Pakai Tabir Surya hingga Sering Bercinta, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda

Minggu, 22 Maret 2020 | 19:00
Pexels

Ilustrasi menggunakan sunscreen.

GridHype.ID - Semua orang pasti ingin miliki tubuh bugar dan awet muda.

Selain bagus untuk kesehatan, tubuh bugar ternyata bisa membentengi diri dari serangan berbagai penyakit.

Hal tersebut untuk menunjang dayatahan tubuh kita agar tetap dalam kondisi yang bagus.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan misalnya memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih juga banyak dianjurkan di saat-saat seperti ini.

Baca Juga: 6 Jenis Tumbuhan yang Bikin Wajah Terlihat Awet Muda dan Sehat!

Kebiasaan-kebiasaan baik itulah yang penting diterapkan seterusnya.

Bahkan kebiasaan tersebut memiliki manfaat menyenangkan yaitu bisa membuat kita awet muda.

Ya, rahasia awet muda tidak hanya didapat lewat krim atau obat dengan harga selangit.

Untuk mendapatkan penampilan awet muda,kamu harus menyeimbangkan antara perawatan dari luar dan dari dalam tubuh juga.

Ada beberapa kebiasaan hidup sederhana yang bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh agar terlihat lebih muda. Apa saja itu?

Baca Juga: Terdengar Jorok, Namun Fakta Menunjukkan Mencium Aroma Ketiak Suami Ampuh Bikin Mood Istri Baik Bahkan Bisa Bikin Awet Muda

Berikut kebiasaan yang bisa menjadi rahasia awet muda:

1. Tidur yang cukup

Menurut Megan Telpner, seorang ahli nutrisi di Amerika Serikat, salah satu rahasia awet muda yang paling penting adalah tidur cukup.

Tidur sangat penting untuk meregenerasi sel-sel baru dalam tubuh.

Telpner mengatakan, setidaknya butuh tidur malam nyenyak sekitar 8 jam, agar tubuh bisa memperbaiki diri dengan sempurna.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda di Usia 50-an Ala Meriam Bellina, Rutin Jalani Kardio Hingga Sebutkan 5 Makanan yang Dihindarinya

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga seseorang akan mudah terkena penyakit-penyakit yang membuatnya terlihat lebih tua.

2. Olahraga

Sebuah penelitian dari Universitas McMaster di Kanada mengemukakan, dengan berolahraga, tubuh bisa mengembalikan peremajaan kulit yang akan membuatkamuterlihat lebih muda.

Olahraga mencegah lapisan kulit epidermis dari penipisan, dan mencegah bagian luar epidermis kulit dari penebalan.

Kedua hal tersebut bisa membuat kulit berpuluh-puluh tahun lebih muda, jika dilihat pada tingkat mikroskopik.

Baca Juga: Selain Menyehatkan, Siapa Sangka Ceker Ayam Juga Bisa Bikin Awet Muda, Penelitian Sebut Karena Terdapat Hal ini di Dalamnya

American Medical Society for Sports Medicine juga mengemukakan bahwa olahraga bisa mencegah jerawat muncul dengan cara menghilangkan racun dan stress dalam tubuh.

Disarankan untuk berolahraga rutin, sekitar 3 kali seminggu, sebagai salah satu rahasia awet muda yang mudah kita dapatkan.

3. Cukup minum

Minum air yang cukup adalah salah satu hal penting untuk mendapatkan kulit yang sehat serta terlihat awet muda.

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, berguna meningkatkan sirkulasi dan membantu mencegah kerusakan kulit (seperti kulit keriput atau kering).

Baca Juga: Nggak Sembarangan, Begini Resep Awet Muda dari Orang Tertua di Dunia

Sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan, 30 menit setelahkamu minum akan terjadi peningkatan aliran darah melalui kapiler di kulit.

Pasalnya, kulit manusia mengandung hingga 30% air.

Minum air lebih dari 2 liter sehari juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan menghilangkan racun dari tubuh, sehingga kulit, wajah, dan tubuhkamu terlihat lebih segar dan sehat.

4. Sering bercinta

Siapa sangka kalau rajin berhubungan seks bisa menjadi salah satu rahasia awet muda?

Baca Juga: Bisa Bikin Awet Muda, Cari Tahu 5 Manfaat Minum Air Lemon Sebelum Tidur Berikut ini

Ya, Dr. David Weeks, seorang psikolog dari Inggris menyatakan, berhubungan seks secara teratur dapat membuatkamu terlihat berusia tujuh tahun lebih muda.

Dr. David Weeks percaya bahwa rahasia utama untuk terlihat lebih muda tetap aktif adalah dengan memiliki kehidupan seks yang baik seiring bertambahnya usia.

Dr. Weeks juga menyarankan, bagi yang ingin terlihat muda dan bugar, lakukanlah hubungan seks sekurang-kurangnya 3 kali dalam seminggu.

Niscaya, wajah dan penampilan awet muda akan terpancar dari tubuh kamu.

Baca Juga: Ulang Tahun yang ke-69, Ibu Krisdayanti Jadi Sorotan Karena Miliki Wajah Cantiknan Awet Muda

5. Rajin pakai tabir surya

Menggunakan sunscreen atau tabir surya (UVA/UVB) dengan tingkat SPF 15 atau lebih tinggi lagi, dapat mencegah dan mengurangi penuaan kulit akibat kerusakan sinar matahari.

Seperti yang telah banyak diketahui, paparan sinar matahari langsung adalah salah satu penyebab 90% tanda-tanda penuaan muncul.

Contohnya antara lain seperti keriput, bercak kasar, kulit kendur, bahkan bisa mengubah warna kulit menjadi lebih gelap.

Selain itu, sebuah studi tahun 2013 juga menunjukkan, pakai tabir surya bukan hanya mencegah penuaan kulit, tapi dapat melindungi kulit dari kanker kulit.

Baca Juga: Ahli Virus Ungkap Konsumsi Vitamin Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Guna Memerangi Corona

Sangat disarankan ketika keluar rumah untuk menggunakan tabir surya harian, guna mencegah kerusakan kulit jangka panjang.

Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judul Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kita Awet Muda, Sebagian Kini Penting Diterapkan untuk Cegah Infeksi Corona, Sekali Dayung Dua Pulau Terlewati!

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Intisari

Baca Lainnya