Follow Us

Viral Klaim Bawang Putih Mampu Keluarkan Cairan dari Paru-paru Ternya Bisa Datangkan Bahaya, Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu

Puspita Rahayu - Kamis, 22 Juli 2021 | 16:30
Manfaat bawang putih
Pexels

Manfaat bawang putih

GridHype.id- Baru-baru ini ramai dibicarakan di media sosial perihal kemampuan bawang putih untuk mengeluarkan cairan dari dalam paru-paru.

Pesan tersebut dibagikan dalam bentuk video yang dibagikan oleh salah satu pengguna Facebook bernama Mirawati, pada Sabtu (17/7/2021).

Dikutip dari Kompas.com (21/7/2021), video tersebut menunjukan seorang yang tengah memasukan bawang putih ke dalam hidungnya.

Orang tersebut mengklaim bawang putih dapat mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Video tersebut juga dilengkapi dengan narasi sebagai berikut:

"Paru2 tak bisa memompa dan memasukkan oksigen karna dipenuhi cairan lendir yg kental.Jadi paru2 sulit untuk bekerja.Cara yg paling efektif mengeluarkan lendir dr paru2 sebenarnya mudah..Ambil 2 siung b putih masukan kehidung seperti vidio..Biarkn selama 15 - 20 mnt..mata terasa perih tak apa2 membersihkan kotoran mata..Setelah 15 - 20 mnt lepas b putih tadi..Nanti lendir banyak yg berada d paru2 keluar dr hidung..dpt dilakukan selang 2 jm sekali..biar paru2 terbebas dr lendir yg menggang pernafasan..tlng disebarkn agar yg sakit / belum tertular dr covid 19 terselamatkn...Aamiin".

Video tersebut hingga kini telah dibagikan lebih dari 1.000 kali.

Baca Juga: Bikin Geger, Video Masukkan Dua Bawang Putih Diletakkan di Lubang Hidung Diklaim Mampu Keluarkan Cairan dari Paru-paru dan Sembuhkan Covid-19, Pakar Angkat Bicara

Menanggapi video tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profespr Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH memberikan penjelasan.

Menurutnya, beredarnya informasi dalam video tersebut hanyalah hoax semata.

Pasalnya, hingga saat ini tidak ada bukti klinis mengenai hal tersebut.

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest