Follow Us

Jangan Khawatir Dulu, Coba Cek Lalu Update Android dan iPhone ke Versi Terbaru dengan Cara Ini Sebelum Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November Nanti

Dwi Purworahayu - Jumat, 29 Oktober 2021 | 20:45
ilustrasi aplikasi WhatsApp
Kompas.com

ilustrasi aplikasi WhatsApp

GridHype.ID - Kabar buruk, sejumlah smartphone Android dan iPhone tak bisa lagi menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp.

Ya, belum lama ini WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk smartphone Android dan iPhone lawas mulai 1 November 2021.

Hal ini berarti pengguna smarphone Android dan iPhone dengan jenis tertentu tak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Diketahui, mereka tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi jika masih menggunakan ponsel yang menjalankan sistem operasi lama.

Mengutip Kompas.com dari laman resmi WhatsApp, disebutkan bahwa jenis HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.0.4 dan iOS 9, atau versi lebih tua dari keduanya.

"Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut," tulis pihak WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/10/2021).

Android versi 4.0.4 dikenal dengan julukan Ice Cream Sandwich dan diumumkan Google pada 19 Oktober 2011. Umurnya sudah genap sepuluh tahun.

Google sendiri telah menghentikan dukungan untuk Android Ice Cream Sandwich tahun 2018 lalu.

Sejak 2020, Google tidak lagi menampilkan statistik distribusi sistem operasi Android berdasarkan versinya di situs developer Android.

Namun, berdasarkan laporan dari Statcounter, seharusnya jumlah ponsel yang menjalankan OS Android versi 4.0.4 atau yang lebih lama seharusnya sudah sangat sedikit, di bawah angka terendah 3,44 persen yang dicatat oleh Android versi 8.0, Oreo.

Baca Juga: Makin Canggih! WhatsApp Punya Fitur Baru, Kepoin Yuk Picture in Picture Versi Teranyar

Source : Kompas.com

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular