Follow Us

Cabut PSBB Transisi, Pemprov DKI Jakarta Berlakukan PSBB Total Demi Antisipasi Kolapsnya Fasilitas Kesehatan

Nabila N C, None - Kamis, 10 September 2020 | 11:45
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan PSBB transisi di Jakarta dicabut dan dikembalikan seperti Maret lalu, Rabu (9/9/2020).
Tangkapan layar dari akun Youtube Pemprov DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan PSBB transisi di Jakarta dicabut dan dikembalikan seperti Maret lalu, Rabu (9/9/2020).

GridHype.ID - Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk menarik rem darurat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini dilakukan mengingat angka infeksi virus corona di DKI Jakarta yang masih saja terus meningkat.

Dengan demikian, penerapan PSBB transisi di Jakarta pun dicabut dan PSBB total kembali diterapkan pada Senin, 14 September mendatang.

Kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan sejumlah faktor seperti ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tingkat kematian yang tinggi.

Baca Juga: Dulu Jadi Bintang Cilik yang Mendunia, Kabar Kabar Pemeran Boboho Kini Memprihatinkan, Terjerat Hutang Hingga Harus Berjualan Es Krim

"Tidak ada banyak pilihan bagi Jakarta kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin," kata Anies dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Pemprov DKI, Rabu (9/9/2020).

Persiapan dan kolaborasi daerah penyangga

Menanggapi keputusan ini, epidemiolog Indonesia di Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, potensi kolapsnya fasilitas kesehatan seperti rumah sakit rujukan memang menjadi indikator yang kuat sebagai alasan rem darurat yang diambil Anies.

"Beberapa hari terakhir, sudah 70 persen. Apalagi kalau mendekati 90 persen, di atas 80 persen sudah sangat rawan dan sangat serius apalagi 90 persen," katanya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/9/2020) malam.

Baca Juga: Putri Sulung Nikita Mirzani Beranjak Remaja, Pesona Cantik Sang Putri Curi Perhatian Saat Sesi Pemotretan

PSBB total menjadi pilihan yang dilakukan sebagai rem darurat ini.

Namun, Dicky mengingatkan, belajar dari PSBB sebelumnya, kebijakan ini harus dipersiapkan sangat matang.

Source : KOMPAS.com

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest