Peneliti Belgia Justru Temukan Antibodi Virus Corona dari Darah Unta, Benarkah?

Sabtu, 25 April 2020 | 11:15
pixnio.com

Unta

GridHype.ID - Seluruh peneliti di belahan dunia sedang mencari cara untuk mempelajari virus corona.

Selain itu juga untuk mengenyahkan pandemic Covid-19 yang diakibatkan oleh virus corona, menguji formula maupun senyawa obat dan vaksin.

Hal ini dimaksudkan untuk mencari jalan keluar dalam menangani virus yang awal mula ditemukan di Wuhan, China ini.

Apalagi,angka korban positif virus corona yang setiap hari semakin bertambah.

Kali ini, kabar baik dalam upaya mengenyahkan wabah virus corona atau Covid-19 yang pandemik di seluruh dunia datang dari Belgia.

Baca Juga: Trending di Media Sosial, Najwa Shihab Ikut Buka Suara Soal Episode Terakhir Tonight Show: Rindu Kalau Enggak Ada!

Para peneliti dari Institut Vlaams untuk Bioteknologi di Ghent, Belgia, telah melaporkan molekul dalam darah hewan onta dapat berfungsi sebagai terapi yang berguna selama wabah virus corona.

Dikutip dari dailymail.co.uk, laporan itu menyebutkan harapan untuk vaksin virus corona didapat dari darah 0nta atau unta, termasuk Ilama dan Alpaca (famili Camelidae).

Informasi itu didapat setelah para ilmuwan menemukan antibodi yang terdapat di dalam darah Ilama atau hewan onta, bisa membantu menetralkan virus corona atau Covid-19.

Antibodi ini, yang pertama kali digunakan dalam penelitian HIV, telah terbukti efektif melawan virus seperti Middle East Respiratory Syndrome atau Virus MERS dan Severe Acute Respiratory Syndrome atau Virus SARS yang pernah mewabah.

Baca Juga: Ngeri 6700 Orang Meninggal Dunia dalam 2 Minggu! Mayat Tergeletak di Jalanan Bahkan Sang Presiden Sudah Angkat Tangan

Sifat luar biasa dari antibodi yang ditemukan dalam darah onta, ilama dan alpaka, pertama kali ditemukan oleh Universitas Brussels, Belgia, pada tahun 1989.

Ukuran kecil dari antibodi memungkinkan mereka untuk menargetkan virus mikroskopis lebih efektif dalam apa yang dikenal sebagai teknologi nanobody.

Antibodi dari unta ini dapat menjadi alat yang berguna untuk mengevaluasi kemanjuran pengobatan antivirus dan vaksin pencegahan.

Studi di Korea Selatan lainnya, yang dilaporkan dalam jurnal Cell Host dan Microbe, telah menemukan ferret yang terinfeksi Covid-19 merespons serupa pada manusia.

Baca Juga: Tak Disangka Nasib Gelandangan Ini Berubah Drastis Usai Mengembalikan Dompet Berisi Rp9 Juta Milik Pengusaha Kaya

Para peneliti di Hong Kong, China, juga menemukan hamster Suriah memiliki reaksi terhadap Covid-19 yang mirip dengan manifestasi infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah pada manusia.

Penelitian yang dipublikasikan di majalah Science ini menemukan delapan berat badan hamster yang hilang, menjadi lesu, dan mengembangkan bulu yang acak-acakan, postur membungkuk, dan pernapasan cepat ketika terinfeksi virus.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul Peneliti Belgia Temukan Darah Onta Mengandung Antibodi Virus Corona

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya