Doa Harian Agar Diberi Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Serahkan pada Allah SWT

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:00
unsplash.com

doa harian agar dapat menghadapi masalah

Gridhype.id-Berikut adalah kumpulan doa yang bisa diamalkan saat menghadapi masalah dalam hidup.

Sebagai manusia biasa tentu kita bisa lepas dari masalah yang datang silih berganti, maka amalkanlah doa harian ini agar mendapat kekuatan untuk menghadapinya.

Dengan mengamalkan kumpulan doa ini, maka masalah yang sulit akan dapat dilalui dengan baik.

Doa agar diberi jalan keluar dari masalah akan membantu umat Muslim untuk tetap tabah dan sabar ketika kehidupannya tengah diuji dengan berbagai problematika yang biasanya akan menguras tenaga, baik emosi maupun fisik.

Dengan berdoa meminta pertolongan kepada Allah Swt kita berharap agar diberi petunjuk dan kesabaran untuk menghadapi rintangan hidup yang memang akan terus muncul hingga ajal menjemput.

Melalui doa, sebenarnya kita sedang memohon pertolongan dari Allah Swt yang pastinya bisa membantu hamba-Nya untuk menghadapi dan melewati setiap masalah yang ada.

Masalah akan selalu muncul dalam kehidupan manusia, sehingga mau tidak mau kita harus selalu siap untuk kedatangannya yang tidak bisa diprediksi.

Pada dasarnya kita tidak perlu takut untuk menghadapi berbagai masalah karena itu adalah salah satu proses yang akan membuat kehidupan menjadi jauh lebih baik dan bermakna.

Masalah yang muncul dapat dijadikan motivasi dan pembelajaran yang bisa membuat karakter serta pemikiran kita menjadi jauh lebih berkembang agar tidak berada terus di titik kehidupan yang sama.

Selain melalui ikhtiar, setiap masalah yang sedang dihadapi juga bisa dicari jalan keluarnya dengan cara memanjatkan doa kepada Allah Swt.

Meminta pertolongan kepada Allah Swt dengan cara berdoa akan mempermudah kita untuk segera keluar dari permasalahan yang membelenggu.

Apa saja doa agar diberi jalan keluar dari masalah? Berikut doa yang bisa kamu panjatkan untuk mempermudah menyelesaikan setiap masalah.

Baca Juga: Doa Harian untuk Pengangguran, Ini Dia Bacaan Doa agar Cepat Mendapat Pekerjaan, Amalkan Sekarang Juga!

Doa Agar Diberi Jalan Keluar dari Masalah

1. Dimudahkan Segala Urusan dan Masalah

اللهم لا سهل إلا ما جعلته سهلا، وأنت تجعل الحزن إذا شئت سهلاً.

Allahumma laa sahla illaa maa ja'alatahu sahla, wa anta taj'alul hazana idzaa syi'ta sahlaa

Artinya: “Ya Allah, tak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah dan Engkau membuat kesedihan jika Engkau kehendaki menjadi mudah.”

2. Mendapatkan Rezeki

اَللَّهُمَّ اِنِّي أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنَى رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ

عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma inii as’aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli sya'in qadiir

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu supaya Engkau limpahkan rezeki kepadaku rezeki yang halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

3. Pelunas Utang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَفِتْنَةِ الْمَمَاتِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahumma inni a'uudzubika min ‘adzaabil qabri wa a’uudzubika min fitnatil masiihid dajjaali wa a’uudzubika min fitnatil mahyaa wa fitnatil mamaati, allahumma inni a’uudzubika mina'ma'tsami wal maghrami

Artinya: “Ya Allah, hamba berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan hamba berlindung kepada-Mu dari fitnah Al Masihid Dajjal, dan hamba berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian. Ya Allah, hamba berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan utang.”

Baca Juga: Doa Harian agar Terhindar dari Gangguan Jin, Inilah Doa yang Bisa Kamu Baca saat Tempati Rumah baru

4. Doa Nabi Yunus Saat Diberi Ujian

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya hamba adalah termasuk orang-orang yang dzalim.”

Semoga doa-doa ini bisa menjadi jalan dan ikhtiar yang bisa dilakukan untuk mencoba mencari jalan keluar ketika masalah datang menerpa.

Artikel ini telah tayang dikompas.comdengan judulKumpulan Doa Agar Diberi Jalan Keluar dari Masalah

Baca Juga: Doa Harian, Inilah Doa agar Cuaca Cerah, Cocok Buat Kamu yang Ingin Adakan Hajatan

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya