Follow Us

Di Tengah Kabar Indonesia Alami Resesi Ekonomi, Pakar Finansial Bagikan Tips untuk Masyarakat Salah Satunya Miliki Dana Cadangan

Nabila N C, None - Rabu, 23 September 2020 | 18:00
Ilustrasi resesi ekonomi

Ilustrasi resesi ekonomi

GridHype.ID - Siap-siap, Indonesia bakal menghadapi resesi ekonomi.

Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020.

Hal Sri Mulyani sampaikan mengingat pertumbuhan ekonomi di kuartal III ini memungkinkan Indonesia mengalami kontraksi minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen.

Keseluruhan pertumbuhan ekonomi akhir tahun menurutnya juga akan berada pada kisaran minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen.

Baca Juga: Cinta Lama Belum Kelar, Iqbaal Ramadhan Tulis Pesan Romantis untuk Kekasihnya Zaman Sekolah, Bikin Hati Fansnya Ambyar

Dengan adanya hal tersebut maka pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV menurutnya juga akan negatif.

Adanya hal tersebut maka tak menutup kemungkinan resesi ekonomi di Indonesia akan segera terjadi.

Sebagai informasi, resesi adalah kondisi di mana terjadi penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Peneliti Center of Innovation and Digital Economy Indef, Nailul Huda mengatakan dampak yang mungkin saja timbul dari terjadinya resesi ekonomi.

Baca Juga: Sebulan Cerai dari Kiwil, Meggy Wulandari Mantap Dinikahi Duda, Ternyata Ini Identitas Suami Barunya

Ia menyebut jika salah satu dampak yang terjadi saat resesi ekonomi adalah meningkatnya jumlah pengangguran.

Banyaknya pengangguran muncul akibat produksi merosot seiring turunnya permintaan agregat masyarakat yang kemudian berdampak pada banyaknya usaha yang tutup maupun gulung tikar.

Source : Grid Hits

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest