Follow Us

Mudah Dihafal, 5 Bacaan Dzikir Ini Bisa Memudahkan Segala Urusan, Yuk Lakukan Secara Rutin!

None, Dwi Purworahayu - Selasa, 11 Juli 2023 | 14:05
Berdzikir
Pexels/RODNAE Productions

Berdzikir

GridHype.ID - Salah satu amalan sederhana yang bisa dilaksanakan setiap Muslim adalah berdzikir.

Zikir atau Dzikir sendiri adalah sebuah aktifitas mengingat Allah swt. Contohnya adalah dengan menyebut dan memuji nama Allah swt.

Secara bahasa dzikir memiliki arti “menyebut”, “mengingat” atau “berdoa”, kata dzikir juga berarti memori, pengajian.

Dalam agama Islam dzikir sering didefinisikan dengan menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah.

Dzikir merupakan satu kewajiban yang tercantum dalam al-Qur’an, seperti dalam QS. Al Ahzab (33) ayat 41 Allah swt berfirman: “Wahai orang – orang yang beriman berzikirlah kamu semuanya dengan sebanyak – banyak dzikir” (QS. Al Ahzab (33) : 41)

QS. Al Anfaal (8) ayat 45 memperkuat perintah Allah swt untuk berzikir: “Hai orang – orang yang beriman apabila, apabila kamu bertemu dengan pasukan (musuh), maka perkokohlah (berteguh hati) dan ingatlah Allah sebanyak – banyaknya supaya kamu memperoleh kemenangan” (QS. Al Anfaal (8) : 45)

Tentu saja dengan mengingat Allah (zikir) akan memancarkan kekuatan jiwa saat situasi dan kondisi apapun yang tengah kita hadapi. Insha Allah.

Baca Juga: Doa Harian, Para Siswa Amalkan 5 Doa Ini Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran saat Ujian Sekolah

Berikut 5 dzikir yang dianjurkan dibaca 100 kali setiap harinya. Dzikir 1 (Kalimat Tauhid)

قال النبي صلى الله عليه وسلم: مَنْ قَالَ كُلَّ يَوْمٍ لا إلٰهَ إلاَّ الله مُحَمَّدٌ رَسُولُ الله مَائَةَ مَرَّة جَاءَ يَوْمَ القِيَامَةِ وَوَجْهُهُ كَالقَمَرِ لَيْلَةَ البَدْرِ

Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa setiap hari membaca LAA ILAAHA ILLALLAHU MUHAMMADUR RASUULULLAAH (Tiadak ada Tuhan selain Allah, Nabi Muhammad adalah utusan Allah) sebanyak seratus (100) kali, maka ia datang pada hari kiamat mukanya bagaikan bulan purnama”. (Kitab Lubabul Hadits)

لا اله الا الله محمد رسول الله

Source : TribunStyle.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest