Kumpulan Doa Harian, 8 Kumpulan Doa Sehari-hari Ini yang Bisa Kamu Baca, Lengkap dari Sebelum Memulai Aktivitas sampai Doa Menutup Hari

Minggu, 01 Januari 2023 | 05:00
Freepik

Kumpulan doa harian, kumpulan doa sehari-hari.

GridHype.ID -Kumpulan doa harian ini akan membagikan beberapa doa sehari-hari yang bisa memudahkan aktivitas yang tengah kamu lakukan.

Kumpulan doa harian ini juga dilengkapi dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

Untuk itu, mari kita baca dan kita hafalkan kumpulan doa harian berikut ini.

Seperti diketahui, umat Muslim tentu sudah mengetahui betapa banyaknya doa yang bisa mereka panjatkan untuk berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Ini memudahkan dan membuat mereka lebih tenang, karena mereka tahu Allah SWT selalu memantau aktivitas mereka kapanpun dan dimanapun.

Karena banyaknya doa-doa yang bisa dibaca dalam keseharian, tentunya tidak mungkin jika kita membahas semuanya satu per satu.

Oleh karena itu, berikut 8 doa sehari-hari yang bisa kamu baca untuk memudahkan apapun kegiatan kalian pada hari itu.

1. Doa Sebelum Memulai Aktivitas

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Terjemahan: Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaika nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu kami berpagi hari, dengan-Mu kami bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Menutup Hari dengan Rasa Syukur, Amalkan Setiap Hari

Pagi hari setelah melaksanakan sholat Subuh dan berdzikir adalah waktu terbaik untuk membaca doa ini.

2. Doa agar Dibukakan Pintu Rezeki

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً

Terjemahan: Allahumma inni as-aluka ilman naafi’an, wa rizqon toyyiban, wa’amalan mutaqobbalan

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.”

3. Doa Supaya Dijauhkan dari Masalah atau Musibah

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Terjemahan: Allahumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghamma, Yaa Man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafi’al bala-i Ya Allah, wa Yaa dafi’al bala-i Ya rohman, wa Yaa dafi’al bala-i Yaa Rohiim. wa shallallahu wa sallama ‘ala khoiri kholqihi sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in. Subhaana robbika robbil izzati amma yasifun. Wasalamun ‘alal mursalin walhamdulillahi robbil ‘alamin.

Artinya: Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah, Wahai sang pembedah kegelisahan, wahai Sang penyingkap kebingungan, Wahai Dzat yang mengampuni dan mengasihi para hambanya, Wahai Sang Penolak Bala, Ya Allah. Wahai Sang Penolak Bala, Ya Rohman. Wahai Sang Penolak Bala, Ya Rohim. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah untuk baginda Nabi Muhammad dan para keluarga serta sahabatnya semua, Maha suci Tuhanmu, Yang Memiliki Keperkasaan (izzah) dari apa yang mereka katakan. Keselamatan semoga dilimpahkan kepada para rasul. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa ini juga biasa disebut sebagai doa penolak bala atau malapetaka. Sama seperti doa sebelumnya, doa ini juga sebaiknya dipanjatkan setelah sholat subuh.

4. Doa Diberikan Kesabaran dalam Menghadapi Masalah Atau Musibah

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Amalkan Doa Ini agar Kamu dan Pasangan Diberi Keturunan yang Saleh dan Salehah

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Terjemahan: Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitana wa hablana min ladunka rahmah innaka antal wahhab

Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Meskipun begitu, terkadang ada saja ujian yang diberikan oleh-Nya, yang bisa saja membuat kita gusar dan merasa kesulitan. Jika kamu mendapat musibah, kalian bisa segera membaca doa ini untuk mendapatkan kembali ketenangan yang sebelumnya sempat hilang, dan diberikan kesabaran dalam menghadapi musibah ini.

5. Doa Ketika Menerima Bantuan yang Tidak Terduga

الحمد لله الذي رزقني هذا من غير حول مني ولا قوة اللهم بارك فيه

Terjemahan: Alhamdulillahil ladzi rozaqoni haadza min ghairi haulin minni wala quwwatin. Allahumma baarik fihi

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rezeki ini kepadaku tanpa daya dan upayaku. Ya Allah, berilah keberkahan di dalamnya.”

Di dalam musibah yang kalian sedang hadapi, bisa saja kalian mendapatkan bantuan entah dari mana. Dengan membaca doa ini, kamu akan disadarkan bahwa bantuan yang kalian dapatkan bersumber dari Allah SWT, sehingga kalian bisa merayakan kedatangan bantuan tersebut dengan rendah hati.

6. Doa agar Senantiasa Diberikan Kesehatan

اللهم إنا نسأل عن استمرار المغفرة والصحة والحماية في الدنيا والآخرة والنصر لدخول الجنة والخلاص من نار جهنم

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Adab Bangun Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Terjemahan: Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu’aafaatad daa’imata fiid dunyaa wal ‘aakhirati wal fauza bil jannati wan najaata minan naari.

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga, serta keselamatan dari api neraka.”

Doa di atas selain mengharapkan kalian untuk dijauhkan dari penyakit, juga meminta kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari siksa api neraka. Doa ini umumnya dibaca setelah melakukan ibadah sholat 5 waktu atau sholat sunnah lainnya.

7. Doa Diberikan Kebahagiaan di Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Terjemahan: Robbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, waqinaa ‘adzaabannaar

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.”

Kamu mungkin juga mengenal doa ini dengan nama “doa sapu jagat”. Doa ini juga amat sering didengar sebagai doa terakhir yang dibacakan setelah sholat sebagai penutup dari doa-doa lainnya. Diharapkan dengan membaca doa ini, kamuselalu diberikan kebahagiaan di dunia ini dan juga akhirat nanti.

8. Doa Untuk Menutup Hari

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى بَصَرِى نُورًا وَفِى سَمْعِى نُورًا وَعَنْ يَمِينِى نُورًا وَعَنْ يَسَارِى نُورًا وَفَوْقِى نُورًا وَتَحْتِى نُورًا وَأَمَامِى نُورًا وَخَلْفِى نُورًا وَعَظِّمْ لِى نُورًا

Terjemahan: Allahummaj’al fi qalbi nuran, wa fi bashari nuuron, wa fi sam’i nuuron, wa an yasari nuuron, wa fauqi nuran, wa tahti nuuron, wa amami nuran, wa khalfi nuuron, wa adzim li nuran

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dalam hati kami cahaya, dalam penglihatan kami cahaya, dalam pendengaran kami cahaya, di sisi kanan kami cahaya, di sisi kiri kami cahaya, di atas kami cahaya, di bawah kami cahaya, di depan kami cahaya, di belakang kami cahaya, dan agungkan cahaya untuk kami.”

Setelah hari kalian telah berakhir, kamumungkin ingin membaca doa ini setelah ibadah sholat Isya atau sholat sunnah Witir. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur umat Muslim kepada Allah SWT, dan berharap agar mereka selalu dibimbing setiap harinya di jalan yang benar oleh-Nya.

Artikel ini telah tayang di Gramedia Blog dengan judul "8 Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Memudahkan Aktivitas"

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, 6 Doa Mujarab Agar Mendapat Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Gramedia Blog

Baca Lainnya