Follow Us

Punya Lahan Kosong tapi Bingung Cara Memanfaatkannya? Mungkin Langkah Ini Jadi Solusinya

Nailul Iffah - Jumat, 24 April 2020 | 12:10
Memanfaatkanahan kosong

Memanfaatkanahan kosong

GridHype.ID - Seringkali kita kebingungan saat ingin mengelola lahan kosong. Padahal lahan kosong memiliki banyak fungsi dan manfaat. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara memanfaatkan lahan kosong, mungkin Nara Kupu Village bisa jadi solusinya.

Baca Juga: 5 Tips Ajarkan Puasa Ramadan agar Si Kecil Kuat Seharian! Karena Nara Kupu Village sebagai salah satu proyek yang mempertemukan dan menghubungkan kebutuhan para stakeholder dan komunitas juva masyarakat sekitar NKV. Hal tersebut juga dijelaskan langsung oleh Ir Hendyanto, salah satu senior member Tananegeri Project. Proyek ini memfokuskan pada penciptaan kawasan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan. Mulai dari program pembelajaran, pengembangan agrikultur, pengolahan dan produksi pemasaran.

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Selama Puasa Ramadhan agar Berat Badanmu Bisa Ideal Pengelolaan lahan Nara Kupu Village (NKV) di atas lahan +/- 3 ha di wilayah Sawangan, Depok, Jawa Barat. Tepatnya berada di Jl Garuda 4, desa Kekupu, kelurahan Pasir Putih, kecamatan Sawangan, kotamadya Depok, Jawa Barat. Berjarak sekitar 50 menit perjalanan darat dari kota Jakarta.

Cara memanfaatkan lahan kosong

Cara memanfaatkan lahan kosong

Berbasis lingkungan, dengan memperhatikan ekonomi berkelanjutan dan upaya pemberdayaan sosial warga sekitar. Sehingga terjadi ekosistem sosial ekonomi NKV dan sekitarnya. Konsep pengelolaan di bawah proyek Tananegeri, di arahkan untuk mempertahankan kelangsungan ekonomi berbasis UMKM.

Baca Juga: Resmi, Larang Mudik Berlaku 24 April, Pesawat Komersil Tak Lagi Layani Penumpang Pengembangan komunitas masyarakat sekitar dengan melaksanakan beberapa program sebagai berikut. Pendidikan Mendidik pemuda untuk memiliki ketrampilan pertanian organik, peduli lingkungan hidup. Didukung pelatihan-pelatihan serta perpustakaan Logos Regia yg telah berdiri di dlm NKV. Agrikultur Selain tanaman sayur mayur, buah-buahan untuk kebutuhan kota Jakarta, juga dikembangkan peternakan ayam dan budidaya ikan untuk menopang kebutuhan resto dan hotel di Jakarta kelak. Pemberdayaan Komunitas Warga sekitar yang berprofesi petani, peternakan yang berminat akan diajak bekerjasama dengan NKV. Ekoturisme NKV juga dikembangkan menjadi pusat kunjungan warga terbatas untuk wisata agro. Memberi makan rusa, belajar mandiri di perpustakaan dan makan makanan sehat di resto kebun NKV. Digital Market Di komunitas NKV akan tercipta pasar di antara stakeholder UMKM. Mulai dari supply bibit, penanaman berbasis organik sampai dengan penjualan lldan mempertemukan pembeli dari Jakarta berbasis digital.

Baca Juga: Asal-asalan, Ariel Noah Nekat Potong Rambut Pakai Gunting Mie Instan, Begini Penampilan Barunya Lanjut Hendi, proyek-proyek seperti ini akan dikembangkan di wilayah-wilayah sub urban di seluruh Indonesia dan hal ini lebih dikenal dgn istilah Intervention Social Urban Architecture berbasis UMKM. (*)

Editor : Hype

Latest