Follow Us

Manfaat Menakjubkan dari Daun Kelor Ini Jarang Disadari oleh Banyak Orang, Padahal Negara Maju dari Eropa hingga AS Megincarnya

Ruhil Yumna - Jumat, 10 September 2021 | 08:15
Daun kelor
https://www.maxpixel.net/Shallow-Depth-Of-Field-Plant-Leaf-Green-3667524

Daun kelor

GridHype.ID - Daun kelor yang mudah ditemukan ternyata menyimpan sejut manfaat.

Tak perlu repot, daun kelor bisa kamu konsumsi dengan diolah sebagai sup atau dijadikan air rebusan.

Siapa yang menyangka daun kelor ini di negara luar dikenal sebagai superfood.

Bahkan akhir-akhir ini negara maju Eropa, Amerika Serikat hingga Timur Tengah mengincar daun kelor.

Tingginya minat pasar global pada superfood ini disampaikan pengusaha daun kelor beromzet miliaran rupiah asal Blora, Jawa Tengah, bernama Ai Dudi Krisnadi.

Sejak 2011, pria yang akrab disapa Kang Dudi ini mulai membudidayakan daun kelor sebagai produk pemberian makanan tambahan (PMT) untuk mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi di wilayah Blora dan Nusa Tenggara Timur.

“Kelor sudah digunakan di banyak negara yang menderita malnutrisi, stunting,

yang kemudian sudah lepas dari masalah itu. Kelor diakui WHO dan FAO mampu menangani malnutrisi,” jelas Dudi saat ditemui Kompas.com, di Puri Kelorina, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Sabtu (5/9/2021).

Baca Juga: Sayang untuk Dilewatkan, Ternyata Ini Manfaat Daun Kelor yang Kini Diburu Banyak Negara, Mulai dari Eropa sampai Amerika

Penemu Moringa Nutrition Lock Methods atau metode pengunci nutrisi kelor ini menyebutkan, tanaman kelor cocok ditanam di wilayah berlimpah sinar matahari, seperti Indonesia.

Namun, ia mewanti-wanti agar pengolahan bahan alami ini harus tepat agar kandungan nutrisinya konsisten dan tidak jadi bumerang untuk kesehatan.

Source : Nakita

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest