Amerika Serikat Serius Selidiki Dugaan Virus Corona Bagian dari Senjata Biologis China

Jumat, 17 April 2020 | 14:15
scmp

Pentagon

GridHype.ID - Virus corona sudah mewabah dan menginfeksi lebih dari 200 negara di dunia.

Salah satu negara yang menjadi pusat dari penyebaran virus corona ini adalah Amerika Serikat.

Bagaimana tidak, Amerika menduduki peringkat pertama di dunia yang mendapatkan kasus infeksi virus corona terbanyak.

Semenjak Covid-19 menjadi pandemi global, khususnya setelah melanda Amerika secara masif, mulailah bermunculan berita-berita mengenai dugaan virus ini adalah senjata biologis China.

Baca Juga: Ayahnya Dikenal Brutal, Anak Bos Kartel Narkoba El Chapo Bagikan Bantuan di Tengah Virus Corona dengan Maksud Tertentu

Padahal sebelumnya banyak digembar gemborkan jika virus Covid-19 ini berasal dari kelelawar, ular, dan terakhir tringgiling.

Prihal teori yang menyatakan Covid-19 buatan dan senjata biologis buatan China yang melarikan diri dari laboratorium, selalu disangkal oleh pejabat China.

Sebab memang teori tersebut menyebutkan tanpa bukti yang jelas.

Satu hal yang menarik, negara adi daya dunia, Amerika dan Inggris, yang tadinya mengabaikan segala bentuk teori tersebut yang bisa dibilang hanya sebuah teori konspirasi belaka, diam-diam mulai mempertimbangkan tuduhan itu, dan mengetahuinya lebih jauh.

Seperti yang diberitakan Daily Star pada Kamis (16/4/20), sebuah sumber mengatakan, bahwa AS sedang serius menyelidiki klaim tersebut.

Baca Juga: Coba Selipkan Bawang Merah di Telapak Kaki saat Tidur, ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Apalagi kalau bukan Covid-19 adalah senjata biologis China.

Pejabat di Pentagon telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki teori virus corona adalah senjata biologis buatan China yang melarikan diri dari laboratoirum.

Seperti diketahui Wuhan adalah rumah bagi National Biosafety Laboratory, salah satu laboratorium tercanggih di China.

Para ahli mengklaim di tempat itu menyembunyikan 1.500 patogen paling mematikan di dunia, salah satunya bernama SARS-CoV2, yang lolos dari lab tersebut.

Selain itu kota Wuhan juga adalah kota pertama di dunia yang mengkonfirmasi kasus virus corona pada Desember 2019.

Baca Juga: Ternyata Ini Asal Usul Video Joget-joget di Pemakaman, Aslinya Bukan Ngelawak!

Pemerintah AS mengatakan, sebelumnya mereka terus menutup mata terhadap teori ini, dan masih memerlukan banyak bukti untuk ditelaah.

Pada pertemuan publik hari Selasa (14/4) ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley menyampaikan tentang rumor dan spekulasi ini.

Dia menyebutkan tentang Covid-19 sebagai senjata biologis buatan China.

Dia juga mengatakan, intelijen AS kini sedang mencari bukti kuat dalam teori konspirasi ini.

Terbuktikah?

Baca Juga: Kontras, Dapur Vintage Mulan Jameela Disebut Terlihat Kumuh, Begini Penampakan Dapur di Apartemen Milik Maia Estianty yang Mewah

Laporan menyebut bahwa, virus corona berasal dari sebuah lab di dekat pasar Wuhan di mana luas dikatakan komunitas sains sebagai asal mula virus tersebut.

Milley mengatakan, "Ada banyak rumor dan spekulasi yang bermunculan di internet, media dan situs blog."

"Seharusnya tidak megejutkan jika kami juga tertarik dengan tuduhan itu, dan kami memiliki banyak kecerdasan untuk memecahkannya," katanya.

"Pada titik ini tidak dapat disimpulkan, meskipun bobot bukti tampaknya menunjukkan hal alami, tetapi kita tidak tahu kepastiannya," jelasnya.

Awal bulan ini Pemeritah Inggris mengaku juga menyelidiki teori tersebut.

Seorang anggota komite Cobra mengatakan, dia tidak membantah bahwa virus itu berasal dari hewan sebagai penularan zoonosis.

Baca Juga: Tak Hanya Orang Dewasa, Anak Milenial Perlu Belajar Investasi dari Sekarang

Tetapi tidak mengesampingkan apakah virus itu menyebar dari laboratorium di Wuhan.

Sebuah sumber mengatakan, "Ada pandangan alternatif yang kredibel terhadap teori berasal dari hewan, berdasarkan sifat virus. Tetapi mungkin juga bukan kebetulan ada laboratorium di Wuhan."

Laporan lokal yang diverifikasi mengatakan pekerja di lembaga itu terinfeksi virus kemudian membawa infeksi ke populasi lokal.

Namun sejak saat itu diperdebatkan, bahwa sumber asalnya adalah pasar hewan di Wuhan, di mana banyak makhluk eksotis dijual di dalamnya.

Setelah itu, pejabat di China mengatakan sumbernya berasal dari satwa liar yang dijual di pasar itu secara ilegal.

Skarang diberi label sebagai "Ground Zero".

Baca Juga: Hanya Sedikit yang Memanfaatkannya, Bahan Makanan Kampung Ini Ternyata Bisa Tingkatkan Moodmu Loh!

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul Update Covid-19; Amerika Diam-diam Mulai Serius Selidiki Dugaan Senjata Biologis China

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya