Follow Us

Dikira Masih Bersih, Padahal Spons Cuci Piring Tak Boleh Dipakai sampai Berbulan-bulan, Kalau Tak Mau Dampak Buruk Ini akan Mengintai Seisi Rumah

Helna Estalansa - Kamis, 09 September 2021 | 14:30
Spons cuci piring
Freepik

Spons cuci piring

GridHype.ID - Selain sabun cuci piring, spons menjadi benda yang dibutuhkan ketika kita mencuci piring.

Saat mencuci piring, spons memudahkan kita untuk membersihkan kotoran atau noda yang menempel pada piring, gelas, mangkok dan lainnya.

Karena sering digunakan untuk menyingkirkan noda dan kotoran, membuat spons cuci piring kotor dan menjadi sarang kuman dan bakteri.

Karena itu, spons cuci piring harus dibersihkan dan diganti dengan yang baru secara rutin untuk menghindari penumpakan kuman serta bakteri.

Jika tak rutin diganti, maka dampak buruk ini akan terjadi.

Melansir dari Today via Nakita.ID, pentingnya spons cuci piring dalam kesehatan telah dibuktikan oleh para peneliti di Jerman.

Tak disangka, dari penelitian tersebut, mereka menemukan bakteri menjijikan yang berhubungan dengan RG2 (jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit) pada spons cuci piring.

Yang mengejutkan lagi adalah, bakteri tersebut tetap berada di spons cuci piring yang telah dibersihkan dalam microwave atau air mendidih.

Baca Juga: Segera Buang Spons Cuci Piringmu yang Kotor! Pasalnya Benda Ini Jadi Biang Keladi Diare Akut! Ini Penjelasan Pakar

“Dari perspektif jangka panjang, metode sanitasi spons tampaknya tidak cukup efektif mengurangi jumlah bakteri pada spons, bahkan mungkin meningkatkan jumlah bakteri terkait RG2,” tulis para peneliti dalam makalah tersebut.

Dengan adanya bahaya tersebut, maka mereka pun menganjurkan untuk mengganti spons cuci piring setidaknya setiap minggu.

Source : Kompas.com, Nakita.ID

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest