Terdengar Sepele, 8 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Jantung Rusak

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:21
Freepik

Ilustrasi masalah jantung.

GridHype.ID - Penelitian menyebut bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi di dunia.

Penyakit ini biasa disebut dengan "silent killers" (pembunuh tak bersuara).

Hal ini disebabkan dalam banyak kasus,seseorang tidak menyadari memiliki penyakit ini hingga mereka menunjukkan tanda-tanda serangan jantung atau gagal jantung.

Jadi, menjaga kesehatan jantung sangat penting.

Baca Juga: Ramai Berhembus Kabar AshrafaSincalir Meninggal Dunia Bukan karena Serangan Jantung, Dokter Angkat Bicara Terkait Penyakit yang Sering Disepelaekan Banyak Orang Ini

Apalagi jantung memerankan peran yang vital yaitumemompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah, menghilangkan karbon dioksida dan limbah lainnya, dan memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan.

Kita harus ingat bahwa ada kebiasaan tertentu yang kita lakukan setiap hari yang hanya membahayakan jantung kita.

Kevin R. Campbell, MD, seorang electrophysiologist jantung di North Carolina Heart and Vascular, UNC Health Care di Raleigh, mengatakan:

"Sejumlah kegiatan yang tidak dipikirkan orang dua kali dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung."

Baca Juga: Pecinta Bakso Wajib Waspada nih, Berikut 5 Risiko Penyakit yang Bisa Menyerangmu Jika Sering Mengkonsumsinya, Hipertensi Hingga Jantung!

Berikut kebiasaan umum yang dapat merusak jantung:

1. Minum Alkohol Terlalu Banyak

Freepik
Freepik

Ilustrasi minum alkohol.

Minum terlalu banyak alkohol bisa berbahaya bagi kesehatan kita karena dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan arteri Anda dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Jangan Lagi Beli atau Konsumsi Daging Ayam dengan Kondisi Seperti ini, Bisa Picu Kematian!

Selain itu, itu juga meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh kita, yang merupakan jenis lemak paling umum dalam tubuh Anda. Ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Merokok

Merokok adalah penyebab hampir sepertiga kematian akibat penyakit jantung.

Setiap kali kita menghirup sebatang rokok, kita memasukkan lebih dari 5.000 bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh kita.

Karbon monoksida, salah satu bahan kimia beracun ini, mengurangi jumlah oksigen dalam sel darah merah kita, meningkatkan jumlah kolesterol dalam arteri kita dan merusak jantung kita.

Baca Juga: Trainer Ternama Dunia ini Pilih Tinggalkan CrossFit Karena Nyawanya Nyaris Malayang Karena Serangan Jantung, ini Alasanya

3. Menatap layar

Duduk terlalu lama terpaku pada gadget atau televisi kita hanya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kurangnya gerakan memiliki efek negatif pada kadar lemak dan gula kita.

Beristirahatlah dan bangun setiap 15 menit dan berjalan cepat.

Baca Juga: Pecinta Bakso Wajib Waspada nih, Berikut 5 Risiko Penyakit yang Bisa Menyerangmu Jika Sering Mengkonsumsinya, Hipertensi Hingga Jantung!

4. Mendengkur

Freepik
Freepik

Ilustrasi mendengkur.

Kebiasaan ini tidak hanya mengganggu.

Ini juga bisa menjadi tanda sleep apnea yang terkait dengan aritmia, stroke, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung.

Baca Juga: Banyak yang Bertanya-tanya, Mengapa Seorang yang Gemar Olahraga Masih Beresiko Mengalami Serangan Jantung, Simak Penjelasannya

5. Makan di luar setiap malam

Jika Anda senang bergaul dengan teman untuk makan malam atau makan pizza dalam perjalanan pulang kerja itu tidak masalah.

Namun, pilihan makanan yang tidak sehat ini benar-benar dapat merusak jantung.

Jenis makanan yang kita makan dapat secara langsung mempengaruhi faktor risiko, termasuk kolesterol, tekanan darah, kelebihan berat badan, dan diabetes.

Kita perlu memantau jenis dan jumlah makanan yang kita makan.

Baca Juga: Sering Terjadi di Pagi Hari, Serangan Jantung yang Terjadi di Waktu Tersebut Jauh Lebih Berbahaya dan Mematikan, Begini Penjelasannya

Selalu memilih diet yang sehat untuk jantung.

6. Tidak Cukup Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Menurut penelitian, orang yang secara teratur makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran memiliki risiko 20% lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang makan tiga atau lebih sedikit porsi buah dan sayuran per hari.

7. Pasif

Orang-orang yang duduk hampir sepanjang sisa hari, berisiko lebih tinggi menderita penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Kopi Bagi Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga teratur adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung.

Olahraga sedang hingga hanya sekitar 20 menit sehari dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah kita dan membantu kita mempertahankan berat badan yang sehat.

Bermain tenis, berjalan cepat, naik tangga, bukan lift atau bergabung dengan kelas kebugaran kelompok membuat otot jantung kita lebih kuat sehingga memompa lebih efektif.

Baca Juga: Coba Rutin Lakukan 8 Kebiasaan Baik Berikut ini, Mampu Mengurangi Risiko Serangan Jantung yang Bisa Membunuhmu Kapan Saja

8. Stres

Stres telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

Ini merangsang tubuh untuk melepaskan adrenalin yang sementara memengaruhi bagaimana fungsi tubuh kita - itu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, kerusakan pembuluh darah, dan meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke.

Artikel ini telah tayang di Intisari-Online dengan judul Meski Sepele, 8 Kebiasaan Umum Ini Dapat Merusak Jantung Lho! Yuk Ketahui untuk Mencegah Terjadinya Hal yang Tidak Diinginkan bagi Kesehatan Anda.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari

Baca Lainnya