Memilukan! Sejarah Catat Cerita Kelam di Balik Adanya Kebun Binatang Manusia, Dimasukkan dalam Kandang Bak Hewan dan Jadikan Bahan Olok-olokan Pengunjung

Jumat, 03 April 2020 | 13:55

Seorang bayi Filipina dan keluarganya di dalam kebun binatang manusia di NYC, AS pada tahun 1906.

GridHype.ID - Banyak kisah-kisah masa lalu yang terasa ganjal saat ditilik di masa ini.

Contohnya adalah cerita soal adanya kebun binatang manusia.

Ya, terdengar sangat menyalahi hak asasi manusia, namun kenyataan itu benar adanya.

Kebun binatang manusia ini adalah tempat dimana orang 'pribumi primitif' dijadikan tontonan.

Baca Juga: Viral Tukang Bakso Sengaja Masak Mi Instan dengan Bungkusnya, Hal Ini Berisiko Cacat Lahir dan Kanker

Namun tak hanya itu, masih ada juga yang lainnya yang juga tak kalah memilukan.

Foto-foto yang mengejutkan ini menunjukkan bagaimana 'kebun binatang manusia' di seluruh dunia menyimpan 'pribumi primitif' di kandang sehingga orang Barat dapat memelototi dan mengejek mereka.

Gambar-gambar yang mengerikan, beberapa di antaranya diambil baru-baru ini pada tahun 1958, menunjukkan bagaimana orang-orang kulit hitam dan Asia diperlakukan dengan kejam sebagai pameran yang menarik jutaan turis.

Pertunjukan tidak manusiawi yang diadakan di seluruh dunia Barat dirancang untuk menekankan perbedaan budaya antara orang Eropa dan orang yang dianggap primitif.

Kebun binatang manusia

Beberapa orang di pameran, pada akhir abad ke-19 dan awal hingga pertengahan abad ke-20, diperlakukan seperti binatang dan banyak yang mati.

Mereka termasuk Ota Benga, seorang lelaki Kongo yang dipamerkan di Kebun Binatang Bronx New York pada tahun 1906, yang secara mengejutkan digambarkan sebagai 'mata rantai yang hilang' dari evolusi.

Lebih dari 40.000 orang datang menemuinya setiap hari dan sering menjadi sasaran cemoohan dari orang banyak.

Baca Juga: Kabar Gembira! Program Listrik Gratis dan Diskon untuk Pengguna Token dan Reguler Sudah Bisa Dinikmati, Berikut Tata Caranya

Pameran yang mengerikan itu memicu protes dan kemarahan dan Ota akhirnya dibebaskan.

Tetapi enam tahun kemudian dia secara tragis bunuh diri karena tidak dapat berasimilasi dengan kehidupan Amerika.

Ota Benga

Eropa juga menampilkan orang-orang pribumi dengan kebun binatang manusia yang serupa di Prancis, Norwegia, Belgia, Jerman, Spanyol, dan Italia.

Norwegia memiliki kebun binatang manusia selama lima bulan pada tahun 1914, yang mencakup 80 orang dari Senegal yang tinggal di 'Desa Kongo.'

Kebun binatang manusia

Lebih dari separuh penduduk Norwegia berkunjung ke pameran di Oslo ketika orang-orang Afrika mengenakan pakaian tradisional dan melakukan kegiatan memasak, makan, dan membuat kerajinan tangan sehari-hari.

Dan lebih dari 18 juta orang datang untuk mengunjungi Pameran Dunia pada tahun 1889, yang diadakan di Paris.

Daya tarik utama termasuk tampilan 400 orang.

Baca Juga: Ditinggalkan Penduduknya, Begini Potret Seram Lembah Nagoro di Jepang yang Dipenuhi Oleh Boneka Menyerupai Manusia

Industri yang memalukan juga memengaruhi penduduk asli Australia pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Penduduk asli Australia dipelihara bersama binatang dan diarak keliling dunia dalam apa yang dijuluki 'Kebun Binatang Manusia'.

Kebun binatang manusia

Sinematografer Australia Philip Rang, yang mengerjakan film itu, mengatakan orang Aborigin dipajang sebagai 'bumerang yang melempar bumerang' di sekitar Amerika Utara dan Eropa.

"Manusia pribumi dari semua bagian dunia terjajah dipamerkan di Pameran Dunia, Kebun Binatang, Pertunjukan Freak, sirkus seperti Pertunjukan Terbesar PJ Barnum di Bumi, dan merekonstruksi desa-desa etnis di Eropa," katanya kepada Daily Mail Australia awal tahun ini.

(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Bayi Malang Asal Filipina Ini Jadi Tontonan di Kebun Binatang Manusia, Foto-foto Lain Tak Kalah Memilukan, Ada yang Diletakkan Dalam Kandang dan Diejek oleh Para Pengunjung

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Intisari

Baca Lainnya