Follow Us

Jangan Panik, Meski Disebut Bisa Menular ke Orang Dewasa, Kemenkes Beri Penjelasan Ini

Ruhil Yumna - Kamis, 19 Mei 2022 | 12:45
Jawaban resmi kemenkes prihal hepatitis akut.
Pixabay

Jawaban resmi kemenkes prihal hepatitis akut.

GridHype.ID - Penyakit hepatitis belakangan menjadi sorotan.

Kemenkes mengonfirmasi beberapa anak telah terserang penyakit hepatitis akut ini.

Masyarakat utamanya para orang tuapun mulai khawatir.

Meski banyak menyerang anak, tetapi tahukah kamu bahwa penyait hepatitis akut ini bisa menyebar dan menular ke orang dewasa?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes dr.Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi hal tersebut.

Ia membeberkan kemungkinan bahwa penyakit hepatitis akutbisa saja bukan hanya menginfeksi anak-anak namun juga orang dewasa.

“Kemungkinan bisa,” ujarnya dikutip dari KOMPAS.com

“Penularan daripada hepatitis akutberat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airborne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut adenovirus,” tegasnya.

Kemudian,vius hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar dan menular melalui makanan atau fecal oral,” katanya melanjutkan.

Baca Juga: Padahal Sudah Klaim sebagai Negara Bebas Virus Corona, Kasus Covid-19 di Korea Utara Mendadak Melonjak dari Nol Melesat hingga 1,7 Kasus

Sementara Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Metabolik Endokrin dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr.dr Erni Yuni, Sp.PD-KEMD mengungkapkan kasus hepatitis akut bisa menular ke orang dewasa.

Source : kompas, GridFame.ID

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest