Disebut Bodoh Karena Beli Reruntuhan Kastil Seram Seharga Rp 90 Juta, Kini Justru Jadi Hunian Paling Diminati dengan Harga Rp 23 Miliar

Kamis, 12 Maret 2020 | 13:00
Kolase South Wales Property Photography via Mirror

Pria ini beli reruntuhan kastil seram dengan harga murah

Gridhype.id- Kisa seorang pria yang membeli bangunan berupa kastil tua di Wales dengan harga 5.000 pundsterling (sekitar Rp 90 juta) sempat menyita perhatian publik.

Namun siapa sangka reruntuhan kastil itu akan menjadi hunian elegan bernilai 1,25 juta poundsterling (Rp 23 miliar).

Melansir Mirror, Kamis (3/12/2020), Anton Jones membeli Kastil Llantwit di Vale of Glamorgan yang sudah tak utuh dan 15 tahun kemudian kastil 'seram' itu menjadi properti paling diincar.

Baca Juga: Jadi Negara dengan Kematian Virus Corona Terbanyak Setelah China, Pemerintah Italia Umumkan Penutupan Seluruh Negara HIngga 3 April

Anton sendiri memiliki ketertarikan pada bangunan kuno, berawal dari pengalaman ketakutannya di sana saat masih kecil.

Dia mengatakan kepada Wales Online, "Semuanya berawal ketika saya masih kecil. Saya dulu bermain di sini dan benar-benar takut mati karenanya!".

"Kastil itu sangat, sangat menyeramkan pada masa itu karena hancur dan ditutupi tumbuhan ivy."

Ia memiliki ambisi untuk memiliki dan memulihkan setidaknya satu bagian dari bekas rumah abad pertengahan unik ini yang disebut The Old Castle, meskipun Anton secara teratur dihantui oleh ingatan akan kuda-kuda -karena dia pernah dikejar kuda di sana.

Baca Juga: Jadi Kota Mati Terbesar di Dunia, Begini Suasana Mencekam Sekaligus Megah di Kota Ordos

Butuh waktu 15 tahun untuk membeli monumen kuno yang dijadwalkan dari Vale of Glamorgan council dan lima tahun untuk benar-benar mengubah satu bagian sayap rumah abad pertengahan menjadi rumah impian.

Renovasi bangunan itu sepenuhnya dilakukan dengan tradisional, tidak ada crane, hanya tali dan rantai.

Bahkan ia mengaduk bahan seperti semen dengan tradisional, tidak menggunakan mixer semen.

Engsel pintu depan yang besar ditempa menggunakan metode pandai besi tradisional dan semua balok atap dan langit-langit dilengkapi pasak kayu buatan tangan yang besar - semua sama seperti ketika rumah dibangun dan kemudian diperpanjang lebih dari 500 bertahun-tahun lalu.

Baca Juga: Banting Harga, Tiket Pesawat dari Jakarta ke Luar Negeri Jadi Murah, Tiket ke Jakarta-Seoul Seharga Tiket Kereta Api ke Bandung

Tidak mengherankan untuk menemukan bahwa Anton menggambarkan pekerjaannya sebagai 'pelestarian bangunan'.

Tapi kembali ke lima tahun lalu, mungkin Anton tidak akan menyelamatkan The Old Castle jika dia tahu betapa sulitnya perjuangan itu.

"Itu benar-benar hancur, pada kenyataannya itu seharusnya tidak benar-benar diselamatkan karena sudah terlalu jauh!".

Anton mengatakan restorasi itu sangat menyiksa untuk dilakukan, baik secara fisik maupun mental.

Hari pertama dilalui dengan 'heboh', mencoba untuk mengatasi semak belukar dan pohon-pohon yang bermunculan di dalam dan di sekitar reruntuhan.

Dia mengingat, "Semua plester batu ditemukan terkubur di lantai berkeping-keping, jadi kami menggali semua itu dan menyatukannya kembali seperti sepotong jigsaw besar.

"Ratusan ton batu perlu diangkat ke udara dan kami melakukan semuanya dengan balok dan pancing yang merupakan mekanisme pengangkatan asli; hanya kami berdua, kami melakukan semuanya dengan tangan."

Baca Juga: Aman Dikantong, ini 3 Foundation Lokal Buat Remaja dengan Harga Cuma Rp 10 Ribuan

Anton Jones/Media Wales via Mirror
Anton Jones/Media Wales via Mirror

Reruntuhan kastil itu ditutupi semak belukar

Legenda lubang besar di dinding berawal dari masa ketika situs itu dirampok dan dilucuti dari semua fitur internalnya oleh pencuri menggunakan kuda dan kereta untuk membawa rampasan.

Anton berkata, "Kami menemukan banyak batu dari lubang yang terkubur dan meletakkannya kembali di salah satu dinding.

"Itu mungkin hancur ratusan tahun yang lalu sehingga orang bisa masuk dan mencuri benda-benda penting seperti semua jendela batu pasir dan perapian."

Tetapi properti itu punya suasana khusus rumah yang unik dan memancarkan reruntuhan yang tersisa.

Baca Juga: Makan Bayam dengan Tahu Disebut Bisa Sebabkan Kista, Benarkah? Berikut Penjelasan Ahli

Anton berkata, "Ini adalah suasana yang indah di sini, kebanyakan orang dapat merasakannya, ini adalah hal yang istimewa."

"Ini seperti gereja dan sangat damai namun memiliki suasana yang sangat ramah."

"Dan apa yang istimewa dan unik tentang itu adalah masih ada bagian yang rusak ini melekat pada rumah."

"Kupikir mengembalikan kehancuran yang tersisa akan benar-benar menghancurkannya! Itulah yang membuat rumah ini begitu romantis."

Dari setiap jendela ada pandangan yang akan memaksa pemilik baru untuk berlama-lama dan mengagumi, apakah itu pemandangan reruntuhan yang tersisa, pemandangan laut atau pemandangan pedesaan dari dua hektar tanah yang datang dengan properti.

Anton juga mengatakan dia telah menemukan banyak koin kuno di tanah itu, ditambah kunci besar yang dia asumsikan pernah membuka pintu depan rumah ini.

Media Wales via Mirror
Media Wales via Mirror

kastil Llantwit berusia lebih dari 500 tahun

Baca Juga: Percaya Nggak Percaya, 4 Benda ini Bisa Bawa Keberuntungan Jika Selalu Kita Bawa Saat Pergi

Dia berkata, "Kami menemukan mahkota Henry VIII yang sebenarnya yang terhubung dengan bangunan awal karena tertanam di lantai, yang merupakan penemuan yang brilian."

Ia juga menemukan mahkota setengah Charles I dan menemukan kastil itu selesai dibangun pada 1597.

Koin tertua yang ditemukan Anton adalah uang Edward I yang berasal dari sekitar tahun 1300, yang ditemukan di bidang belakang.

Alih-alih tanpa atap, tanpa lantai, dan nyaris tanpa dinding, sekarang bangunan itu memiliki tiga lantai kamar yang menampilkan karakter abad pertengahan yang otentik tetapi dengan fasilitas modern.

Masuk melalui pintu depan logam besar ke ruang makan dapur yang menampung berbagai perapian, unit wastafel Belfast, lemari penyimpanan, dan lantai batu panji biru.

Naiki tangga kayu ek buatan tangan dan lewati dinding kapur putih dan ada dua kamar tidur dan kamar mandi untuk dijelajahi di lantai pertama.

Sampai ke lantai paling atas dan ada kamar tidur besar yang memiliki langit-langit tinggi ganda luar biasa yang berisi tingkat mezzanine yang bisa menjadi platform tidur yang ditinggikan, ruang belajar atau ruang santai.

Ada banyak waktu ketika Anton hampir menyerah, tetapi cintanya pada bangunan lebih kuat daripada tantangan yang menghadangnya.

Dia mengatakan, "Ketika saya mengambil ini, banyak orang tertawa dan berharap saya beruntung - yang saya butuhkan - mereka terkikik dan berpikir itu ide yang bodoh."

Tetapi seiring restorasi telah berkembang, demikian juga minat pada apa yang telah dilakukan Anton.

Dia mengatakan orang-orang berhenti di mobil mereka atau berjalan kaki untuk melihat proyek, menghentikannya untuk mengobrol untuk mengetahui lebih lanjut.

Itu mungkin menghabiskan waktu, tetapi proyek itu membuatnya jauh lebih mahal secara moneter.

Dia berkata, "Menjadi orang yang sangat teguh, Anda dapat melihat seperti apa bentuknya sekarang, tapi ini sudah lima tahun neraka tetapi juga menyenangkan - ia memiliki posisi terendah dan tertinggi.

"Keluhan untuk menjualnya, aku tinggal di sini saat ini dan aku benar-benar tidak ingin menjualnya."

Baca Juga: 5 Tahun Ayamnya Tak Bertelur, Saat Disembelih Wanita ini Justru Temukan Harta Senilai Rp 4 Miliar di Dalam Perutnya

South Wales Property Photography via Mirror
South Wales Property Photography via Mirror

Sekarang kastil itu menjadi hunian elegan bernilai Rp 23 miliar

South Wales Property Photography via Mirror
South Wales Property Photography via Mirror

Anton mengatakan itu pembangunan paling menantang yang dilakukannya

Anton dan penduduk setempat bukanlah satu-satunya orang yang telah terpesona dengan bangunan kuno dan kelahiran kembali menjadi sebuah rumah.

Anton berkata, "Program TV Restoration Man yang dibintangi George Clarke men-syuting seorang pilot dan mereka benar-benar menyukainya dan ingin melakukannya dalam seri tetapi saya tidak bisa memberi mereka tanggal mulai, tengah, dan akhir.

"Mereka membutuhkannya untuk pergantian enam bulan, tetapi itu jelas mustahil.

"Mereka tertarik karena rumah ini benar-benar unik. Saya percaya itu adalah monumen terjadwal pertama di Wales yang akan dipulihkan dan diubah menjadi tempat tinggal."

Salah satu sentuhan akhir yang ditambahkan Anton ke properti untuk menandai kelahirannya yang luar biasa adalah sebuah plakat phoenix berukir yang tertanam di dinding.

Dia berkata, "Rumah itu tidak pernah dihuni dan dicintai sejak 1690, saatnya berubah."

The Old Castle dijual dengan harga 1,25 juta poundsterling dengan agen real estate Brinsons & Birt. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul, Pria Ini Beli Reruntuhan Kastil 'Seram' dengan Harga Murah, Sempat Dikira Bodoh, Sekarang Malah Jadi Hunian Paling Diminati Bernilai Rp23 Miliar

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari

Baca Lainnya