Follow Us

Kabar yang Dinantikan Para Penderita Kanker, Peneliti Tengah Berupaya untuk Memanfaatkan Obat Pengurang Tumor untuk Digunakan pada Penyakit Mematikan Ini

Ruhil Yumna - Sabtu, 25 September 2021 | 11:45
Ilustrasi kanker payudara
freepik.com

Ilustrasi kanker payudara

GridHype.ID - Ada secercah harapan untuk para penderita kanker payudara.

Pasalnya disinyalir, Antibodi-drug conjugate (ADC) secara signifikan meningkatkan harapan hidup orang-orang yang memiliki beberapa bentuk kanker payudara paling serius.

Hasil ini didapat berdasarkan data baru yang dirilis Sabtu di konferensi European Society of Medical Oncology tahun 2021.

Para peneliti menemukan bahwa ukuran tumor berkurang secara signifikan dan harapan hidup meningkat untuk pasien dengan kanker payudara positif HER-2 yang tidak dapat disembuhkan yang menggunakan konjugat antibodi-obat baru ENHERTU.

ADC adalah obat biofarmasi yang sangat bertarget yang dimaksudkan untuk membunuh sel tumor sambil menghemat sel sehat.

Mereka menggabungkan antibodi monoklonal khusus untuk antigen permukaan yang ada pada sel tumor tertentu dengan agen anti-kanker yang sangat kuat yang dihubungkan melalui penghubung kimia.

Meskipun ENHERTU telah digunakan sebagai pengobatan lini kedua, hasil yang disajikan dalam data dapat mendorong otoritas kesehatan untuk mulai merekomendasikannya untuk digunakan sebagai metode pengobatan awal.

“Hasil uji coba ini sangat bermakna secara klinis bagi pasien kanker payudara positif HER-2,” kata Dr. Sara Tolaney, Kepala Divisi Onkologi Payudara, Dana-Farber Cancer Institute, yang merupakan bagian dari tim peneliti, kepada ABC News.

Baca Juga: Innalilahi Wa Innailahi Rojiun, Penyanyi Lagu Populer Ini Ternyata Meninggal Dunia Setelah Berjuang Melawan Kanker Payudara Stadium 4

“Obat antibodi yang kuat ini, akan secara dramatis mengubah pengobatan untuk kanker payudara positif HER-2,” lapor ABC News (21/09/2021).

ENHERTU disetujui pada tahun 2019 oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk kanker payudara HER-2-positif yang tidak dapat dioperasi atau metastasis.

Source : Gridhealth

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest