Follow Us

Mundur Sehari, Gelombang 2 Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Berikut Caranya!

None - Selasa, 21 April 2020 | 18:35
Kartu Prakerja
kompas.com

Kartu Prakerja

GridHype.ID - Selasa ini (21/4/2020) pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua resmi dibuka.

Awalnya geleombang kedua akan dibuka pada Senin (20/4/2020) kemarin.

Rupanya gelombang kedua mundur lantaran pihak Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja masih dalam proses verifikasi data penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang pertama.

Baca Juga: Dilematis, Benarkah Makanan Bisa Tularkan Virus Corona ke Manusia? Simak Penjelasan dari Ahli Berikut!

"Gelombang kedua jadinya besok (hari ini-red), karena kami masih dalam proses mengolah data untuk gelombang pertama," ujar Panji Winanteya Ruky karena pihaknya dalam video conference, Senin.

Hingga Kamis lalu, terdapat 5,96 juta orang yang telah melakukan registrasi program kartu prakerja dengan 4,42 yang sudah melalui tahap verifikasi e-mail.

Dari data tersebut, dari 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem untuk bergabung sebagai peserta gelombang pertama program Kartu Prakerja.

Seiring dengan itu, pengumuman peserta yang diterima dalam program Kartu Prakerja gelombang pertama pun ikut mundur.

Panji menegaskan, mundurnya pengumuman tersebut lantaran proses verifikasi yang dilakukan manajemen dilakukan secara lebih hati-hati.

Hal itu dilakukan untuk memastikan, penerima manfaat benar-benar orang yang membutuhkan bantuan pemerintah yang masing-masing sebesar Rp 1 juta untuk insentif pelatihan, Rp 2,4 juta berupa insentif seusai pelatihan dan insentif paska survei yang sebesar Rp 150.000.

"Jadi pengumuman gelombang pertama diundur, mengambil langkah ekstra untuk verifikasi karena concern utama kami supaya bantuan benar-benar diterima oleh orang yang butuh," ujar dia.

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest