Pemerintah Korea Utara Lakukan Hal Ekstrem untuk Cegah Penyebaran Virus Corona, Warga Tiongkok Berisiko Ditembak oleh Penjaga Korut

Senin, 09 Maret 2020 | 13:15
The Independent

Kim Jong Un, Presiden Korut

GridHype.ID - Merebaknya virus corona membuat masing-masing negara membuat kebijakan dalam mengatasi virus mematikan tersebut.

Infeksi virus corona (Covid-19) benar-benar membuatmasyarakat dunia ketakutan.

Korea Utara jadi salah satu negara yang melakukan cara ekstrem dalam menangkal virus corona.

Baca Juga: Segera Hentikan! Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Hindari Kebiasaan Pegang Sana-sini

Pihak berwenang Tiongkok mengatakan kepada warga negaranya untuk menjauh dari perbatasan Korea Utara.

Hal ini sejalan dengan penyebaran virus corona dan ancaman pemerintah negara pimpinan Kim Jong Un itu.

Korea Utara sendiri telah melarang orang-orang dari Tiongkok mendekat ke area perbatasan untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Melegakan, 16 Pasien Virus Corona di Vietnam Dinyatakan Sembuh dan Boleh Pulang, Begini Rahasianya!

Melansir Reuters pada Sabtu (7/3/2020), warga Tiongkok yang mendekat ke perbatasan berisiko ditembak oleh penjaga Korea Utara.

Warga mengatakan jika peringatan itu datang melalui pemberitahuan tertulis oleh pemerintah setempat.

Rupanya larangan ini merupakan bentuk keseriusan Korea Utara dalam menangani ancaman virus corona.

Baca Juga: Hampir Sama Seperti China, Korban Meninggal Akibat Virus Corona di Iran Dibiarkan Bergeletakan di Lantai Rumah Sakit, Terungkap Fakta Mengerikan di Baliknya

Warga kota Jian dan Baishan di Tiongkok diperingatkan bahwa orang yang terlalu dekat dengan perbatasan mungkin akan ditembak, menurut tiga orang yang menerima pemberitahuan tersebut, ditinjau dari Reuters pada Sabtu (7/3/2020).

"Kami diberitahu bahwa kami mungkin akan terbunuh jika terlalu dekat dengan daerah perbatasan," kata seorang pemilik restoran di Jian.

Kota Jian sendiri hanya dipisahkan oleh sungai Yalu dari Korea Utara.

Baca Juga: Tak Hanya Masker, Kondom Ludes Terjual di Berbagai Negara Untuk Cegah Virus Corona, Bukan Untuk Berhubungan intim Melainkan Untuk Hal ini

Dan jika sedang musim dingin, permukaan sungai akan membeku.

Hal ini akan membuat sungai Yalu mudah dilalui untuk pergi ke Korea Utara.

Dalam pemberitahuan tersebut juga dituliskan jika warga dilarang memancing, merumput, atau membuang sampah di dekat sungai.

Baca Juga: Salah Kaprah, Kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Jika Dilakukan Berlebihan Justru Bisa Mempermudah Terinfeksi Virus Corona

Korea Utara meminta Tiongkok untuk memperketat kontrol perbatasan agar warga negaranya tidak tertembak dan terbunuh ketika Korea Utara.

Korea Utara juga menaikkan ancaman virus corona ke level tertinggi.

"Organisasi keamanan publik akan memantau perbatasan 24 jam sehari dan siapa pun yang ditemukan akan menghadapi penahanan administratif," oleh polisi Tiongkok, kata pihak berwenang dalam pemberitahuan itu.

Baca Juga: Kota Diisolasi Hingga Harus Konsumsi Makanan Basi Demi Bisa Bertahan Hidup, Begini Kondisi Warga Wuhan Pasca Wabah Virus Corona Menyerang, Warga: Kenyataan Benar-benar Mengerikan

"Pelanggar akan ditembak (oleh penjaga Korea Utara)," imbuhnya.

Seorang pejabat propaganda Jian, yang menolak disebutkan namanya, dikonfirmasi melalui telepon bahwa kantor kontrol perbatasan kota mengeluarkan peringatan serupa dalam sebuah pesan teks.

"Selama periode pencegahan epidemi, kegiatan apa pun termasuk memancing di sungai Yalu atau berteriak ke Korea Utara di seberang sungai sangat dilarang," kata pihak kantor dalam pesan itu.

Baca Juga: Dipercaya Sebagai Penangkal Virus Corona Hingga Harganya Melonjak, Jahe Merah Juga Punya Khasiat Luar Biasa ini Untuk Tubuh

Wah, bagaimana menurut kamu?(*)

Artikel ini telah tayang di Grid.ID dengan judul Cegah Penyebaran Virus Corona, Korea Utara Lakukan Hal Ekstrem pada Warga Tiongkok yang Dekati Perbatasan!

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid.ID

Baca Lainnya