Follow Us

Fakta Menarik Soal Ular yang Ternyata Punya Dua Penis, Apa Fungsinya?

None, Puspita Rahayu - Sabtu, 04 Februari 2023 | 09:00
ular memiliki dua penis
Pixabay

ular memiliki dua penis

Gridhype.id- Ada fakta menarik mengenai ular yang selama ini dikenal sebagai hewan berbisa dan mengerikan.

Tahukah Anda jika sebenarnya ular memiliki dua penis?

Ya, ular ternyata memiliki dua penis dengan fungsinya yang tidak terduga.

Dilansir dari National Geographic, ular tidak hanya memiliki satu penis, tetapi dua penis yang disebut hemipenis.

Peneliti dari University of Sydney, Christopher Friesen mengatakan, memiliki dua hemipen dapat bermanfaat bagi ular jantan saat kawin.

Dalam kasus ular garter yang Friesen pelajari, dengan dua penis, ular busa kawin dari satu sisi betina atau sisi lainnya yang mungkin berguna dalam persaingan kawin yang intens.

Menurut Friesen, persaingan kawin yang ketat disebabkan oleh ular yang membentuk "agregasi kawin besar-besaran" yang menyebabkan lima hingga 100 jantan bersaing untuk mendapatkan satu betina dengan mencarinya di dalam bola kawin.

Friesen menjelaskan, dua penis yang dimiliki ular menjadikan proses kawin lebih fleksibel karena jantan akan menggunakan hemipenis yang paling dekat dengan betina untuk kawin.

Sebenarnya, bukan hanya ular jantan yang memiliki dua penis. Ular betina juga memiliki dua klitoris yang disebut hemiclitores.

Hemiclitores pertama kali diidentifikasi pada biawak betina pada tahun 1995 oleh W. Böhme sebagai "bayangan cermin mini dari hemipen jantan."

Soledad Valdecantos dan Fernando Lobo dari Universidad Nacional de Salta, Argentina, mengatakan dalam sebuah studi tahun 2014 bahwa hemiclitores dan fungsinya masih belum diketahui pasti, namun telah dianggap sebagai ciri khas ular betina.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Mengapa Ular Memiliki Dua Penis?

Baca Juga: Kabar Meninggalnya Eks Asisten Panji Petualang Kejutkan Publik, Ibu Alprih Priyono Ceritakan Masa Kecil Mendiang: Suka Ngmpetin Ular di Baju

(*)

Source : Kompas.com

Editor : Puspita Rahayu

Baca Lainnya

Latest