Rahasia Kekayaan Pemimpin Korea Utara Terbongkar! Tak akan Habis Meski Digunakan untuk Beli Kapal Pesiar Mewah dan Kebutuhan Hedon dari Kim Jong Un

Minggu, 05 April 2020 | 10:55
Twitter/@StratSentinel

Kim Jong Un bersama perwira tinggi militer Korea Utara

GridHype.ID - Segala hal mengenai Kim Jong Un selalu menarik untuk dibicarakan.

Kebijakan politiknya hingga latar belakang kehidupannya jadi beberapa hal yang selalu menrik minat.

Dibalik segala tindak tanduk dan jabatan yang ia sandang, tntu banyak yang penasaran dengan kekayaan yang dimiliki oleh pemimpin Korea Utara ini.

Salah satu yang menarik dibahas darinya adalah sebanyak apa kekayaannya.

Mengapa?

Baca Juga: Deretan Drama Korea Terbaru Ini, Dijamin Bakal Membuat Social Distancing-mu Makin Berwarna, Cek Yuk!

Sebab saat menghadiri pertemuan penting dengan negara lain, pemimpin paling misterius di dunia ini kerap terlihat menggunakan mobil-mobil mewah seperti Mercedes Benz, Rolls Royce, dan lainnya.

Namun apakah kamu pernah bertanya bagaimana dia bisa mendapatkannya?

Meskipun ada sanksi internasional, Kim Jong Un terus menikmati kehidupan yang baik, dengan pembelian barang-barang mewah termasuk kapal pesiar putih berkilau, minuman keras mahal, dan bahkan peralatan yang diperlukan untuk membuat resor ski mewah.

Biaya-biaya yang dikeluarkan untuk itu tentu terus bertambah.

Dilaporkan negara itu membeli barang mewah senilai 645,8 juta US Dollar (Rp914,4 miliar) pada 2012, menurut laporan 2014 dari PBB.

Ditambah lagi, pada 2015, impor Korea Utara berjumlah 3,47 miliar US Dollar (Rp49,1 triliun).

Tetapi jika Tiongkok, sebagai mitra dagang terbesar Pyongyang, dihapus dari pengeluaran tersebut, rinciannya mengungkapkan bahwa Korea Utara membelanjakan lebih banyak untuk barang-barang mewah daripada gabungan impor lisensi dari seluruh dunia, menurut data PBB yang diproses oleh MIT Media Observatorium Kompleksitas Ekonomi Lab.

Baca Juga: Jangan Asal Ambil! Perhatikan Langkah Berikut Sebelum Membeli Makanan Kemasan

Jadi bagaimana Kim Jong Un mampu hidup dalam kemewahan seperti itu?

Para ahli mengatakan jenis pembelian ini dilakukan menggunakan 'celengan babi' (Piggy Bank) Kim.

Sumber uang tersebut didapat dari transaksi ilegal Pyongyang di seluruh dunia.

Korea Utara dituduh melakukan kejahatan seperti hacker bank, menjual senjata, kesepakatan narkoba, pemalsuan uang dan bahkan perdagangan spesies langka.

Operasi tersebut diyakini meraup ratusan juta dolar.

Uang itu juga membantu membiayai program-program nuklir dan rudal negara itu, yang menurut para ahli sangat dibutuhkan Pyongyang untuk menghalangi upaya pimpinan AS untuk mengubah rezim.

Nuklir Korea Utara telah maju dengan cepat meskipun ada sanksi, dan Pyongyang telah menentang segala upaya AS dalam negosiasi denuklirisasi.

Baca Juga: Awet Hingga Berbulan-bulan, Begini Cara Mudah dan Praktis Simpan Cabai Agar Tak Cepat Busuk

"Korea Utara telah secara terang-terangan melanggar hukum internasional dengan pengujian nuklir mereka, penjualan terlarang, dan peningkatan program nuklir mereka," kata Perwakilan Republik Doug Lamborn, anggota Komite Layanan Bersenjata House dan seorang advokat terkemuka untuk pertahanan rudal di Washington.

Hampir tidak mungkin untuk melacak dana terlarang ini secara akurat, karena mereka (uang) kemungkinan disembunyikan.

Tetapi sebuah laporan Layanan Penelitian Kongres 2008 mengatakan Pyongyang dapat menghasilkan laba mulai dari 500 juta US Dollar hingga 1 miliar US Dollar per tahun dari keuntungannya yang tidak masuk akal.

"Korea Utara akan menjual apa saja kepada siapa saja selama mereka membayar," kata Anthony Ruggiero, mantan wakil direktur Departemen Keuangan AS dan seorang ahli dalam penggunaan langkah-langkah rencana keuangan.

Business Insider
Business Insider

Kim Jong Un

Uang itu mendanai pengerjaan senjata nuklir jarak jauh Pyongyang untuk dan gaya hidup mewah dari elit negara itu, membuat mereka tetap senang ketika sanksi melumpuhkan ekonomi, menurut analis CNN berbicara.

Pada akhirnya, ini adalah cara penting bagi Kim untuk memperkuat kekuatannya dan mencegah tantangan terhadap otoritasnya, kata para ahli.

"Itu adalah pendapatan yang masuk langsung ke kantong atau rekening bank kepemimpinan Korea Utara."

Baca Juga: Punya Makna Tersendiri, ini Arti Mata Kedutan Berdasarkan Posisinya, Mulai dari Dapat Jodoh Hingga Rejeki

"(Membawanya) sebenarnya dapat memiliki dampak yang sangat besar dibandingkan dengan aliran perdagangan," kata Sheena Greitens, seorang profesor di Universitas Missouri yang memiliki telah mempelajari kegiatan keuangan ilegal Korea Utara selama 10 hingga 15 tahun terakhir.

Untuk benar-benar menekan Kim sampai dia cukup putus asa untuk sampai ke meja perundingan dengan persyaratan AS, Presiden AS Donald Trump mungkin perlu mencari uang itu, kata analis.

Tetapi memotong pendapatan itu mungkin terbukti sulit.

"Ini adalah rezim yang benar-benar hebat dalam menemukan cara-cara ilegal baru yang kreatif untuk mendapatkan mata uang yang kuat dan kadang-kadang muncul dengan aktivitas baru dan kadang-kadang masalah perpindahan lokasi geografis dari aktivitas itu," kata Greitens.

"Jika Anda ingin mencoba menekan dan menahan kemampuan Korea Utara untuk menghasilkan (uang) dari kegiatan terlarang ini, Anda juga harus menutup kemampuannya untuk beradaptasi." (Tatik Ariyani)

(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Kisah 'Celengan Babi' Kim Jong Un, Rahasia Kekayaannya untuk Beli Barang-barang Mewah dan Membuatnya Tidak Akan Pernah Bangkrut

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Intisari

Baca Lainnya