Kumpulan Doa Harian Setelah Adzan Ashar, Diamalkan sebagai Doa Sore Hari Pembuka Pintu Pahala

Selasa, 03 Januari 2023 | 14:00
Pixabay

Kumpulan doa sehari-hari.

Gridhype.id-Inilah kumpulan doa harian yang bisa diamalkan setelah mendengan adzan Ashar.

Adzan sebagai penanda waktu salat dapat diiringi dengan doa baik sebagai salah satu kumpulan doa harian.

Kumpulan doa harian ini sekaligus bisa diamalkan sebagai bacaan doa sore hari agar membawa keberkahan bagi dunia dan akhirat.

Berikut doa setelah adzan asharyang bisa Anda baca usai muadzinmengumandangkan adzan.

Membaca doa setelah adzan ashar, akan mendapat keutamaan, salah satunya terhapuskan perbuatan salah dan dosa.

Allah SWT juga akan memberikan pahala setimpal dengan 10 kali bersholawatbagi yang berdoa setelah adzan ashar.

Masih banyak keutamaan lain yang didapat, apalagi jika ditambah menjawab adzan yang dikumandangkan muadzindan membaca sholawat.

Dilansir dari Islam NU, dalam kitab Asna Al-Mathalib karya Imam Zakaria Al-Anshari, Juz II halaman 456 disebutkan bahwa setelah adzan selesai, disunahkan bagi muadzindan yang mendengar untuk membaca sholawat.

Doa setelah adzan yang paling pertama adalah membaca solawat Ibrahimmiyah.

Bunyi sholawatIbrahimiyyah adalah:

اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْت عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ إنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhîm, innaKa Hamîdun Majîdun

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian sebagai Pengganti Qunut Saat Salat Subuh

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaiman Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkatilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkatilah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung”

Setelah membaca sholawatIbrahimiyyah, Anda bisa melanjutkan doa setelah adzan asharapabila adzan ashar yang berkumandang.

Ini bacaan doa setelah adzan ashar:

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allâhumma Rabba hâdzihid-da‘wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî‘âd

Artinya: “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan salat yang tetap didirikan, karunialah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.”

Usai memahami doa setelah adzan, Anda juga perlu mengetahui bacaandoa sore.

Aktivitas manusia biasanya selesai pada sore hari.

Ada baiknya, untuk mengakhiri aktivitas di hari itu dengan membaca doa sore sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Bacaandoa soreyang diriwayatkan Abu Hurairah

اَللَّهُمَّبِكَأَمْسَيْنَا،وَبِكَنَحْيَا،وَبِكَنَمُوْتُ،وَإِلَيْكَالنُّشُوْرُ

Allāhumma bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūr.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Malam Hari sebagai Peluruh Dosa, Keajaiban Akan Datang di Waktu Subuh

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Bacaan doa soreyang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dari Tsauban ra.

رَضِيْتُبِاللهِرَبًّا،وِبِالإِسْلَامِدِيْنًا،وَبِمُحَمَّدٍصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَنَبِيًّاوَرَسُوْلًا

Radhītu billāhi rabbā, wa bil islāmi dīnā, wa bi Muhammadin shallallāhu ‘alaihi wa sallama nabiyyan wa rasūlā.

Artinya: "Aku rela Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).

Bacaan doa soreImam Nawawi dan diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud dalam shahih Muslim.

أَمْسَيْنَاوَأَمْسَىالمُلْكُللهِ،وَالحَمْدُللهِ،لَاإِلَهَإِلَّااللهُوَحْدَهُلَاشَرِيْكَلَهُلَهُالمُلْكُوَلَهُالحَمْدُوَهُوَعَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ،رَبِّأَسْأَلُكَخَيْرَمَافِيهَذِهِاللَّيْلَةِوَخَيْرَمَابَعْدَهَاوَأَعُوْذُبِكَمِنْشَرِّمَافِيهَذِهِاللَيْلَةِوَشَرِّمَابَعْدَهَا،رَبِّأَعُوذُبِكَمِنَالكَسْلِوَسُوْءِالكِبَرِ،أَعُوذُبِكَمِنْعَذَابٍفِيالنَّارِوَعَذَابٍفِيالقَبْرِ

Amsainā wa amsal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: "Kami dan kuasa Allah bersore hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.”

Artikel ini telah tayang diTribunnewsBogor.comdengan judulDoa Setelah Adzan Ashar dan Sholawat Lengkap Bacaan Doa Sore

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian yang Bisa Diamalkan untuk Orang Tua, Biasakan Membacanya Setiap Hari

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Tribunnews Bogor

Baca Lainnya