5 Alasan Kucing Memberontak Saat Dimandikan, Ternyata Ini Fakta yang Tak Banyak Diketahui Pemiliknya

Kamis, 12 Januari 2023 | 20:30
Charles Barilleaux

Kucing

Gridhype.id-Memelihara kucing menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang.

Merawat dan memperhatikan gerak-gerik kucing peliharaan bahkan menjadi kegiatan yang sangat disukai.

Ada banyak kebiasaan kucing yang justru tidak dipahami oleh pemiliknya, salah satunya soal kebiasaan mandi.

Kucing yang dimandikan biasanya akan memberontak seolah takut dengan air.

Sebenarnya, apa yang terjadi?

Ada beberapakucing membenci air, tetapi senang bermain dengan keran air yang mengalir, bahkan minum dari keran dapur.

Eve Elektra Cohen, dokter hewan dari organisasi penampungan dan penyelamatan hewan peliharaan Bideawee, mengatakan daya tariknya kemungkinan lebih pada pergerakan air, suara yang ditimbulkannya, dan cahaya yang memantul darinya. Hal ini menstimulasi dorongan memangsa kucing yang kuat.

Pakar lain berpikir kucing telah berevolusi dan lebih memilih air keran yang bersih dan aman daripada air tergenang di alam.

Nah, untuk mendapatkan jawaban jelas, para dokter hewan membagikanpenyebab kucing membenci airdikutip dariReader's Digest,Rabu (11/1/2023).

Air Membuat Bulu Kucing Terasa Menjijikan

Kucing penasaran yang jatuh ke dalam bak mandi busa atau terjebak di luar saat hujan mungkin akan menghindari air selama sisa hidupnya.

"Ketika basah, bulu kucing menjadi lebih berat, dingin, dan tidak nyaman. Bulu kucing juga membutuhkan waktu lama untuk mengering dengan sendirinya," kata Cohen.

Baca Juga: Pantas Jadi Favorit Sejuta Umat, Ternyata Ini Alasan Manusia Menyukai Kucing, Ada Manfaat Tak Terduga untuk Kesehatan

Aspek ketidaknyamanan lainnya adalah kucing adalah makhluk yang cepat, gesit, ringan, mahir melompat, dan menyeimbangkan diri.

Di dalam air, kucing merasa kehilangan kendali karena bulu basah bisa memperlambat gerakannya.

Hanya satu pengalaman negatif dapat membuat kucing membenci air untuk selamanya.

Lebih Suka Mandi di Bawah Sinar Matahari Daripada dalam Air

Kucing yang suka dipeluk adalah keturunan Felis silvestris lybica, kucing liar kecil yang hidup di lingkungan gurun yang kering di Timur Tengah.

Karena sumber air di sana terbatas, kucing tidak suka bermain-main di air, melainkan menjaga kaki dan bulunya tetap kering dan berjemur di bawah langit gurun.

Menjemur di bawah matahari kemungkinan kebiasaan yang diturunkan kekucing peliharaanmodern yang saat ini senang berbaring di tempat cerah saat tidur.

Curiosity.com via Intisari Online
Curiosity.com via Intisari Online

kucing

Kucing Takut pada Hal yang Tidak Diketahui

Kucing bukan penggemar berat hal-hal asing dan tidak terbiasa dengan badan air yang lebih besar daripada tempat air sehingga melihat bak mandi atau kolam renang bisa menjadi hal cukup menakutkan. Ini pula yang menjadi penyebab kucing membenci air.

"Seperti hal lain yang tidak dikenal, reaksi awalnya mungkin berupa rasa takut," ucap Jennifer Kasten, dokter hewan dari Tomlyn Veterinary Science.

Reaksi ketakutan ini dapat diperburuk jika pemilik telah menggunakan pistol semprot atau botol semprot untuk mencegah kucing berada di permukaan seperti furnitur atau meja dapur.

Kucing Tidak Minum Banyak Air

Baca Juga: Ziarah ke Makam Eril, Ridwan Kamil Akui Selalu Bertemu Makhluk Kecil Ini: Entah Kenapa Selalu Muncul...

Meskip indra penciuman kucing 14 kali lebih tajam daripada manusia, Zac Pilossoph, dokter hewan konsultan dari Healthy Paws Pet Insurance, mengatakan tidak mungkin kucing peliharaan tidak tertarik dengan bau air, baik untuk minum atau mandi.

Kurangnya minat tersebut dapat ditelusuri kembali ke nenek moyang kucing. Di alam, kucing mendapatkan sebagian besar air yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang dikonsumsi.

Kucing tidak terlalu tertarik pada air terbuka, kecuali mengalami dehidrasi. "Ada teori mengatakan alasan kucing peliharaan minum air karena dehidrasi dan makanannya tidak memasok air sehingga perlu minum sedikit," ucap Pilossoph.

Tak heran, ini menjadi penyebab kucing membenci air dan kebutuhan air kucing dapat diperoleh dari makanan basah kalengan.

Tidak Menyukai Air

Kucing takut airsudah menjadi sifat alaminya. Kucing bukan spesies yang menyukai air dan berevolusi di iklim kering dengan sedikit paparan terhadap sungai serta danau.

Namun, tidak semua kucing melarikan diri dari air ketika mendengar bak mandi terisi air, bahkan beberapa ras kucing suka berenang dan bermain di dalamnya.

Beberapa ras kucing yang menyukai air juga cocok bermain bersama anjing seperti Abyssinian, Turkish van, Maine coon, Kucing hutan Norwegia, Bengal, dan American shorthair.

Ras kucing ini memiliki tekstur bulu berbeda yang membuatnya lebih tahan terhadap air sehingga tidak mengalami ketidaknyamanan dan benar-benar menikmati air.

Belum Terbiasa

Terakhir, penyebab kucing membenci air adalah belum terbiasa. Jika memiliki anak kucing, ambil langkah-langkah membantunya lebih nyaman di sekitar air.

"Untuk anak kucing, waktu paling mudah dipengaruhi dalam kehidupan adalah antara tiga dan 16 minggu kehidupan," imbuh Kasten.

Baca Juga: Aneka Tips Hari Ini, Gampang-gampang Susah untuk Dihilangkan, Ini Cara Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Pakaian

Itu adalah waktu ideal bagi orang tua kucing untuk mengekspos anak kucing mereka ke air dengan menggunakan camilan atau mainan sebagai penguatan positif.

Selain itu, ajari kucing tua merasa nyaman di sekitar air. "Kucing yang lebih tua juga dapat dikondisikan untuk mentoleransi atau menikmati air, tetapi mungkin prosesnya sedikit lebih lambat," ucapnya.

Namun, dengan kesabaran dan konsistensi, dapat membuat kucing tidak membenci air.

Artikel ini telah tayang dikompas.comdengan judulBukan Takut Basah, Ini 6 Penyebab Kucing Membenci Air

Baca Juga: Aneka Tips Hari Ini, Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Menghilangkan Bulu Kucing pada Pakaian

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya