Tantangan yang dihadapi Israel dalam perang di masa depan adalah bahwa ia mungkin menghadapi musuh seperti Hizbullah yang diperkirakan memiliki persenjataan hingga 150.000 roket.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Kuncinya Ada di 'Benda Kecil' Ini, 2.600 Roket Lebih Telah Ditargetkan ke Israel Sejak 2018, Beginilah Cara Israel Menghentikan Mereka

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya