Indra Bekti Selesai Jalani 2 Kali Operasi, Ternyata Ini Penyebab Pendarahan Otak yang Diduga Dialami Sang Presenter

Kamis, 29 Desember 2022 | 12:00
dok. instagram

Indra Bekti sempat mengeluh pusing

GridHype.ID -Kabar tak menyenangkan baru saja dialami pembawa acara, Indra Bekti.

Indra Bekti mendadak dilarikan ke rumah sakit setelah dikabarkan tak sadarkan diri.

Indra Bekti ditemukan pingsan saat berada di kamar mandi.

Melansir dari Kompas TV, Indra Bektikemudian dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2022).

Manajer Indra Bekti, Roy, mengatakan, Indra Bekti diduga mengalami pendarahan otak. Hingga kini, pria 45 tersebut, belum sadarkan diri dan masih dirawat intensif.

"Ada pendarahan otak, jadi sampai sekarang ini belum sadar," kata Roy saat dihubungi awak media, Rabu.

Pendarahan otak adalah kondisi darurat saat pembuluh darah pecah sehingga menyebabkan pendarahan di otak.

Berikut gejala dan penyebab pendarahan otak.

Gejala Pendarahan Otak

Ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai menjadi indikasi terjadinya pendarahan otak. Pada dasarnya, kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba, kecuali pada seseorang yang mengalami kecelakaan.

Menurut Spesialis bedah saraf dr. Subrady Leo Soetjipto Soepodo, gejala pendarahan otak antara lain, sakit kepala berulang, kebas di kaki, tangan dan wajah.

Baca Juga: Kabar Buruk, Indra Bekti Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Ditemukan Pingsan di Toilet, Sang Manajer: Seminggu Ini Sakit Terus...

"(Itu) merupakan gejala dasar yang bisa terjadi dan sering diabaikan oleh banyak orang," kata dr Subrady beberapa waktu lau dikutip dari Antara.

Sakit kepala berulang menjadi salah satu indikasi terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau sebagian pembuluh darah pecah.

Sementara itu, Dokter Spesialis Bedah Saraf Primaya Hospital Pasar Kemis mengatakan gejala pendarahan otak yakni fungsi bagian muka, bicara, gerak dan menelan yang sudah tidak normal.

Lebih lanjut, merasa sering pusing dan butuh waktu atau tidak bisa langsung bangun dari posisi berbaring.

“Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan tekanan dari posisi datar, duduk, atau tegak."

Menurut Subrady, mengejan ketika buang air besar, batuk berulang, atau batuk dengan menahan napas dapat menyebabkan seseorang tidak sadarkan diri secara tiba-tiba.

"Valsava manuver atau mengedan dapat menjadi pencetus peningkatan tekanan intra kranial. Peningkatan tekanan intrakranial ini dapat menyebabkan pecah pembuluh darah pada penderita darah tinggi yang menyebabkan perdarahan otak. Valsava manuver atau mengejan juga biasa dilakukan saat batuk, buang air besar, atau menahan nafas."

Proses seseorang mengalami pendarahan pada otak dapat bervariasi. Ada yang hitungannya hari, bulan, atau tahun, tergantung dari orangnya sendiri apakah gejala-gejala yang dirasakan dianggap keluhan atau tidak.

Ia menuturkan, jika seseorang sudah mengalami pendarahan pada otak, maka seseorang dapat mengalami hilang kesadaran, terjatuh tiba-tiba, atau tidak terbangun dari tidur.

Penyebab Pendarahan Otak

Tekanan darah tinggi dan trauma seringkali menjadi penyebab utama pendarahan otak. Namun selain dua hal tersebut, ada faktor lain yang memicu kondisi ini.

Baca Juga: Jatuh di Kamar Mandi dan Belum Sadarkan Diri, Indra Bekti Dilarikan ke Rumah Sakit, Dugaan Awal Pendarahan Otak

Dilansir dari Cleveland Clinic, beberapa penyebab pendarahan otak antara lain:

1. Trauma kepala karena kecelakaan, jatuh, atau pukulan di kepala2. Tekanan darah tinggi3. Penumpukan lemak di arteri atau aterosklerosis4. Pengentalan darah di otak5. Aneurisma otak pecah6. Penumpukan protein di dinding arteri otak7. Kebocoran sambungan antara ateri dan vena8. Gangguan pendarahan atau efek samping obat pengencer darah9. Tumor otak10. Merokok, minum alkohol berlebihan, penyalahgunaan narkoba11. Eklamsia dan pendarahan saat melahirkan12. Gangguan pembentukan kolagen

Indra Bekti Selesai Jalani 2 Kali Operasi

Sementara dikutip dari Grid.ID, kondisi pembawa acara Indra Bekti dinyatakan stabilsetelahmenjalani dua kali operasi.

Pasca operasi kedua, Indra Bekti ditempatkan di ruangan ICU RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat.

Adik Indra Bekti, Cipta, menyebut saat ini tinggal menunggu beberapa jam sampai kakaknya sadar dari efek obat bius.

"Alhamdulillah (kondisi Indra Bekti pasca operasi) stabil."

"Alhamdulillah operasinya yang pertama dan yang kedua berjalan dengan lancar."

"Saat ini masih belum sadar karena masih menunggu sekitar 8 jam dari obat bius," terang Cipta.

Cipta pun menjelaskan soal tindakan dua kali operasi terhadap suami Adilla Jelita itu.

"Yang saya tahu operasi (pertama) itu tindakan menutup dulu pembuluh darah yang pecah tadi."

"(Operasi) kedua itu adalah menghilangkan pendarahannya," jelas Cipta.

Baca Juga: Investasi Bodong Lagi-lagiTipu Membernya Hingga Miliaran Rupiah, Indra Beksi yang Dituding Jadi Pelaku Langsung Klarifikasi

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas TV, Grid.ID

Baca Lainnya