Bak Makan Buah Simalakama, Jeritan Hati Pedagang Kecil di Wabah Virus Corona: di Luar Mati karena Corona, di Rumah Kami Mati Kelaparan, Pak

Selasa, 14 April 2020 | 18:45
Sripoku

Curhatan seorang pedagang kepada petugas kepolisian

GridHype.ID - Meski bertujuan baik, nyatanya penerapan jaga jarak di masyarakat membuat resah para pedagang kecil.

Bagaimana tidak sejumlah pedagang terpaksa menutup usahanya karena tak ada pembeli.

Menghadapi kondisi yang tak menentu ini para pedagang inipun menyampaikan jeritan hatinya.

Namun, tak sedikit pedagang yang melontarkan isi hatinya.

Baca Juga: Awalnya Mengeluh Alat Vitalnya Terasa Seperti Tertusuk, Pria Ini Dinyatakan Positif Covid-19, Dokter: Virus Corona Dapat Sebabkan Kemandulan

Ibarat buah simalakama, inilah curahan hati seorang ibu yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima.

Ibu ini berasal dari Padang dan berjualan demi menghidupi keluarganya.

Di tengah pandemi corona, banyak masyatakat kehilangan pekerjaan bahkan ada yang harus rela menutup lapaknya sendiri.

Bukan tak mau menurut dengan pemerintah, beberapa pedagang tidak tahu harus bagaimana selain berjualan untuk bertahan hidup.

Video berdurasi singkat yang memperlihatkan seorang ibu masih membuka lapaknya dengan berjualan pakaian di tengah pandemi corona.

Nampak sejumlah petugas dari anggota kepolisian menghampiri si ibu lalu menyampaikan perintah negara dengan memberikan arahan seputar virus corona.

"Cuma kalo bisa pak, kalo boleh ya pak ya, saya mewakili ibu-ibu, kami butuh makan pak, anak kami masih kecil-kecil," ungkap ibu itu sambil menahan tangis.

Baca Juga: Jadi Anak Bos Pertamina, Yosafat Abimanyu Kini Berusia 3 Bulan, Intip Momen Gemasnya Main Bareng Ahok

Ucapan ibu ini pun begitu menyayat hati, "di luar mati karena corona, di rumah kami mati kelaparan pak," ujarnya.

"Kan sama mati-mati juga pak, emang gak kasian sama kami," tambah si ibu.

Curahan hati pedagang

Ibu ini mengungkapkan kesusahan yang dialaminya sebagai dampak pandemi virus corona.

"Cicilan katanya boleh ditangguhkan, tidak ada penangguhan pak, boleh ditangguhkan ibu tapi ibu bayar murah katanya harus bayar, kami bayar dari mana pak," ucap ibu itu lagi.

"Kami hanya dagang kaki lima, kami ngerti buat kita bersama, tapi kalo seperti ini kami gak makan gimana pak," ujarnya lagi.

"Kalo ada solusi dari pemerintah tolong kami, bantu kami sembako buat makan pak," ujar si ibu hampir menangis.

Seorang petugas pun menimpali keluhan si ibu dan mencoba memberikan pengertian terkait permasalahannya.

Baca Juga: Bertahan 26 Tahun dengan Bilah Pisau 10 Centimeter yang Menancap dalam Tengkoraknya, Beginilah Asal Muasal Benda Itu Bisa Tertancap di Kepalanya

"Ibu tenang aja, nanti keluhan ibu akan saya sampaikan ke kepala saya keluhannya nih para pedagang begini-begini, sekarang siapa yang mau tanggung jawab kan begitu," ujar seorang petugas.

Ibu tersebut masih mengeluarkan beban yang ada di hatinya dengan ekspresi yang cemas dan bingung.

"Nah pak di rumah kami mati kelaparan, di luar mati karena corona, mana yang mana kalo gak racunin aja kami semua kan biar kami mati," ungkap si ibu sambil terisak.

"Gimana gak hancur 'bu minta makan' gak ada yang buat dimakan, 10 hari kami numpang tetangga, tetangga juga kalo gak dibayarlama-lama gak mau pak, dia kan juga butuh modal," ujar si ibu.

"Kemana kami harus ngadu pak? Kami dirumahkan tapi gimana," tambahnya.

Baca Juga: Kalang Kabut Tangani Corona, Kantor DPRD Salatiga Tiba-tiba Didatangi Seorang Ibu yang Tawarkan Ginjalnya untuk Dijual, Usut Punya Usut Hal Inilah yang Terjadi Padanya

Diketahui jika ibu ini bernama Yernis berasal dari Kota Solok, Padang dan memiliki 4 orang anak, sementara suaminya juga berprofesi sebagai pedagang kaki lima.

"Saya punya anak 4, suami saya juga dagang sama barengan, kalo gak dagang kami gak makan pak," ucap si ibu di akhir video.

(*)

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Curhat Ibu Pedagang Bak Buah Simalakama, Ngeluh di Luar Mati karena Corona, di Rumah Mati Kelaparan

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Sripoku.com

Baca Lainnya