Selalu Waspada! Pasien Covid-19 Ternyata Bisa Alami Gejala Tak Biasa Ini, Dari Ruam di Kaki hingga Kesemutan Jadi Pertanda

Minggu, 10 Mei 2020 | 10:55
sajiansedap.grid.id

Italia umumkan temukan vaksin corona

GridHype.ID - Dunia masih terus berusaha untuk melawan virus corona.

Berbagai upaya pencegahan seperti karantina mandiri, berada di rumah hingga pembatasan sosial masih terus dilakukan.

Hingga Jumat (08/05), di Indonesia tercatat sudah ada 13.112 orang positif corona dengan 9.675 orang dirawat, 2.494 sembuh dan 943 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Dijatuhi Hukuman Penjara Terlama dalam Sejarah Dunia, Perempuan Ini Dihukum 141.078 Tahun, Kejahatannya Tak Terusik Berkat Hal Ini

Pasien yang diketahui positif corona memiliki beberapa gejala yang tak biasa dalam tubuhnya.

Dikutip dari Kompas.com, WHO mencatat ada lima gejala yang tak biasa yang dialami seseorang yang positif virus corona.

1. Ruam di jari kaki

Di beberapa negara melaporkan adanya ruam pada jari kaki pada pasien covid-19 menyerupai chilblains.

Dan kondisi ini dijuluki sebagai 'covid toe'.

Ruam dapat berbentuk lesi merah atau ungu. Terlepas dari namanya, kondisi ini dapat ditemukan pada sisi atau telapak kaki, atau bahkan pada tangan dan jari.

Kasus ini lebih banyak ditemui pada anak dan remaja.

2. Konjungtivis atau mata merah muda

Menurut Royal College of Ophthalmologists dan College of Optometrists di Inggris, infeksi saluran pernapasan atas dapat meyebabkan konjungtivitis virus sebagai komplikasi sekunder, dan kondisi ini juga terjadi pada Covid-19.

Baca Juga: Gonjang-ganjing di Bukanya Kembali Fasilitas Umum Juni Mendatang, Staf Presiden Donny Gahral Angkat Bicara: Mal dan Sekolah Dibuka jika Tak Ada Kasus Baru Covid-19

Namun, tidak mungkin bahwa seseorang muncul dengan konjungtivitis virus sekunder untuk Covid-19 tanpa gejala demam atau batuk terus-menerus.

Karena, gejala konjungtivitis tampaknya merupakan kondisi yang terlambat muncul.

3. Liverdo atau nekrosis

Sebuah studi Spanyol peer-review, yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology pada pekan lalu, menemukan bahwa 6 persen dari 375 kasus virus corona yang diperiksa melibatkan nekrosis yaitu matinya jaringan tubuh karena kurangnya suplai darah, atau livo, dan perubahan warna kulit.

Karena kondisi tersebut seseorang akan mengalami belang pada kulit dan memiliki bagian berwarna ungu atau merah yang mungkin akan muncul dalam pola seperti renda.

Kasus ini banyak ditemukan pada pasien yang lebih tua dengan kasus Covid-19 yang parah.

Namun penemuan ini tidak konsisten dan nekrosis juga ditemukan pada beberapa orang dengan gejala virus corona yang tidak memerlukan rawat inap.

Baca Juga: Menyentuh Sanubari, Meski Dirinya Hidup dalam Kekurangan, Ibu asal Gowa Ini dengan Lapang Dada Kembalikan Bantuan Sembako yang Ia Dapatkan: Saya Merasa Tidak Berhak

4. Pusing/ sakit kepala

Penelitian yang dilakukan terhadap 214 pasien di China yang diterbitkan dalam Jama Neurology pada April 2020 menyebutkan bahwa lebih dari sepertiga pasien positif corona mengalami gejala neurologis seperti pusing atau sakit kepala.

Hal ini juga meningkat sebesar 45,5 persen pada pasien parah terinfeksi virus corona.

5. Sensasi kesemutan

Beberapa pasien positif virus coron juga mengeluh mengalami kesemutan, mendesis dan seperti terbakar.

Direktur pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit Mount Sinai, New York, Dr Waleed Javaid mengatakan, kemungkinan respons kekebalan pasien terhadap Covid-19 yang menyebabkan munculnya sensasi seperti itu. "Ada respons imun luas yang terjadi.

Baca Juga: Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ternyata Ada Penjelasan Ilmiah Mengenai Fenomena Ketindihan Saat Tidur

Sel-sel kekebalan tubuh kita diaktifkan sehingga banyak bahan kimia dilepaskan ke seluruh tubuh kita dan itu dapat hadir atau terasa seperti ada beberapa desis.

Ketika respons kekebalan tubuh kita meningkat, orang-orang dapat merasakan sensasi yang berbeda," ujar Javaid kepada Today.com.

"Saya telah mendengar pengalaman serupa di masa lalu dengan penyakit lain," lanjut dia.

(*)

Artikel ini telah tayang di GridStar dengan judul Pasien Virus Corona Bisa Alami 5 Gejala Tak Biasa Ini, Mulai Dari Ruam di Kaki hingga Kesemutan

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya