Demonstran Lempar Granat ke Pasukan Keamanan Ketika Terjadi Kerusuhan Massal Akibat Anjloknya Nilai Tukar dan Lonjakan Harga Makanan, Lebanon Terpukul Hebat Hadapi Pandemi Corona

Rabu, 29 April 2020 | 10:35
beingarab.com

Fakta menarik Lebanon.

GridHype.ID - Imbas dari adanya wabah virus corona turut mempengaruhi sektor ekonomi.

Dampak ekonomi ini terpaksa dirasakan oleh masing-masing negara.

Nyatanya, tisak semuanegara mampu untuk tetap bisa menghidupi rakyatnya meskipun tidak memiliki pemasukan sepeserpun.

Salah satunya adalah negara Lebanon.

Baca Juga: Dipercaya sebagai Anjuran Saat Berbuka Puasa, Perhatikan 5 Bahaya Konsumsi Berlebih Makanan Manis saat Ramadan

Sudah sering diketahui negara Timur Tengah memiliki konflik internal yang sudah hampir melumpuhkan negara mereka.

Oleh sebab itu saat mereka dihantam oleh pandemi dan kebijakan pengurangan aktivitas ekonomi diberlakukan untuk kurangi penularan virus Corona, kerusuhan bisa menjadi jauh lebih parah.

Mengutip Kontan.co.id seorang pengunjuk rasa di Lebanon tewas ditembak polisi pada Selasa (28/4/2020) akibat bentrokan keras kedua kubu saat pelaku demonstrasi mengabaikan jam malam.

Mereka kembali melakukan aksi turun ke jalan karena marah atas anjloknya nilai tukar mata uang dan lonjakan harga makanan.

Baca Juga: Ikutan Demam Drama Korea, Afgan Rela Pangkas Rambut Tiru Gaya Park Sae Royi 'Itaewon Class', Netizen: Mirip Cecep...

Melansir Arab News, ratusan pengunjuk rasa menyerang sejumlah bank dan membakar kendaraan militer ketika melakukan aksi demonstrasi jalanan di Tripoli.

Dalam waktu singkat, kondisi itu berubah menjadi kerusuhan.

Enam perwira militer Libanon terluka ketika pasukan menghadapi demonstran dengan gas air mata dan peluru karet.

Aksi militer Lebanon melukai lebih dari 40 orang.

Seorang pengunjuk rasa yakni Fawaz Al-Samman, 26 tahun, dilarikan ke rumah sakit setelah terkena peluru karet selama bentrokan.

Akan tetapi, Al-Samman meninggal dunia karena luka-lukanya.

Ratusan orang berkumpul di pemakaman korban, mengabaikan larangan pertemuan besar untuk mengekang penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Mencederai Rasa Kemanusiaan, 3 Perawat di Solo Diusir dari Indekosnya Gara-gara Pemilik Takut Tertular Corona, Walikota: Tak Manusiawi!

Ayah Al-Samman menggambarkan putranya sebagai salah satu dari orang-orang yang lapar.

Komando militer Lebanon kemudian menyatakan "penyesalan mendalam atas jatuhnya martir selama protes pada hari Senin" dan mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Tentara menuduh ada penyusup yang menghasut kekerasan, dan mengatakan bahwa sembilan orang telah ditangkap karena membakar bank dan kendaraan militer.

Bahkan ada yang melemparkan granat tangan ke pasukan keamanan.

Protes anti-pemerintah di Lebanon muncul sejak pekan lalu ketika pemerintah mulai mengurangi penguncian yang bertujuan untuk membatasi penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Andre Taulany Sekongkol Beli Oplet Legendaris Si Doel, Rano Karno : Kagak Bakal Gue Jual Walaupun Buat Beli Nasi Bungkus

Setelah aksi protes menyebar ke Beirut pada hari Selasa, ratusan aktivis berpawai di Lapangan Martir, meneriakkan slogan "revolusi", menghalangi jalan dan melemparkan batu ke kendaraan militer.

Para pengunjuk rasa juga membakar Bank Audi di Ras Al-Nabaa.

Koordinator khusus PBB di Lebanon, Jan Kubitsch, mengatakan bahwa peristiwa tragis di Tripoli adalah sinyal peringatan bagi para pemimpin politik negara itu.

"Ini bukan waktu yang tepat untuk menyerang bank.

"Sebaliknya, itu adalah saat ketika dukungan konkret harus diberikan kepada mayoritas rakyat Lebanon yang putus asa, miskin, dan kelaparan di seluruh negeri," jelas Kubitsch.

Perdana Menteri Libanon Hassan Diab di hadapan sidang kabinet mengatakan, adalah wajar bagi masyarakat untuk turun ke jalan dan mengekspresikan kemarahan mereka, terutama setelah ditemukan ada upaya politik untuk mencegah pemerintah membuka penyelidikan terhadap korupsi.

Baca Juga: Hati-hati Sahur dan Buka Puasa Secara Berlebihan Bisa Membuat Seseorang Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona, Begini Penjelasan Menurut Ahli

Namun, ia mengatakan bahwa serangan itu mengungkapkan adanya niat jahat kelompok tertentu untuk mengguncang stabilitas keamanan Lebanon.

"Itu bermain api. Merusak stabilitas tidak diperbolehkan,” tegasnya.

Suleiman Frangieh, pemimpin Gerakan Marada, mengatakan: "Kami menuju ke tahapan buruk dan keras yang membutuhkan kesabaran, kekuatan dan keyakinan."

Sementara itu, pada hari Selasa, organisasi politik Hizbullah akhirnya melunak dengan mengatakan bahwa gubernur bank sentral Riad Salameh tidak bertanggung jawab seorang diri atas kebijakan moneter yang telah membawa negara itu ke jurang kehancuran.

“Salameh bertanggung jawab, tetapi dia tidak sendirian.

"Krisis saat ini adalah hasil akumulasi kebijakan bertahun-tahun dari pemerintahan sebelumnya,” kata Sheikh Naim Kassem, wakil pemimpin Hizbullah.

Baca Juga: Meski Belum Terbukti Obat Maag Diburu Warga Amerika Serikat untuk Lawan Covid-19, Begini Penjelasan Ahli

Artikel ini telah tayang di Intisari-Online dengan judul Nilai Tukar Mata Uang Negaranya Anjlok dan Harga Makanan Melambung Tinggi, Demonstran Bakar Bank dan Lempar Granat ke Pasukan Keamanan, Tinggal Selangkah Menuju Kekacauan Total

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya