Follow Us

Muda dan Bertalenta, Siapa Sangka 4 Artis ini Ternyata Survivor Kanker dan Tumor, Salah Satunya Bahkan Sudah Jalani Pengobatan Sejak Duduk di Bangku SMA

Ngesti Sekar Dewi - Senin, 20 Januari 2020 | 16:00
Muda dan Bertalenta, Siapa Sangka 4 Artis ini Ternyata Survivor Kanker dan Tumor, Salah Satunya Bahkan Sudah Jalani Pengobatan Sejak Duduk di Bangku SMA
Kolase Gridhype.id

Gridhype.id - Siapa yang berisiko terkena kanker atau tumor? Jawabannya semua orang bisa terkena.

Karenanya kita beberapa waktu lalu dibuat sedih juga kaget atas kepergian almarhum Ria Irawan, dan sebelumnya Vidi Aldiano yang didiagnosis menderita kanker pada ginjalnya.

Untuk diketahui, kanker terbentuk karena adanya perubahan kromosom atau gen di dalam sel yang tidak dikehui penyebab pastinya.

Baca Juga: Ketika Ribuan Burung Hitam Terjatuh dalam Keadaan Mati, Banyak yang Menghubungkannya dengan Kiamat, Namun Ternyata ini yang Jadi Penyebabnya

Hanya, beberapa pendapat mengatakan salah satunya dipicu dari paparan radiasi bahan kimia yang membuat kromosom berubah. Nah, kalau sudah berubah tidak bisa diperbaiki kembali.

"Sehingga semua kanker secara umum tidak bisa sembuh total, akan ada masanya sehingga setiap kanker itu pengobatan hanya remisi atau mengurangi. Hilang apda saat itu bukan dikatakan sembuh tapi disebut remisi," jelas dokter Spesialis Hematologi Onkologi, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, M.Epid.

Dokter yang berpraktik di RSCM itu menyebut, jika sudah dianggap hilang, maka perlu dilakukan monitoring untuk melihat kembali atau tidaknya sel kanker.

Monitoring bisanya dilakukan 6 bulan pertama dengan CT Scan, selanjutnya satu tahun, berikutnya 2 tahun dan seterusnya hingga maksimal 5 tahun.

Baca Juga: Masih Ingat dengan Ponari si Dukun Cilik dan Batu Ajaibnya, Kabarnya Akan Segera Menikah, Sang Kekasih Awalnya Tak Tahu Sosok Ponari

"Biasanya sampai 5 tahun setelah itu ada beberapa yang tidak perlu dilihat lagi. Barangngnya (kankernya) kecil, ada 5 tahun nggak muncul, kadang 9 tahun, 10 tahun ada juga yang muncul lagi," ungkapnya.

Sementara, Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp PD-KHOM selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) menjelaskan bahwa pengobatan kanker tidak menjamin kesembuhan 100%, terutama bagi pasien yang baru didiagnosis kanker pada stadium akhir.

Tidak jarang pasien yang telah menjalani pengobatan mendapati kankernya kambuh kembali setelah beberapa tahun berlalu.

Source : cewekbanget.com, Gridhealth.id

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest