Bukan karena Virus Corona! 4 Orang Ini Justru Tewas Setelah Konsumsi Jamur Enoki

Kamis, 12 Maret 2020 | 16:45
Freepik

Jamur enoki.

GridHype.ID - Kasus keracunan makanan bukan sesuatu hal yang baru.

Apalagi jika makanan tersebut merupakan jenis jamur yang biasa kita campur di sup, sepertijamur enoki.

Sebanyak 17 negara bagian di Amerika Serikat dikonfirmasi miliki wabah listeria, sebuah penyakit bawaan makanan yang dinilai cukup mematikan.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Lagi Makan Nasi Sisa Kemarin, Bisa Sebabkan Keracunan

Dilansir dari laman NBC News, wabah ini berasal dari jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan.

Menurut laporan menteri kesehatan setempat, empat orang sudah dilaporkan meninggal dunia karena mengkonsumsi jamur tersebut.

Sementara itu tiga puluh dua orang dilaporkan mengalami sakit karena hal yang sama.

Baca Juga: Renggut 200 Juta Nyawa dan Hampir Musnahkan Populasi Manusia di Dunia, Wabah Penyakit ini Sama Mengerikannya dengan Virus Corona

Namun menurut penyelidikan BPOM setempat yang dilakukan baru-baru ini, mereka menemukan kasus yang sama sudah terjadi sejak November 2016.

NBC News
NBC News

Keracunan Jamur Enoki, Wabah Listeria Serang 17 Negara Bagian di Amerika Serikat hingga Sebabkan 4 Orang Meninggal Dunia.

Orang-orang yang mengalami sakit setelah mengkonsumsi jamur ini pun tersebar di 17 negara bagian.

Setidaknya tiga puluh orang dari tiga puluh dua yang tercatat mendapat perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Kota Diisolasi Hingga Harus Konsumsi Makanan Basi Demi Bisa Bertahan Hidup, Begini Kondisi Warga Wuhan Pasca Wabah Virus Corona Menyerang, Warga: Kenyataan Benar-benar Mengerikan

Dan empat orang yang meninggal berasal dari California, Hawaii, serta New Jersey.

Jamur enoki terkontaminasi tersebut dijual oleh Sun Hong Foods, Inc yang berbasis di California.

Mereka merupakan pangan yang diimpor dari Korea dan didistribusikan ke California, Texas, Oregon, Washington, Illinois, dan Florida.

Sun Hong Foods langsung menarik produk tersebut pada Senin (9/3/2020) lalu setelah Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Michigan menemukan bahwa sampel jamur positif mengandung bakteri Listeria Monocytogenes.

Baca Juga: Jadi Langka Hingga Harganya Naik 300 Kali Lipat Gara-gara Wabah Virus Corona, Ahli Medis Ungkap Fakta Buruk Penggunaan Masker yang Justru Membuat Virus Mudah Menjangkit

Umumnya, orang-orang yang terinfeksi listeria akan mengalami demam, nyeri otot, sakit kepala, kehilangan keseimbangan, dan gejala lain yang biasanya baru disadari sekitar satu sampai empat minggu setelah mengkonsumsi.

Tingkat resiko lebih tinggi bisa dialami oleh orang tua, orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau penyakit kronis, wanita hamil dan bayi baru lahir.

Bahkan pada wanita hamil, infeksi bisa menyebabkan keguguran, lahir dalam kondisi mati, kelahiran prematur atau komplikasi setelah bayi lahir.

Sementara itu, berdasar laporan yang ada, sebanyak enam wanita dinyatakan terkena wabah listeria jamur enoki tersebut.

Baca Juga: Seperti Menyimpan Bom Waktu, ini Bahaya Memelihara Ayam di Rumah, Berisiko Terkena Wabah Penyakit Mematikan ini

Dua diantaranya juga dilaporkan mengalami keguguran.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Food and Drug Administration (FDA) pun menghimbau masyarakat dengan resiko tinggi menghindari makan jamur enoki dari Korea.

CDC dan FDA juga menyarankan agar semua orang menghindari makan jamur enoki jika mereka tidak tahu dari mana asalnya.

Tak hanya itu, beberapa restoran dan rumah makan yang memiliki jamur diwajibkan mencuci bersih utamanya pada bagian permukaan yang sering disentuh.

Baca Juga: Kabar Bahagia Buat Kamu Pengidap Diabetes, Jamur Punya 4 Manfaat Nih!

Pasalnya, menurut CDC listeria dapat bertahan hidup dalam suhu dingin serta dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Grid.ID dengan judul Keracunan Jamur Enoki, Wabah Listeria Serang 17 Negara Bagian di Amerika Serikat hingga Sebabkan 4 Orang Meninggal Dunia.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid.ID

Baca Lainnya