Follow Us

Kebiasaan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik ini Sering Dianggap Sepele, Padahal Bisa Sangat Berbahaya

None - Senin, 23 September 2019 | 18:00
Sering Dilakukan, Kesalahan Besar Pengemudi Mobil Matik ini Justru Fatal!
Otomotif

Sering Dilakukan, Kesalahan Besar Pengemudi Mobil Matik ini Justru Fatal!

GridHype.ID – Mobil matik memang lebih mudah dikendarai dibandingkan dengan mobil manual yang harus mengoper gigi.

Meski demikian masih ada beberapa kesalahan besar pengemudi mobil matik yang sering disepelekan.

Salah satu yang paling disepelekan adalah membiarkan transmisi pada posisi D (drive) saat berhenti lama, tanpa disadari kondisi ini sangat berbahaya bila sering dilakukan.

Baca Juga: Mantan Pemain Film Dewasa ini Akui Kekayaannya Capai Rp 49 Miliar Setelah Keluar dari Industru Film Panas, Ternyata ini Sumbernya

"Yang paling sering terjadi saat berhenti lama, orang lebih suka membiarkan posisi tuas pada posisi D dan menahan pakai rem agar mobil tidak bergerak. Hal ini sangat salah, karena membuat transmisi bekerja ekstra di saat suplai udara terbatas, yang membuat kualitas pelumas juga cepat berkurang," ucap Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI) saat dihubungi Otomania, Rabu (20/1) dua tahun yang lalu.

Menurutnya, saat mobil berhenti tapi tuas dibiarkan pada posisi D maka hubungan antara mesin dan transmisi tetap berjalan meski sudah tertahan rem.

Karena terhubung, transmisi pun akan terus bekerja pada torque converter, padahal saat mobil diam tidak banyak asupan udara segar yang membuat kondisi oli transmisi harus bekerja ekstra di suhu yang panas.

Baca Juga: Wanita ini Terkejut Saat Dapati Darah di Tubuhnya Berubah Menjadi Biru, Ternyata Berawal dari Obat Sakit Gigi

"Bukan hanya itu, kerugian lain juga membuat konsumis bahan bakar terus berjalan karena mesin dan transmisi masih terkoneksi, akibatnya timbul keborosan. Bahkan juga berpengaruh pada usia pakai kampas rem yang cepat habis karena harus menahan laju kendaraan," paparnya.

Oleh karena itu, biasakan memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat mobil berhenti lama, baik saat lampu merah atau ketika menunggu dikemacetan.

Jangan biarkan tuas terus berada di posisi D terlalu lama ketika berhenti.

Source : intisari online

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest