Tips Kesehatan, Penderita Asam Lambung Wajib Catat, Ternyata Begini Cara Sehat Berpuasa yang Bisa Kamu Jalani

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:30
Freepik

Ilustrasi puasa

GridHype.ID -Tips kesehatan kali ini cocok buat kamu penderita asam lambung.

Sebab, tips kesehatan ini akan membagikan sederet tips berpuasa yang sehat bagi penderita asam lambung.

Penasaran seperti apa tipsnya? Mari kita simak bersama tips kesehatan berikut ini.

Diketahui Puasa Ramadhan 2023 akan kembali menyapa umat muslim di seluruh dunia.

Amalan Puasa merupakan salah satu ibadah bagi umat Muslim yang mampu dan telah baligh.

Amalan Puasa terdiri dari Amalan Puasa Wajib dan Amalan Puasa Sunnah.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu Amalan Puasa Wajib.

Jelang Ramadan 2023, berikut tips-tips Amalan Puasa.

Sakit maag tentu menimbulkan ketidaknyamanan dalam menjalankan ibadah puasa dan kerap kali menjadi suatu kekhawatiran bagi penderit asam lambung.

Kendati demikian bukan berarti kamu yang memiliki riwayat sakit maag tidak dapat menjalankan ibadah puasa secara maksimal.

Berikut beberapa tips agar lancar berpuasa bagi penderita sakit maag atau asam lambung menurut dr Saddam Ismail, di antaranya:

Baca Juga: Tips Kesehatan, Jangan Panik Kalau Tak Ada Obat, Mending Lakukan Hal Ini untuk Atasi Asam Lambung Naik

Makan dalam Porsi Kecil

Rasa lapar saat menjalankan ibadah puasa memang tidak dapat dihindarkan, tak jarang saat berbuka puasa banyak yang 'balas dendam' dengan mengonsumsi banyak makanan.

Padahal hal tersebut tidaklah benar, karena dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Saat lambung penuh dibutuhkan waktu yang lama untuk mencerna atau mengolah makanan, itulah mengapa asam lambung menjadi kambuh.

Kamu penderita sakit maag sangat disarankan untuk makan saat buka maupun sahur dalam porsi yang sewajarnya, sedikit-sedikit namun sering.

Makan Secara Perlahan

Meski lapar akibat menahan makan dan minum seharian penuh, bukan berarti kamudapat mengonsumsi makanan dengan buru-buru.

Saat berbuka maupun sahur konsumsi makanan secara perlahan, kunyah dengan lama agar makanan benar-benar hancur dan mudah dicerna.

Lambung yang kosong tiba-tiba diisi dengan makanan yang tidak halus akan memberatkan kerja lambung.

Selain itu makanan yang tidak dikunyah dengan halus dapat memicu naiknya asam lambung.

Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Baca Juga: Tips Kesehatan, Cuma Modal Buah, Begini Cara Enak Turunkan Asam Lambung dalam Waktu Singkat

Selain memperhatikan cara mengonsumsi makanan, jenis makanan juga harus diperhatikan agar tetap lancar menjalani ibadah puasa bagi para penderita maag.

Hindari makanan pedas, berlemak, bersantan, dan makanan yang sifatnya asam karena dapat memicu asam lambung naik saat sedang berpuasa.

Selain itu, hindari pula minuman berkafein seperti teh, kopi, dan minuman bersoda, serta hindari makanan dan minuman manis.

Jangan Langsung Tidur selesai Makan

Banyak yang melakukan hal ini, khususnya di waktu sahur. Saat selesai makan disarankan untuk menunggu selama dua hingga tiga jam jika ingin tidur.

Langsung tidur selesai makan dapat membuat otot sfingter esofagus yang menghubungkan esofagus dan lambung melemah, hingga memicu asam lambung melonjak naik.

Tinggikan Kepala saat Tidur

Jika selama berpuasa asam lambung kerap kali kumat, kamubisa mengubah posisi tidur dengan cara meninggikan kepala dan badan saat tidur.

Hal ini bertujuan agar asam lambung tidak naik. Lakukan posisi ini sesering mungkin saat sedang tidur, dengan begitu asam lambung akan aman terkendali.

Tidak Melewati Waktu Sahur

Sahur sangat penting untuk memberikan energi saat kamumenjalankan ibadan puasa seharian, sehingga jangan pernah lewatkan waktu sahur.

Baca Juga: Tips Kesehatan, Jangan sampai Telat Tahu, Inilah Jadwal Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Catat Sekarang Juga!

Jika kamupenderita asam lambung dan mengabaikan waktu sahur, perut akan lebih lama kosong dan cenderung memudahkan penyakit ini untuk kambuh.

Segera Berbuka jika Sudah Waktunya

Saat sudah waktunya untuk berbuka segera batalkan puasa.

Minum maupun makan dengan porsi kecil terlebih dahulu, hal ini untuk membuat perut tidak terlalu lama kosong dan memicu asam lambung naik.

Gunakan Pakaian yang Longgar

Maksudnya yakni gunakan celana yang longgar, tidak terlalu ketat di bagian perut karena dapat menekan perut yang akhirnya memicu asam lambung naik ke atas.

Biasakan untuk melonggarkan pakaian khususnya saat sedang makan.

Konsultasi ke Dokter

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan namun asam lambung masih sering kali kambuh, coba berkonsultasi dengan dokter, terlebih jika riwayat asam lambung yang kamuderita cukup parah.

Dokter akan memberikan terapi ataupun pengobatan, serta edukasi untuk menangani keluhan sakit asam lambung yang kamuderita.

Artikel ini telah tayang di TribunPalu.com dengan judul "Tips Amalan Puasa! Cara Berpuasa yang Sehat bagi Penderita Asam Lambung"

Baca Juga: Tips Kesehatan, Bukannya Sehat Malah Makin Parah, 4 Sayuran Ini Ternyata Jadi Pemicu Asam Lambung Naik

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunPalu.com

Baca Lainnya