Follow Us

Disegani oleh Dunia Internasional, Amukan Presiden Soekarno Pada Negeri Jiran Sempat Nyaris Sulut Perang Dunia III, Hingga Buat Malaysia Tak Berkutik, Minta Bantuan Inggris, Australia dan Selandia Baru

None - Kamis, 30 Juli 2020 | 09:45
Soekarno
Instagram @dewisukarnoofficial

Soekarno

GridHype.ID -

Masa pemerintahan era Presiden Soekarno menyisakan banyak cerita menarik.

Banyak yang menyebut jika di masa itu Indonesia memang sangat disegani oleh dunia Internasional.

Bahkan siapa sangka Indonesia sempat nyaris memulai Perang Dunia III, andaikan tidak dihentikan oleh Jenderal Soeharto kala itu.

Baca Juga: Sempat Jalin Hubungan Asmara dengan Artis Berondong, Yuni Shara Sebut Jika Raffi Ahmad Tipikal Orang yang Posesif: Aku Enggak Kontakan Sama Temen Cowok

Semuanya berawal dari situasi yang memanas antara Indonesia dan Malaysia.

Melansir Tribun Jambi, sejarah mencatat saat itu Bung Karno pernah marah besar sehingga melampiaskan amukannya pada Malaysia.

Tahun 1964/1965, Bung Karno menggelorakan semangat revolusioner bangsa Indonesia ke dalam konfrontasi yang akhirnya mengguncang dunia.

Konfrontrasi itu dikenal dengan operasi "Ganyang Malaysia".

Pengaruh konfrontasi itu sudah menimbulkan korban jiwa, tak hanya antara Indonesia-Malaysia tetapi sampai kancah politik dan stabilitas Internasional.

Infiltrasi militer dan gerilya ke wilayah Malaysia langsung membuatnya mengaktifkan sebagai negara persemakmuran seperti Inggris, Australia, Selandia Baru, dan India.

Source : Intisari

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest