Doa Harian agar Terhindar dari Gangguan Jin, Inilah Doa yang Bisa Kamu Baca saat Tempati Rumah baru

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00
Pixabay.com/ Pexels

Ilustrasi rumah

GridHype.ID -Doa harian berikut ini akan membagikan bacaan doa ketika menempati rumah baru.

Doa harian ini berguna agar terhindar dari gangguan jin.

Karena itulah, mari kita simak doa harian menempati rumah baru berikut ini.

Doa menempati rumah baru merupakan aturan tertulis yang harus diucapkan saat pindah ke rumah baru.

kepercayaan masyarakat mengenai rumah adalah tidak boleh pindah rumah sembarangan, ada aturan untuk menghindari bahaya dan untuk rejeki selalu menemani keluarga di tempat baru.

Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa pindah ke rumah baru memiliki aturan tertentu.

Salah satunya mengucap syukur mengikuti pengajian sambil mendoakan rumah baru.

Tujuannya agar tidak keluar rumah atau tempat yang baru didiami untuk mendapatkan berkah dan selamat dari gangguan jin.

Untuk itu simak doa menempati rumah baru dan adab pindah rumah.

Agar rumah atau tempat yang baru dihuni mendapatkan keberkahan dan aman dari gangguan jin, sebagian ulama menganjurkan kita untuk melakukan amalan sebagai berikut:

1. Membaca Surat Al-Fatihah 3 kali

Baca Juga: Doa Harian, Inilah Doa agar Cuaca Cerah, Cocok Buat Kamu yang Ingin Adakan Hajatan

2. Kemudian membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29 sebagai berikut:

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

Artinya : “Bila kau dan pengikutmu sudah di atas kapal maka katakanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.’ Katakanlah, ‘Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.’”

3. Kemudian membaca doa sebagai berikut sebanyak 3 kali:

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خَالِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخَافُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هٰذَا خَيْرًا وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil ḫût, wa sayyaral fulka li man syâ-a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril biḫâri, wa dzarrâtir rimâl. Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh. Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muḫammadin wa âlihi wa shaḫbih wa sallim

Artinya:

“Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Doa menempati rumah baru dimaksudkan agar penghuninya selamat dari bahaya dan gangguan makhluk halus.

Sebagian orang percaya bahwa rumah baru, apalagi yang kosong, biasanya menjadi tempat tinggal makhluk gaib.

Untuk itu, sebagai penghuni, kamu dianjurkan untuk mengamalkan salat saat menempati rumah baru.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul "Bacaan Doa Ketika Menempati Rumah Baru Agar Terhindar Gangguan Jin"

Baca Juga: Doa Harian Saat Menempati Rumah Baru, Minta Keberkahan pada Allah SWT

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunJogja.com

Baca Lainnya