Follow Us

56 Hari Tak Laporkan Kasus Baru, Beijing Kalang Kabut dengan Munculnya Klaster Baru Covid-19 Sampai WHO Turun Tangan

Nabila N C, None - Rabu, 17 Juni 2020 | 14:30
Bak Petir di Siang Bolong, Muncul Ratusan Kasus Baru Corona di Beijing Setelah 2 Bulan Tanpa Penambahan,
via Kompas.com

Bak Petir di Siang Bolong, Muncul Ratusan Kasus Baru Corona di Beijing Setelah 2 Bulan Tanpa Penambahan,

GridHype.ID - Kota Beijing, China dikejutkan dengan penemuan ratusan kasus baru virus corona.

Bahkan, pemerintah Kota Beijing menggambarkan keadaan di tempatnya kacau akibat munculnya klaster baru Covid-19 ini.

Padahal sebelumnya, Beijing tidak melaporkan adanya kasus baru selama 56 hari berturut-turut hingga sebuah klaster baru diidentifikasi, Kamis (11/6/2020).

Pada hari Sabtu (13/6/2020), Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) pun mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa seluruh kasus baru yang diidentifikasi telah diisolasi dan tengah dirawat.

Baca Juga: Ngakunya Nggak Kepo Urusan Privasi, Nagita Slavina Tiba-tiba Marah Saat sang Suami Ambil Ponselnya, Kenapa?

Selain itu, penelusuran kontak dan pengurutan genetik dari sampel juga tengah dilakukan untuk memahami lebih lanjut sumber klaster dan hubungan antar kasus.

Direktur Eksekutif Program Darurat WHO, Dr Mike Ryan mengatakan, penting mencari faktor-faktor risiko spesifik, situasi, perilaku, dan konteks, dimana penularan telah terjadi di klaster-klaster tersebut, untuk mencegah terjadinya wabah yang lebih luas.

Mengutip CNBC, (15/06), Kepala Unit Penyakit dan Zoonosis WHO, Dr Maria Van Kerkhove mendesak kewenangan kesehatan untuk tetap waspada dengan banyaknya negara yang menghadapi kemunculan kasus-kasus baru virus corona.

Baca Juga: Tradisi Ubasute, Ketika Sang Anak Membuang Orangtuanya di Hutan dan Dibiarkan Mati

"Seluruh negara harus tetap siap. Jadi, sangat penting bagi negara-negara untuk memiliki sistem yang dapat mengidentifikasi kasus terduga dengan cepat dan melakukan pemeriksaan," kata Verkhove.

Pihaknya meminta negara-negara untuk memastikan tes, isolasi, penelusuran kontak, dan karantina agar kemunculan kasus-kasus baru dapat dikendalikan dengan cepat.

"Semua negara harus bersiap dengan episenter itu dan mencegah kemungkinan menjadi tempat selanjutnya bagi kasus-kasus baru untuk muncul," tambahnya.

Source : Grid Star

Editor : Linda Fitria

Baca Lainnya

Latest