Kumpulan Doa Harian yang Bisa Diamalkan untuk Orang Tua, Biasakan Membacanya Setiap Hari

Minggu, 01 Januari 2023 | 21:00
Unsplash.com

ilustrasi, Doa untuk orang tua

Gridhype.id-Inilah kumpulan doa harian yang bisa diamalkan oleh anak untuk kedua orang tua.

Mengamalkan kumpulan doa harian untuk orang tua menjadi hal yang wajib dilakukan oleh anak.

Bagaimanapun juga, kumpulan doa harian yang diamalkan ini akan membawa keberkahan dunia dana akhirat bagi anak dan orang tua.

Ketika seorang anak berdoa untuk kedua orang tuanya, itu adalah praktik amalan yang tidak pernah berhenti bahkan ketika orang tuanya telah tiada. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

“Jika seseorang meninggal dunia, berhenti amalnya kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR Muslim).

Ada beberapa doa untuk kedua orang tua yang dapat kita panjatkan, baik ketika orang tua masih ada atau telah meninggal.

Dan berikut adalah beberapa rangkuman doa untuk kedua orang tua yang bisa sobat gramedia praktikan sehari-hari:

Doa untuk kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Doa yang dipanjatkan kepada Allah untuk kedua orangtua yang masih hidup adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa.” Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Doa Mohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, 8 Kumpulan Doa Sehari-hari Ini yang Bisa Kamu Baca, Lengkap dari Sebelum Memulai Aktivitas sampai Doa Menutup Hari

Doa ini dapat dipanjatkan kepada Allah SWT untuk meringankan beban orangtua dengan menghapuskan dosa-dosanya:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Doa untuk Orang Tua yang Sakit

Seorang anak semestinya akan merasa sedih ketika melihat orang tua terduduk lemas karena sakit. Selain merawatnya, anak juga perlu mendoakan agar lekas diberi kesembuhan. Berikut ini adalah doanya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa.”

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa untuk Orang Tua yang Sakit Berat

Sebagaimana kesehatan, sakit juga semata-mata diberikan kecuali dengan izin Allah. Maka, hanya kepada-Nya kita bisa memohon kesembuhan.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Baca Doa Ini untuk Mengakhiri Tahun 2022 dan Mengawali Tahun 2023

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli” Artinya: “Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Jika salah satu atau kedua orang tua telah meninggal, maka salah satu yang bisa membahagiakannya adalah menjadi anak shalih dan senantiasa mendoakan. Berikut adalah doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal yakni:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk. Dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Artikel ini telah tayang diGramedia Blogdengan judulDoa Untuk Kedua Orang Tua yang Bisa Kalian Amalkan

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Menutup Hari dengan Rasa Syukur, Amalkan Setiap Hari

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Gramedia Blog

Baca Lainnya