Jumlah Pasien Sembuh di 5 Provinsi Meningkat, Achmad Yurianto: Ini Sebuah Optimisme Kita!

Kamis, 16 April 2020 | 17:15
covid19.go.id

Angin Segar Pertanda Corona Segera Berakhir, Kaki Tangan Jokowi Sampaikan Jumlah Pasien Sembuh Terus Meningkat di 5 Provinsi, Achmad Yurianto: Ini Sebuah Optimisme Kita!

GridHype.ID - Virus corona memang mewabah dan menjadi kekhawatiran masyarakat.

Hal ini karena kasusvirus corona terus mengalami peningkatan.

Melansir dari kompas.com, berdasarkan data yang dihimpun sejak Selasa (14/4/2020) pukul 12.00 WIB hingga Rabu (15/4/2020) pukul 12.00, ada penambahan 297 kasus Covid-19 di Tanah Air.

Dengan demikian, secara akumulasi ada 5.136 kasus Covid-19 di Indonesia sejak kasus perdana diumumkan pada 2 Maret 2020 silam.

Baca Juga: Bikin Geger! Viral Foto Oknum Polisi Asyik Bermesraan dengan Seorang Pria Tanpa Sehelai Benang

Namun, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto menyampaikan optimisme bahwa COVID-19 bisa disembuhkan dengan baik.

Melihat angka kesembuhan di sejumlah daerah yang terpapar penyakit akibat virus corona tersebut terus bertambah.

“Kita bersyukur bahwa sampai saat ini sudah ada lebih dari 359 kasus yang sudah sembuh. Ini sebuah optimisme kita bahwa COVID-19 bisa disembuhkan dengan baik,” ungkap Yurianto di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (12/04).

Pemerintah mengumumkan perkembangan data terbaru penanganan pasien Covid-19 pada Rabu (15/05) sore.

Baca Juga: Ketahuan Main Serong Hingga Hamil 5 Bulan, Sang Suami Nekat Bunuh Pria Selingkuhan Istrinya: Saya Sakit Hati

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun hingga Rabu pukul 12.00 WIB, ada penambahan 20 pasien sembuh dari wabah Covid-19.

"Alhamdulillah 446 sembuh (dari Covid-19)," kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (15/04).

Sebelumnya, hingga Selasa (14/04) total pasien yang sembuh dari Covid-19 berjumlah 426 orang.

Yuri mengatakan, jumlah pasien sembuh semakin meningkat di lima provinsi yaitu di DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Bali.

Baca Juga: Kontras dengan Kehidupan Mewah Rieta Amalia dengan Suami Barunya, ini yang Dilakukan Ayah Kandung Nagita Slavina Untuk Menghidupi Dirinya

"Ada lima provinsi terbanyak kasus sembuh, di antaranya DKI Jakarta 164 orang, Jawa Timur 81 orang sembuh, sulawesi selatan 42 orang, Jawa Barat 23 orang, Bali 23 sembuh," ujarnya.

Kemudian, Yuri mengatakan, berdasarkan data terbaru, ada 469 pasien Covid-19 yang meninggal dunia, "Hari ini ada pasien meninggal 10 orang, total kasus 469 orang," ujar Yuri.

Adapun, hingga saat ini, tercatat ada 5.136 kasus Covid-19 di Indonesia sejak kasus ini diketahui untuk kali pertama ada 2 Maret 2020.

Jumlah itu termasuk penambahan 297 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga: Roy Kiyoshi dan Mbah Mijan Sebut Akan Ada Publik Figur yang Menyusul Mendiang Glenn Fredly dan Ashraf Sinclair, Kena Penyakit Dadakan!

"Secara keseluruhan kasus positif yang kita dapat hari ini adalah 297 pasien sehingga total terkonfirmasi positif akumulatif menjadi 5.136 orang," kata Yuri.

Yuri menyatakan bahwa data yang ada memperlihatkan bahwa Covid-19 masih rawan menyebar di masyarakat.

"Seperti yang kita saksikan bersama, dari data yang kita sajikan bahwa penularan masih terjadi, penyebaran penyakit masih terjadi," ujar Yurianto.

Pemerintah pun mengajak masyarakat untuk saling bantu dan saling mengingatkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, masyarakat diharapkan tidak melakukan diskriminasi terhadap pasien Covid-19 yang menjalani pemeriksaan di rumah, rumah sakit, juga yang sudah sembuh.

"Jangan diskriminasi pasien Covid-19 yang sudah sembuh, yang telah kembali ke rumah," ujar dia.

Baca Juga: Nyaris Tak Terekspos, Sosok Crazy Rich Indonesia ini Bukan Orang Sembarangan, Sempat Menikah dengan Donna Harun Hingga Sempat Kerja Jadi DJ

Artikel ini telah tayang di GridStar.ID dengan judul Angin Segar Pertanda Virus Corona Segera Berakhir, Kaki Tangan Jokowi Sampaikan Jumlah Pasien Sembuh Terus Meningkat di 5 Provinsi, Achmad Yurianto: Ini Sebuah Optimisme Kita!

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridStar.ID

Baca Lainnya