Follow Us

Kumpulan Doa, Inilah Lafaz Niat Puasa Daud Beserta Doa Saat Berbuka

None, Puspita Rahayu - Minggu, 27 November 2022 | 05:15
Kumpulan doa harian.
Freepik

Kumpulan doa harian.

Gridhype.id- Kumpulan doa harian kali ini membahas mengenai puasa daud dan tata cara niat yang dibaca saat akan melakukannya.

Kumpulan doa harian memuat beragam hal istimewa mengenai ibadah, salah satunya tentang puasa daud.

Puasa daud merupakan salah satu puasa sunnah yang dapat membawa kebaikan bagi siapa saja yang menjalaninya, simak hal tersebut melalui kumpulan doa harian berikut ini.

Menjadi salah satu puasa sunnah yang sangat disukai oleh Allah SWT, tidak heran jika banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk melakukannya.

Hal tersebut tentunya berkaitan erat dengan keutamaan puasa daud yang juga telah digambarkan dalam hadis Rasullah SAW, demikian bunyinya:

أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

Artinya:

"Puasa yang paling Allah sukai adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling Allah sukai adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya" (HR. Bukhari)

Ada pula keterangan lain dalam Hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya:

Source : Tribun Pontianak

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest