Mengerikan! Tak Hanya Virus Corona, Inilah 5 Wabah Terparah di Dunia

Jumat, 03 April 2020 | 07:10
via rbth.com

Wabah cacar

GridHype.ID - Saat ini wabah virus corona menjadi pandemi global.

Namun jangan salah, bertahun-tahun dahulu penyakit menular juga terjadi.

Interaksi yang dilakukan manusia dengan sesama bahkan hewan, ternyata membuka ruang bagi virus untuk berkembangbiak.

Sebelum COVID-19, dunia juga pernah mengalami beberapa pandemi.

Berikut lima wabah terparah dan bagaimana mereka akhirnya berakhir.

Baca Juga: Tangis Ustaz Dhanu Pecah Saat Ungkap Keresahannya Mengenai Wabah Corona, Manusia Diambang Maut

1. Wabah Justinian

via medievalist.net

Wabah Justinian

Tiga dari pandemi mematikan yang tercatat dalam sejarah, disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis, organisme yang menyebabkan penyakit pes dan disebarkan melalui tikus. Infeksi fatalnya kemudian menyebabkan wabah di dunia.

Disebut sebagai wabah Justinian, ia pertama kali muncul di Konstatinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi Timur, pada 541 CE, dan kemudian menyebar seperti api melintasi Eropa, Asia, Afrika Utara dan Arab. Wabah ini menewaskan 30-50 juta orang yang diperkirakan hampir setengah dari populasi dunia kala itu.

Baca Juga: Tak Seberuntung Roro Fitria, Saipul Jamil Gagal Bebas Karena Wabah Corona, Pihak Lapas Ungkap Penyebabnya

"Orang-orang tidak mengetahui bagaimana cara melawannya kecuali menghindari mereka yang sakit," kata Thomas Mockaitis, profesor sejarah dari DePaul University.

"Mengenai bagaimana wabah berakhit, kemungkinan sebagian besar orang di tengah pandemi tersebut entah bagaimana mampu bertahan hidup dan mereka yang selamat memiliki kekebalan," ungkap Mockaitis.

2. Wabah Maut Hitam atau Black Death

via History.com

Wabah Black Death.

Wabah akibat bakteri Yersinia pestis tidak pernah benar-benar berakhir dan kembali 800 tahun kemudian.

Wabah Maut Hitam atau Black Death yang menyerang Eropa pada 1347, menewaskan 200 juta orang hanya dalam empat tahun.

Baca Juga: Sejak Diberlakukannya Lockdown Akibat Corona Angka Perceraian di China Melonjak Drastis!

Meski belum diketahui dengan pasti bagaimana wabah ini bisa berhenti, tapi menurut para ahli, itu berkaitan dengan jarak.

Hal ini dilihat dari bagaimana para pejabat berpikiran maju di kota pelabuhan Ragusa yang dikuasai Venesia, memutuskan untuk mengisolasi para pelaut yang baru datang sampai mereka terbukti tidak sakit.

Awalnya, para pelaut ditahan di kapal mereka selama 30 hari, yang kemudian dikenal dalam hukum Venesia sebagai trentino.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang Venesia menambah waktu 'isolasi paksa' menjadi 40 hari atau quarantino--kata asli dari karantina yang kini dilakukan warga dunia saat menghadapi wabah.

"Cara tersebut tentu saja memberikan pengaruh dalam penanggulangan wabah," ujar Mockaitis.

Baca Juga: Ngeri! Bukan Dikubur atau Dikremasi, Inilah Cara Kim Jong Un Atasi Korban Meninggal Akibat Wabah Virus Corona

3. Wabah Besar London

London tidak pernah beristirahat setelah Black Death. Wabah terus muncul di wilayah tersebut setiap 20 tahun mulai dari 1348 hingga 1665--secara total terjadi 40 wabah dalam 300 tahun.

Dan di setiap epidemi baru, sekitar 20 persen pria, wanita dan anak-anak yang tinggal di ibu kota Inggris itu terbunuh.

Pada awal 1500-an, Inggris menerapkan kebijakan pertama untuk memisahkan dan mengisolasi warga sakit.

Rumah-rumah yang dirasa memiliki wabah ditandai dengan tali jerami pada tiang di luar rumah.

Jika memiliki anggota keluarga yang terinfeksi, makan Anda harus membawa tiang putih ketika keluar rumah.

Baca Juga: Presiden RI Digugat! Pedagang Ini Tuntut Ganti Rugi Rp 10 Miliar dan Sebut Jokowi Lalai Tangani Corona

Anjing dan kucing yang dianggap berpotensi membawa penyakit pun dibunuh secara massal.

Wabah Besar 1665 merupakan wabah terakhir dan terparah London, membunuh 100 ribu orang dalam tujuh bulan.

Semua sarana dan hiburan umum ditutup dan pasien terinfeksi dipaksa tinggal di dalam rumah untuk mencegah penyebaran penyakit. Salib merah dicat di pintu-pintu mereka beserta dengan permohonan ampunan: "Tuhan, kasihanilah kami".

Meskipun tampak kejam, tapi memaksa orang sakit diam di rumah mereka serta mengubur korban meninggal di kuburan massal, menjadi satu-satunya cara untuk mengakhiri Wabah Besar.

Baca Juga: Takut Terjangkit Virus Corona, Orang Tajir Asia Mengisolasi Diri di Pulau Pribadi yang Dibeli dengan Harga Fantastis

4. Wabah cacar

Cacar pernah menjadi endemi di Eropa, Asia dan Arab selama beberapa abad--ancaman besar yang menewaskan tiga dari sepuluh orang yang terinfeksi dan meninggalkan bekas luka.

Cacar muncul di Amerika Utara pada 1600-an. Orang-orang mengalami gejala demam tinggi, menggigil, sakit punggung, dan ruam.

Dimulai dari timur laut, cacar air kemudian memusnahkan hampir semua anggota suku asli Amerika.

Cacar menjadi epidemi virus pertama yang dapat diakhiri dengan vaksin. Pada 1770, dokter asal Inggris, Edward Jenner mengembangkan vaksin dari cacar sapi. Itu membantu tubuh menjadi imun kepada cacar air tanpa menimbulkan penyakit.

Baca Juga: Seorang Polisi Tak Hiraukan Physical Distancing dengan Gelar Resepsi, Propam Polda Metro Jaya Turun Tangan! Begini Nasibnya Sekarang

5. Wabah Kolera

Pada awal hingga pertengahan abad ke-19, kolera mengoyak Inggris dan membunuh puluhan ribu orang.

Teori ilmiah yang berlaku saat itu mengatakan bahwa kolera disebarkan melalui udara busuk yang dikenal sebagai 'miasma'.

Namun, seorang dokter Inggris bernama John Snow menduga bahwa penyakit misterius yang membunuh banyak warga ini berasal dari air minum London.

Snow bertindak seperti detektif, menginvestigasi catatan rumah sakit dan kamar mayat untuk melacak lokasi tepat wabah.

Baca Juga: Ternyata Cara Kita Pegang Ponsel Bisa Ungkap Kepribadian, Loh!

Dia membuat grafik geografis kematian akibat kolera selama sepuluh hari dan menemukan fakta bahwa 500 infeksi fatal terjadi di sekitar pompa air di Broad Street, kota yang terkenal akan sumur air minumnya.

Dengan usaha keras, Snow meyakinkan para pejabat setempat untuk menghentikan penggunaan pompa di Broad Street. Setelahnya, infeksi kolera pun berhenti.

Apa yang dilakukan Snow memang tidak langsung menyembuhkan kolera dalam semalam, tetapi setidaknya berpengaruh pada upaya global untuk meningkatkan sanitasi di wilayahnya dan menjaga air minum dari kontaminasi.

Meski saat ini, kolera jarang ditemukan di negara-negara maju, tetapi ia masih menjadi pembunuh utama pada negara-negara dunia ketiga yang tidak memiliki akses ke air minum bersih dan pengolahan limbah yang memadai.

Baca Juga: Dianggap Lalai Tangani Wabah Corona, Presiden Jokowi Digugat Kelompok Pedagang Eceran

Artikel ini telah tayang di National Geographic dengan judul Karantina Hingga Vaksin, Inilah Akhir dari 5 Wabah Terparah di Dunia

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : National Geographic

Baca Lainnya