Follow Us

Gampang dan Gak Ribet, Cuma Lewat HP Kamu Bisa Cek Nama Penerima Bansos PKH dan BPNT yang Bakal Cair Awal Mei 2021

Dwi Purworahayu - Minggu, 02 Mei 2021 | 19:15
Cek dari HP penerima bansos bantuan pemerintah
Kemensos/Kompas.com

Cek dari HP penerima bansos bantuan pemerintah

GridHype.ID - Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai membuat pemerintah melakukan berbagai macam strategi untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia.

Salah satunya melalui bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat.

Melansir kompas.com, pencairan bantuan sosial (bansos) sendiri rencananya akan dipercepat pada awal Mei 2021 atau sebelum lebaran.

Baca Juga: Pemerintah Sunat THR PNS Tanpa Tunjangan Kinerja, Sri Mulyani Alokasikan Dana Untuk Program Kartu Prakerja dan BLT Masyarakat Miskin

Waktu pencairan yang berdekatan dengan penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) ini untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat.

"Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini (April) dan bulan depan (Mei) agar segera diterima masyarakat," ucap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Sementara itu, bagi penerima bansos PKH dan BPNT dapat mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek status mereka sebagai penerima bansos 2021.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Ingat Cek Penerimaan Bansos BST BPNT dan PKH, BCL Auto Salah Tingkah sampai Bakal Cair Awal Mei 2021

Seperti yang diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Mengutip tribunnews.com, PKH disalurkan setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap, yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021.

Penyaluran PKH melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest